Berhubung banyaknya misinterpretasi terhadap penjelasan saya mengenai hoax Teh Botol Sosro, berikut saya berikan penjelasan satu per satu kenapa sampai ada tulisan mengenai Teh Botol Sosro, Racunnya Teh.
1. Saya memulai diskusi mengenai negative approach pada tanggal 8 April 2009. Waktu itu saya memberi ide, “Mungkinkah suatu produk mencitrakan dirinya secara negatif untuk mendapat hasil positif?”. Sengaja saya pakai judul “Waspada! Teh Botol Sosro Beracun”, untuk menarik perhatian dan menjelaskan secara singkat apa yang ingin saya bicarakan.
2. Tanggapan dari anggota mailing list beragam. Kebanyakan menyangsikan apa yang saya tulis karena menganggap penerapannya akan sulit.
3. Saya memberikan contoh negative approach dalam beriklan. Saya ambil contoh kasus iklan politik SBY.
4. Reaksi tetap negatif, walaupun saya sudah coba beri 2 contoh lain, masih dengan ide yang sama: negative approach. Namun dikemas dengan ide dan tujuan berbeda. Tanggal 26 April saya mempost ide yang sama sekali berbeda dan kembali ke judul semula: “Teh Botol Sosro Racunnya Teh!”. Kali ini bukan lagi iklan dengan kalimat negatif, tapi hoax yang dibungkus seolah menjelekkan produk, tapi tujuannya membuat orang penasaran dengan produk tersebut.
5. Salah seorang anggota mailing list bertanya “Apakah ini hoax? Apakah ini black campaign?”
6. Saya mengatakan “Ya… ini contoh hoax, tapi dibungkus dengan maksud mempromosikan teh botol sosro itu sendiri. Jadi bukan Black Campaign. Tulisan ini saya buat panjang lebar kenapa dan bagaimana ide ini bekerja. Di akhir tulisan saya tulis ‘PS: Tolong jangan disebarkan ke masyarakat umum. Ini buat konsumsi anggota mailing list CCI saja”
7. Tanggal 7 Mei, seseorang di Yahoo Messanger menyelamati saya karena idenya bagus sekali. Walaupun tidak ada hubungannya, saya langsung mendapat firasat bahwa ada salah satu anggota mailing list yang nakal memforward contoh hoax yang saya buat.
8. Saya mencari di internet. Benar saja, isu itu sudah bocor ke banyak orang.
9. Begitu tahu isu sudah tersebar, saya memberi reply ke forum yang bersangkutan. Tapi saya pikir tidak akan efektif dan efisien menulis seperti ini. Saya tidak tahu ke mana saja hoax itu sudah berjalan. Karena itu saya putuskan menulis klarifikasi di blog dengan mengusahakan agar SEOnya sebaik mungkin (perhatikan saya memberi kata kunci yang sangat detail untuk memancing orang yang mencari tentang hoax teh botol sosro agar membaca klarifikasinya di blog saya).
10. Stat blog melonjak. Kebanyakan mencari tentang hoax teh botol sosro, hydroxylic acid, dan hariadhi.
11. Muncul komentar-komentar yang menyangka sayalah yang mengirim hoax itu ke mana-mana dan menuduh saya tidak bijaksana karena menulis sembarangan. Orang yang sama dengan nickname berbeda berusaha mengarahkan opini pembaca supaya berpikir saya berkomplot dengan penyebar email untuk menjelek-jelekkan teh botol sosro dan menakut-nakuti dengan tuntutan hukum.
12. Saya menyatakan bahwa isi tulisan itu memang tanggung jawab saya, tapi saya sama sekali tidak tahu siapa yang menyebarkannya tanpa izin.
Jadi begini yah:
Hal berikut ini benar:
1. Saya yang menulis hoax itu
2. Saya membuatnya untuk konsumsi anggota komunitas CCI saja
3. Saya membuatnya sebagai bahan diskusi
4. Mailing list CCI bukan tempat sembarang orang bisa bicara dan membaca mail orang lain.
Hal berikut ini salah:
1. Saya mengirim hoax itu ke luar CCI
2. Saya membuat hoax itu karena benci teh botol sosro
3. Saya sengaja membuat hoax itu supaya teh botol sosro dibenci
4. Saya sebodoh itu menulis sembarangan di tempat umum
Har, di jelaskan sejelas jelasnya Har, jangan sampe sebutan “designer sinting” berkembang dengan tidak seharusnya 😦 dan mereka mengadili semaunya.
Kejam kan?
you can’t trust the internet
maksudnya, kamu seharusnya gak berasumsi bahwa semua orang di milis itu adalah orang baik yang gak akan membawa hoax ini ke luar milis karena udah diberi catatan “PS: Tolong jangan disebarkan ke masyarakat umum. Ini buat konsumsi anggota mailing list CCI saja.“
Selamat, Anda berhasil “mencitrakan diri secara negatif untuk mendapat hasil positif”
Mungkin banyak yg menyalahkan anda sebagai penyebar hoax, meskipun itu diluar kendali anda, tp tetap saja nama anda jadi ngetop seantero dunia maya.
Orang akan penasaran dgn siapa anda, dan mencari di situs jejaring sosial sprti facebook ato friendster. Salah satunya adalah saya :p
Dan satu lagi yg mendapat keuntungan adalah milis CCI, skrg jadi dikenal deh… dan tentunya website teh botol sos*o bakal dikunjungi banyak orang yg penasaran.
—
Anyway, setelah dipikir2 memungkinkan jg sih promosi negatif bakal mendapatkan hasil negatif.
Anggap saja Anda punya perusahaan baru dgn produk tertentu, sebagai perusahaan baru tentunya perusahaan Anda blm dikenal luas. Promosi lewat media cetak maupun elektronik memerlukan biaya yg tidak sedikit.
Kemudian Anda sebagai pemilik perusahaan menulis berita hoax tentang produk/perusahaan Anda sendiri dan mengirimkannya ke milis terbuka… skali lagi milis terbuka. Kemudian orang2 akan mencari tahu kebenaran berita tersebut melalui search engine, ujung2nya situs perusahaan Anda yg akan dikunjungi dan orang2 akan mengenal perusahaan Anda. Untuk membersihkan nama perusahaan Anda, tinggal buat pengakuan pelaku dari pembuat hoax via blog ato sebar lg ke milis, dlm hal ini Anda menjadi orang lain yg usil (bukan sebagai pemilik perusahaan).
Biar lebih menarik, di website perusahaan Anda pasang pengumuman kalo perusahaan lg ada promosi produk dll.
Dari sini Anda telah melakukan promosi terselubung tanpa mengeluarkan banyak biaya. 😀
@Clouseth
Iya, itu yang gw sedikit lupa. Teori yang bilang “orang makin dilarang akan makin penasaran untuk melakukan”.
@fandie
gahahaha, kalau efeknya malah begitu ya aminn..
yang jelas seminggu ini blog gw jadi Customer service gratisan untuk teh botol sosro 😀
@Rindu
Udah, De 🙂 Hak orang untuk mengadili sesuka hatinya ato marah-marah. Mau diapain lagi? Di internet semua orang bisa nulis sesuka hati.
@fandie
Iyah… begitulah maksud hoax marketing. Makasih buat sumbangan idenya 🙂
it’s actually interesting what you have in here.
gue kemaren dapet email teh botol sosro itu, dan peng-emailnya pun sebenernya berniat purely becanda. karena si peng-email dan kami jelas dah bergumul dengan chemical cukup banyak untuk tau hoax ini.
dia bahkan nambahin kalimat cerdas ini setelah nge-wiki,
Ini bneran loh. Zatnya benr2 ada di teh botol sosro.
which is true. 😛
Penasaran. Ternyata ga sia sia gue iseng nge-google berapa menit tentang hoax ini, mengingat bahasanya well written banget, lebih bercerita, ga tipikal hoax goblok terjemahan yang sekali liat juga langsung tau itu hoax. Ini lebih mirip viral marketing “ada anak diculik pocong” yang kemaren pernah gua dapet.
Hehehe. mantap lah pokonya studi hoax marketingnya. love it.
bikin gue penasaran kenapa juga ya di indo jarang marketing ala gini. Cheers.
memangnya buat apaan sih bikin hoax gitu mas?
gabung aja ke cci, liat tulisan saya di sana. Makasih 🙂
Buset, langsung 2000 hits lebih.. 😆
Eh, habis ultah ya? Selamat birthday bro.. 😀
Anda mau mengokeleksi MP3, proses download cepat karena berada di server berbayar langsung kunjungi http://darinol.co.cc
sama-sama
kapan kita mulai nih?
Untung saya baca dulu nih postingan…Padahal sebelumnya saya udah mo ‘marah2’ he..he..
Syukurlah..segera diklarifikasi…
Soalnya terkadang ada juga ‘person’ yang saking kreatifnya malah menyebarkan berita bohong yang gak ketulungan ‘merugikan’
Kalo udah berhubungan ama internet emang kudu jeli dan kritis, nih..he..he..
hehehe juga. 🙂
OOh… ini si Kampret pembuat HOAX…
laen kali kalo buat contoh hoax sesuai ide elo.. depan dan belakangnya tambahin misal… ini adalah HOAX…
atau mereknya bisa loe bikin XXXXX buat contoh doank..
dasar loe memang kampret semoga menerima balasan yang setimpal…
monggo perwakilan dari Sosro kalo mau dipidanakan saya dan temen2 blogger yang beretika pasti mendukungnya…
Iya saya juga terpikir mungkin salah saya begitu. Maaf ya, udah bikin cemas.
biasanya itu bermotif perang dagang.
bukankan coca-cola juga memproduksi teh botolan ???
sama halnya yang terjadi pada industri rokok kretek.
ternyata marlboro juga memproduksi “marlboro kretek”.
apapun situasinya, minumnya tetap teh botol sosro.
cerdas, sih…
tapi ceroboh
dan tidak memperhatikan sifat masyarakat kita yg mayoritas masih belum berpendidikan tinggi dan sempit referensinya.
masyarakat Indonesia belum perlu iklan secerdas ini.
salam.
iyah.. karena itu saya bilang ini prototype alias eksperimen. Di masa depan saat penduduk indonesia sudah mulai melek sama internet, mereka akan merespon hoax seperti ini dengan baik.
Saya post di milis CCI itu karena banyak orang profesional yang mengerti masalah komunikasi, viral marketing, dan image suatu produk. Maksudnya biar mereka kritik, tambahin, dan kurangin sampai jadi hoax yang benar-benar menguntungkan produknya (sekali lagi, teh botol itu sebenarnya cuma contoh, bisa aja diganti jadi aqua, mizone, atau frutang, tergantung siapa yang berkepentingan).
Wahh… ini kayak hoaxnya Axis dulu … tp apa yg terjadi skg…. Malah axis jadi ga populer lagi krn masyarakat sudah byk yg tau ttg Black Marketing.. Ya sudahlah.. semoga anda mendapat balasan yg setimpal. AMin
mantap anda berhasil jadi pusat perhatian
dan mantap teori iklannya,…jadi ngeh niee,,,
Mungkin ide teori diambil dari peristiwa WTC
pasca WTC Islam banyak dihujat,..dijelekkan
semakin besar penasaran orang yang pengen tahu Islam
yang tadi belum tau,.dan akhir pengen tahu dengan informasi
yang sebenarnya,..akhirnya ( emang Agama Islam benar dan bisa
diterima akal )berbondong bondong orang masuk islam dengan
peristiwa itu.
untungnya hoax doang ya..
wah padahal favorite saya 😀
Anda sudah mengetahui cara kerja HOAX, seharusnya ada sudah mengerti risiko bila ide anda itu keluar dari lingkungan milis online anda. Dan saya yakin anda, sebagai professional, juga sudah mengerti bahwa lingkungan milis online tidak dapat anda kendalikan, kemungkinan ide anda itu disebar luaskan oleh seseorang adalah di luar kendali anda (apalagi hanya dengan memberikan pesan “PS” yang tidak mencolok). Saya juga yakin anda mengetahui risiko-risiko tersebut, dan anda tetap melakukannya. Apakah itu mengindikasikan bahwa anda melakukan itu dengan sengaja?
aku merasa klarifikasi ini sudah cukup menjawab kontroversi yang terjadi. agar semua diskusi berjalan lancar dan tanpa hujatan, ada baiknya kata2 yang dikeluarkan berasal dari kepala dingin, jadi kesannya tanpa amarah nantinya, dan orang yang menanggapi pun akan melakukan hal yang sama pula, yaitu berkomentar dengan kepala dingin tentu saja.
*maaf kalau banyak bicara*
setuju ama bung @samsul arifin
Bung Hariadhi sudah minta maap secara jantan telah mengakui kekeliruannya.
Jadi hal ini tdk perlu dibesar2kan apalagi sampai ke jalur hukum …
salam
Saya hanya menyesali bahwa sebagai professional, seharusnya, beliau memikirkan secara seksama sebelum melemparkan suatu ide. Bukan hanya sekedar melempar ide tanpa dipikirkan dampak dan risiko yang mungkin terjadi. Banyangkan bila banyak orang yang seperti itu… lempar ide tanpa dipikirkan dampak dan risiko… kemudian.. “Ops… maaf…”
Dan, saya sama sekali tidak ingin menghujat ataupun berkesan negatif. Hanya saja kesan yang saya dapat dari tulisan beliau: “Saya menyatakan bahwa isi tulisan itu memang tanggung jawab saya, tapi saya sama sekali tidak tahu siapa yang menyebarkannya tanpa izin” tulisan tersebut sama saja: “Ya, saya yang tulis itu, cuma bukan salah saya, karena bukan saya yang menyebarkan” – Tidak dipikirkan dengan seksama, bahwa “akibat pasti ada sebab” – ada dampak dan risiko dari suatu ide…
Mas Hariadi… sing sabar yo.
minta tanda tangan nya dunk?, tp di label teh botol so**ro. ^_^
ps: ini bukan HOAX *kontroversi populer
@ivanbatara
boleh….. bawa sini aja botolnya 😉
@KeLam
Sekali lagi, kalau itu sengaja mah mending sekalian saja saya kirim ke orang banyak. Bikin account email palsu dengan data palsu, numpang ngirimnya di warnet antah berantah yang ga satupun orang mengenal saya. Semua hoax dimulai kaya begitu.
Jadi coba pikirin pertanyaan ini: “Ngapain harus kirim hoax sembunyi-sembunyi di CCI dengan nama pengirim hariadhi?”
Mas Har, salam kenal dulu dah.
Saya yakin, sebuah perusahaan sekaliber Sosro menyikapi kontroversi ini juga tidak akan gradak-gruduk sana-sini. Bentuk pertanggungjawaban publik sudah sampeyan upayakan, saya yakin juga Sosro akan mengerti langkah Mas Har pun sudah dimaksimalkan. Justru mungkin Sosro berminat nggandeng Mas Har jadi manager marketing Sosro. Who knows kan? 🙂
Cara pandang saya hanya di pembelajaran marketing saja, entah itu mau disebut black atopun white, yang jelas efektif. Pedang tajam pasti penempaannya juga berulang-ulang. Saya rasa fair enough kalo soal pembelajaran dimaknai oleh semua, baik Mas Har, Sosro, dan kite-kite yang berpolemik ato yang hanya nonton n berkomen kek saya ini.
thenks eniwei, Mas Har.
Well… well… well…. Negative campaign untuk Sosro dengan maksud tertentu yach…??? Ternyata tujuan akhirnya untuk menaikkan traffic ke blog ini tho…??? Ide yang bagus, kaya’nya sekali-sekali saya harus mencoba teknik ini nie….. Gimana kalo Coca-cola bisa dipakai untuk membersihkan uang logam yang berkarat…???
untungnya hanya hoax….
lumayan buat pembaca ketar ketir …!!!
dengan komentar ” beneran ga ya???”
Mas Har, salam kenal..
Udah Mas, ga usah dipikirkan omongan @Kelam, toh mas Har sudah menyatakan kalau ini adalah milis komunitas CCI dan Mailing list CCI bukan tempat sembarang orang bisa bicara dan membaca mail orang lain ! Udah sampai disitu saya rasa sudah cukup. Analoginya seperti iklan yang memasarkan pisau daging dengan model terkini dan bisa memotong sampai setipis kertas.
Nah kalau pisau tersebut dipergunakan untuk membunuh orang, apakah pabrik pisau-nya bisa dikenakan tindakan hukum karena produknya dipakai membunuh orang??
Apakah pabrik pisau-nya sebelum meluncurkan iklan tersebut, telah memikirkan resiko2 yang bakal muncul sehubungan akan dijualnya pisau tersebut?
Apakah jika pabrik pisau-nya sudah mengetahui resiko2 seperti @Kelam bicarakan diatas (dimana dikatakan “sudah mengerti bahwa lingkungan milis online tidak dapat anda kendalikan, kemungkinan ide anda itu disebar luaskan oleh seseorang adalah di luar kendali anda”) kemudian pabrik pisau tersebut tetap meluncurkan produknya, apakah, seperti @Kelam bilang lagi, itu mengindikasikan bahwa pabrik pisau melakukan “itu” (pembunuhan memakai pisau produk pabrik tersebut) dengan sengaja?
Intinya, banyak orang seperti @Kelam yang tidak mau tau penjelasan yg diberikan mas Har karena mereka udah terlanjur dibodohin dan kemungkinan, kesal karena turut menyebarkan hoax tersebut.
Jadi, tetap sabar walaupun dicaci-maki ama orang bodoh ! ;p
mantap. beresiko tinggi. tapi mantap.
ikut nambah2in trafik ahhh
saya br tw info inih, hihihi
ahhh saya emang penggemar teh botol sosro…. 😀
Bpk/Ibu mhn maaf menyela di antara diskusi yg hangat ini. Sekedar menyampaikan panawaran, mudah-2an ada yg berminat.
—
PENULISAN BUKU BIOGRAFI/PROFIL
Kami TIM yang berpengalaman dan profesional. Kami telah menulis buku -2 dari instansi/tokoh terkemuka. Bila anda bermaksud membukukan pengalaman & sejarah individu/instansi, silakan menghubungi kami. Atau anda akan menuangkan pelbagai pemikiran anda tentang pelbagai topik–tapi ada tidak punya waktu karena sibuk.
Silakan email ke: bukubiografi@yahoo.com
KAMI SIAP MEMBANTU ANDA.
Klien kami:
Instansi= pemerintah (departemen, kementerian negara, badan, BUMN/D, pemerintah pusat-daerah), swasta komunitas (otomotif, dll), TNI-Polri, dll
Perorangan = tokoh massa/politik, artis, seniman, pebisnis, profesional (advokat, dokter, ekskutif bisnis,dll), TNI-Polri(aktif/pensiun)
Lain-lain:
Tema buku = sejarah (biografi) tokoh/perusahaan, politik, ekonomi, sosial, budaya, kesehatan, kedokteran, dll
Waktu = buku bisa selesai dalam waktu 4 bulan (syarat dan ketentuan berlaku).
Spek = buku dicetakan dalam berbagai ukuran dan penampilan (hard cover // soft cover, full collor – hitam putih )
KAMI BERANI BERSAING dengan jasa sejenis yang telah punya nama. SILAKAN PANGGIL KAMI, akan kami presentasikan pelbagai hal yang anda butuhkan dan produk-2 kami. Profesional-fee bersaing, mutu memuaskan. ***
maju terus pantang mundur http://www.flash-game.web.id
#comment-3323: “orang makin dilarang akan makin penasaran untuk melakukan”.
saya setuju itu, dan itu dialami sejak kita masih kanak-kanak.
kepala anda pusing
http://indoresetter.blogspot.com
sukses buat sosro … semakin sulit dilepaskan dari benak masyarakat, …bung Hariadhi anda pantas bekerja di sana .. hehehehe …
@Hariadhi:
“Jadi coba pikirin pertanyaan ini: “Ngapain harus kirim hoax sembunyi-sembunyi di CCI dengan nama pengirim hariadhi?””
Ya, anda benar. Hanya mungkin, seperti yang saya sampaikan, anda kurang memikirkan dengan seksama sebelum anda meluncurkan ide-ide anda di forum online? Apakah akan lebih baik bila ide-ide anda yang seperti itu didiskusikan di forum off-line mengingat anda tidak dapat mengendalikan informasi di forum online tsb? Sekali lagi, saya tidak ada maksud sama sekali untuk mencaci maki anda. Saya hanya ingin agar teman-teman lebih berhati-hati dalam dunia online yang tidak bisa kita kontrol.
@Dogol:
Mohon maaf bila saya terkesan mencaci-maki Pak Hariadhi. Saya tidak ada maksud sama sekali untuk mencaci maki beliau, seperti yang saya sudah utarakan sebelumnya. Saya hanya ingin agar Pak Hariadhi dapat lebih berhati-hati dalam mendiskusikan ide-ide bagus beliau di forum online, karena di forum online (walaupun dilingkungan internal) kita tidak dapat mengkontrolnya.
Untuk analogy iklan pisau anda, saya setuju. Tetapi mungkin context-nya berbeda. Mungkin anda dapat mencerna lebih baik untuk kedua kasus tsb.
Komentar anda: “Jadi, tetap sabar walaupun dicaci-maki ama orang bodoh !” Yah.., sepertinya anda yang mengeluarkan caci-maki itu? 🙂
kritik diterima.
Jangan takut saya ga tersinggung kok dengan pernyataan sampeyan. :). Saya cuma jelasin apa yang terjadi, karena arah omongannya Mas Kelam itu seolah saya sengaja kirim itu email walaupun udah tahu resikonya.
Saya tahu resikonya kalau email itu disebar ke luar. Karena itu saya lihatin ke kalangan terbatas aja. Tapi saya ga tau, walaupun itu kalangan terbatas ada aja yang masih suka nyebar email orang lain tapa izin.
Lanjutin aja diskusina 😉 Kata makian biasa aja keluar dalam diskusi, jadi ga usah diambil hati. 🙂
Canggih mas, cuma bener, yang bacanya kurang cerdas :p maju terus ah!
wkwkwkwk
saya dapet juga dari temen, temen saya dapet dari atasan
sepintas baca langsung tahu kalo itu hoax, wkwkwk
untung deh, temen2ku dikasih tau n dijelasin bisa ngerti klo sebenarnya Hydroxylic Acid tu nama kimia air dalam ilmu asam, fiuhh
buat mas hariadi, saya tidak menyalahkan anda atas tersebarnya hoax ini, tapi mungkin seperti permintaan di atas, diskusi yang kemungkinan memunculkan hal-hal yang tidak diinginkan dibahas offline aja, biar bahan nggak bocor kemana-mana *trus internet buat apa dnk???*
ya, meski jadi ada masalah, lumayan lah buat ningkatin traffic, hehe, trus pihak sosro juga jadi lebih terkenal kan
tetap semangat dan terus berdiskusi!!!
“darah itu merah, Jenderal!” *gak ada hubungannya*
hehehe.. marketingnya oks juja..
ooo namanya kaya gitu itu negative approach yah.. bikin sesuatu yang negative agar orang penasarannn …. keren mas :))
ya kembalikan saja ke UU ITE…
sudah baca kan?
kalau belum baca ya download dulu..
selanjutnya terserah…
mau ditangkap..
atau dijadiin manager marketing
Cheers …..
Apapun comment-nya , minumnya tetap TEH BOTOL SOSRO !!!!
Canggih juga ide nya. Awalnya gw juga rada sebel , koq bisa2 nya ngeluarin ide dgn sample yg “ngejelekin” teh favorit gw.
Tapi setelah ngikutin discuzzion di atas , gw jadi bisa nrimo “kekhilafan” mas Har. Anyway, next time, moga2 bisa lebi ati2 aja ya spy gak bikin geger …. Sukses ya Mas ya … 🙂
MERDEKA !
http://www.detikinet.com/read/2009/05/11/133018/1129478/398/teh-botol-sosro-jadi-korban-e-mail-tipuan
Congrats bro!
commentnya banyak bener..
hydroxylic acid = Dihidrogen monoxida = air = tidak beracun.
wkwkwkwkwkkk
Tanggapan dr sosro sendiri gimana ya?
Bravo mas Hari, negative advertising ini merupakan konsep komunikasi yang brilian. Tapi jangan lupa satu hal, konsep komunikasi getok tular tidak sama dengan istilah “any publicity is a good publicity”. Yang terjadi sekarang menurut saya adalah sebuah “publicity gone bad” yang berujung kepada si pencipta pesan ini hanya akan diingat oleh pesannya yang buruk (si Sosro, bukan Anda).
Sony pernah melakukan taktik pemasaran seperti ini… Meskipun tidak negatif secara menyeluruh. Sony melakukan “edgy marketing” yang sangat kontroversial. Menggunakan isu SARA, menggunakan strategi pemasaran yang mengundang banyak perhatian dan sedikit “menyentil” tatanan sosial. Hasilnya… Sony tidak masuk kedalam daftar perusahaan yang melakukan terobosan baru dalam pemasaran melainkan masuk kedalam daftar perusahaan yang gagal total dalam menjalankan strategi pemasaran “unik”nya. http://www.cracked.com/article_17153_9-corporate-attempts-at-edgy-that-failed-hilariously.html
Menciptakan satu bentuk komunikasi pemasaran baru tentu sangat menarik… Namun, bila sesuatu hal terdengar mudah dan orang lain belum/tidak mengimplementasikannya, bisa jadi ada alasan kuat kenapa…
Namun, ini adalah blog yang menarik, I’ll be back often.
Best regard,
Michael Adhi MBA.
Seharusnya masalah ini diselesaikan secara hukum, sebagai orang timur memberi maaf bagian dari budaya, tetapi sebagai process pembelajaran tidak dapat dihentikan begitu saja dan sikap proaktif melindungi konsumen harus senantiasa dijunjung tinggi. Pembuktian polisi dijalur hukum bisa dijadikan acuan akan keamanan untuk menkonsumsi suatu produk atau sebaliknya menjadikan konsekwensi kesehatan yang timbul jika tidak hati-hati memilih suatu produk untuk dikonsumsi.
Kalaupun nantinya, sdr Hariadhi harus menjalani process hukum paling tidak sebagai bukti kesungguhan pihak produsen untuk menyediakan produk aman untuk dikonsumsi atau mungkin sebaliknya ada process suap antara sdr Hariadhi dengan Pihak Teh Botol Sosro untuk tidak mengekpos masalah dengan menyampaikan permintaan maaf secara terbuka. Marilah kita belajar menghargai, berpendapat tanpa harus menyalahi koridor dan mendukung penerapan hukum demi keselamatan konsumen dan anak-anak bangsa yang sering menjadi korban.
sockpuppet dari IP address yang sama dan berusaha ngespam comment yang sama di dua thread sekaligus.
Hem hoax lagi, tapi acung jempol buat mas yang mau klarifikasi secara detail…
Mas blognya masuk detik[dot]com.
Mas buat analisa ga tentang seberapa cepat hoax tersebut beredar?
Bisa dijadikan data tentang seberapa kuat kekuatan hoax
Selamat…salam kenal
oooo.. gini ya ceritanya.. kreatifitas yang kadang tidak semua orang bisa menikmati karya tsb
setahu saya CCI itu adalah kumpulan para creative director yang di ketuai oleh Budiman hakim (CMIIW), yang ber anggotakan 10.000 member, mungkin kontrol nya susah, apa ada masukan dari pihak CCI karena milis nya sering disebut sebut? thanks..semoga menjadi pembelajaran buat kita semua, dan selamat mas ari, blog nya jadi terkenal….
Saya baca ini sambil minum Teh Botol Sosro.. hahahha.. Santai aja, mas Har.. yang penting mas udah bikin konfirmasi, dan udah diberitakan juga di media massa.
Cuman ya lain kali hati2 aja, emang kenyataannya masyarakat kita kurang menghargai ‘sopan santun’ ber-internet, seperti kasus mas Har ini.. udah dibilang jangan disebarin, eh tetep disebarin juga.. atau kasus kecil lainnya, ada tanda ‘busy’ di samping ID IM kita, eh, tetep aja ngajak kita chat.. heheh..
Anyway.. maju terus.. salut dengan ide-nya.. 🙂
Tidak hanya teh botol sosro yang jadi korban.
Tetapi saya sendiri, …
Terkecoh untuk memenuhi rasa penasaran saya di awal saya membuka laptop ketika di kantor.
🙂
hehe….
Ups, sorry, bos. Ampun. Hehe.
tenang saja mas, hal serupa pernah terjadi di saya sekitar 3-4 tahun lalu. dalam suatu milis profesional, saya pernah mengirimkan suatu tanggapan diskusi ttg suatu perusahaan… ternyata oleh seorang anggota milis disebar ke milis alumni-nya, hal ini diketahui karena ada kawan saya yg sealumni dengan dia memforward ke saya. karena saya tahu siapa yg memforwardkan ke milis lain, saya langsung minta dia kasih klarifikasi ke alumninya (tapi untungnya kata kawan saya, orang tersebut memang tidak cukup dipercaya oleh rekan2nya karena reputasinya cukup jelek). walaupun, katanya profesional, cuma seringkali etika sering dilupakan minimal meminta izin untuk postingan yang mengandung kehati2an. Jadi sepertinya serupa dengan mas hariadhi….
mungkin mas hariadhi perlu tahu apakah status milis CCI itu benar2 tertutup (orang luar tidak dapat baca arsip) atau hanya keanggotaannya saja tertutup (arsip masih dapat dibaca orang luar). ya semoga saar aja mas, dan klarifikasi ke pabrik… bahwa tidak ada maksud. Lagipula yang bodoh yg forward itu, gak cek dulu apa sih yg dimaksud dengan senyawa kimia itu…. dan lebih hati2 lagi (sepertinya saya dalam hal ini, sekarang lebih hati2 lagi kl posting… jangan mengasumsikan orang lain seperti kita, banyak yang belum sadar etika milis).
Pertama gw ucapin Salut pakkkkkk….
Mantaff, pertama gw dapet email ttg ini email balasan gw kepada pengirim cuma “thank buat infonya” eh ternyata HOAX…
Well menurut gw mah Mas Hariadi gak uasah takut, ga akan ada yang bisa bawa ente ke jalur HUKUM masalah Ente. Kalo mau bawa ke jalur HUKUM yang terkena adalah justru Ornag yang pertama menyebarkan Email ini ke luar dari Forum CCI.
Gw sendiri ga tau alasan org itu menyebarkan Postingan mas Hariadi ke luar forum, well bisa saja justru dia yang berniat untuk menjatuh kan Teh Botol Sosro or malah mau bikin Iklan Teh Botol Sostro. Nah kalo tuh orng bermaksud menyebarkan dengan maksud Black Campaign terhadap TeH Botol Sosro baru deh tuh orang bisa dituntut di jalar HUKUM.
Nah sekarang kalo mau yaa kita cari siapa yang nyebarin HOAX ini keluar dari Forum CCI and apa maksud dari penyebaran tersebut.
t3rtutup, dimoderasi, keanggotaannya harus diapprove.
yang jelas adalah “Viral Marketing” yang memang di desain. kalau siapa yang untung dan siapa yang rugi bisa ditanya pada TEh Botol Sosro, para kompetitornya atau masyarakat.
Murah, meriah, cepat menenyebar…..
menurut saya adalah :
hal2x semacam ini adalah sebuah bagian dari evolusi pembelajaran manusia secara empiris…
sekiranya kedepannya setiap orang akan menemukan triknya masing2x untuk menyaring berita2x yg beredar.
selamat buat yg sudah bisa mengambil esensinya / ilmunya…
dan buat yang belum (atau masih terlibat dengan amarah dan dengki)…ayoo…kita yakin kamu tidak separah itu…hehehe
pisss
firmanfird. “cellozart”
ini bukan link PORNO juga bukan usaha PORNO, tapi jangan membukanya jika anda belum cukup DEWASA
http://www.usahaweb.com/30776.html
gan,udah keluar surat edaran resmi dari sosro niyh..
http://cesarsidolisa.wordpress.com/2009/05/12/klarifikasi-teh-botol-sosro-mengenai-hoax-hydroxilic-acid/
check it out..
Yang jelas, karena hoax ini, Sosro bisa dengan MURAH dan MUDAH mempromosikan produknya melalui berbagai media… tanpa bayar, cukup dengan mengirimkan pres-release…..
Salut!!!
@andi
tanggapan mod CCI: Saya ditegur, dibilang supaya lain kali hati-hati bikin ide dan pakai contoh karena menyangkut brand Teh Botol Sosro yang besar, kemudian disuruh klarifikasi dengan baik ke teh botol sosro.
pertama kali saya membaca di inbox saya, saya dan mungkin kebanyakan orang lain pasti tahu kalau itu HOAX.. menurut saya penulis sudah menjelaskan dan memang bukan salahnya kalu tulisannya tersebar,, hanya ang harus diubah adalah pola berpikir masyarakat indonesia yang entah gaptek atau mudah dibohongi sehingga dengan mudahnya menyebarkan, dan percaya hoax-hoax yang tersebar lewat email atau forum (seperti artikel ini) sms (yang mengatas namakan ultah pemilik perusahaan telpon selularnya, dan menjanjikan pulsa bertambah) juga messenger (tentang seseorang yang mencari golongan darah sejak 4 atau 5 tahun lalu, dengan mencantumkan nomer yang tidak bisa dihubungi)
so buat seluruh masyarakat, jangan mudah panik atau menyebar2kan email yang menakut2i.. juga buat penulis hoax, harap berpikir dua kali untuk membuat masyarakat resah (boong dosa lhoooo) or kalo memang untuk kalangan sendiri, harus bisa maintain tulisannya, karena kita semua tahu, pengguna internet dapat dengan mudah copy paste dmana saja..
regards,
hmm… internet memang pedang dua sisi. bisa digunakan untuk cepat mengangkat brand. juga dengan cepat membantingnya…. semua akhirnya kembali pada siapa yang menggunakannya 😦
@Manusia
iya.. sekarang saya jadi males bikin ide soal viral marketing lagi. Soalnya kalau ada yang usil yang digoblok-goblokin malah yang bikin ide.
saya sih berpikiran positif saja dengan mas hariadhi, punya orientasi luas mengembangkan komunikasi pemasaran, apalagi berhubungan strategi promosi.
pangkal persoalan ini kan cuma orang usil (jawa= gak mudhengan) di komunitas Mailing list CCI yang merespon mentah-mentah. jadi cari tahu aja itu. that’s all.
saya pikir , sekarang buat aja kesimpulan analisanya soal negative approach itu. pake data base koment2 ini, di kliping trus dijual buat referensi. Gratis gak perlu pake responden…hahaha…
tanks bro ;-), sampeyan punya bahan diskusi seperti itu. walau belum pernah ketemu, moga aja berkesempatan bisa berdiskusi dengan bahan obrolan lain.
penasaran nih,
gmn ya efeknya dengan penjualan teh botol sosro nanti??
hipotesa-ku,
penjualan teh botol sosro akan turun
Penjelasan
1. Masih banyak orang Indonesia yang tidak ‘utuh’ secara struktural mendapatkan akses informasi, termasuk bagaimana mendapatkan hoax
2. Pakem informasi bahwa berita buruk lebih cepat tersebar daripada berita baik –termasuk klarifikasinya
3. Kompetisi bisnis minuman ringan –bahkan dalam sub area teh sangat ketat. Konsumen dengan gampang mendapatkan merek lain selain teh botol sosro
Sebaiknya teh botol sosro membuat upaya promosi dengan jalur informasi yang sama yang digunakan ‘hoax’itu beredar,plus ditambah dengan media populer lain dengan pencitraan yang sebaliknya dengan isi pesan hoax jadi-jadian itu.
salam
saya minum teh botol sosro dibandung saat itu tahun 1999 disebuah wartel hampir saja tertelan pecahan botol tsb…..saya gak ngecek pantat botol tsb …. ternyata setelah sy lihat pantat botol tadi retak…sampe dalam dan terdapat serpihan kecil yg tersedot oleh sedotan yg sy pake….., sumpah saya sama keluarga sy sekarang gak mo lagi minum2 instan sperti itu kecuali produk air putih dalam kemasan botol plastik itu lebih aman
kk
0818292494
Kalau gitu mah salah di saat penyimpanan warungnya, dooong. Plastik kalau dibanting-banting juga bisa pecah.
di internet ini informasi apapun tidak akan pernah berhenti. bisa saja generasi sekarang atau komunitas netter sekarang sudah tahu informasi ini, namun bisa jadi ke depan masih ada newbie yang akan membroadcast info ini lagi.
repot emang…
Luar biasa,.
Idenya BAGUS!!!
Saya baca klarifikasi di Situsnya Sosro, sepertinya mereka menanggapi dg kepala dingin dan sepertinya mereka tidak berniat untuk menuntut anda.
dari klarifikasi tersebut sptnya sudah terjadi pembicaraan personal antara anda dg SOSRO.
Sebenarnya saya jadi curiga jgn2 anda ini orang SOSRO (punya hubungan kerjasama dg Sosro, bisa jadi karyawan atau hubungan kerja profesional atau yg lainnya) yg sebelumnya telah melakukan riset mengenai hal ini dan dg persetujuan BOD/Manajemen Sosro maka anda mengimplementasikan bentuk marketing spt ini.
Karena saya lihat anda bukan orang awam di dunia maya ^_^
pastinya taulah resikonya, dan andapun (bisa jadi Sosro *jika benar asumsi/kecurigaan saya) mengambil Benefit dari resiko tersebut. Risk Management yg HEBAT jika memang demikian. Salut buat SOSRO, salut juga buat anda. Jika memang demikian Pastinya BONUS sudah di depan mata, karir cemerlang, gaji mengikuti juga yaa,.. ^_^
Saya curiganya sebenarnya dari pembawaan anda yg tenang, hangat dan tidak panik, karena kalau hal ini terjadi sama saya pasti ketakutan udah sampai di ubun2 kepala.
Pastinya takut di tuntut dan pasti kepikiran keluarga jika sesuatu yg buruk menimpa saya.
Karena hal ini bukan hal main2 dan menyangkut reputasi sebuah Perusahaan besar serta nama baik perusahaan dimata Masyarakat.
dan hal ini pun bisa menghancurkan sebuah perusahaan sekelas SOSRO mengingat banyak sekali kompetitornya.
dan bahasa klarifikasi anda di point no.7 spt sudah diatur, begitu juga dg di blog sebelah.
Namun jika dilihat hal tersebut, sptnya SOSRO tetap tenang dan tidak kalang kabut.
spt telah direncanakan dg rapi.
Jika salah asumsi/kecurigaan saya thd anda, saya yakin anda akan menyanggahnya dg segera,
Namun Jika benar saya juga yakin anda akan menyanggahnya dg segera pula.
Kenapa demikian? yah pastinya anda ataupun SOSRO tidak ingin hal ini sampai terungkap.
Jadi kesimpulannya Hanya Anda, SOSRO dan TUHAN yg tau kebenarannya.
Sekali lagi saya ucapkan selamat atas kebarhasilan “anda”,.. ^_~
Yaaah sudahlah, semoga dengan adanya hoax ini teh botol sosro bisa menjadi lebih baik lagi dan bagi kita semoga bisa menjadi pelajaran berharga di masa yang akan datang, terima kasih
salam,
*Jika salah asumsi/kecurigaan saya thd anda, saya yakin anda akan menyanggahnya dg segera,
Namun Jika benar saya juga yakin anda akan menyanggahnya dg segera pula.
atau anda akan diam dan tidak menanggapi pun juga bisa terjadi. daripada ngomong malah salah ^_^ hihihihiiiii
Saya bukan orang sosro. Terima kasih. Sampeyan bisa lihat sendiri siapa saya dengan search di internet. LIhat sendiri kenapa hoax itu bisa bocor di CCI. Semua murni kecelakaan.
Mereka membantahnya dengan baik karena punya manajemen krisis yang bagus dan attitude perusahaan yang bagus. Tidak petantang petenteng seperti perusahaan lain.
Soal tuntutan… semua orang takut dituntut. Saya juga takut. Saya manusia. Tapi saya sudah kalahkan rasa takut dengan rasa tanggung jawab. Jadi walaupun banyak yang bilang lebih baik saya diam dan tidak mengaku, saya tetap mengaku.
Sampeyan ngasih simalakama sama saya, dibantah salah, ga dibantah juga salah. Jangan ber-fallacy dooong. 😀
Gini aja.. add saya di YiM dengan nick sama, nanti kita ngobrol-ngobrol, ok?
oo iye.. nanti saya kenalin juga sama orang yang ngasih selamat di no 7 itu, ok? 😉
sesuatu yg menarik. biar nanti orang indonesia belajar dan gak mudah termakan hoax.
berhubung saya lulusan farmasi dan terbiasa menulis artikel medis populer, baca berita ttg teh botol sosro sudah langsung berpikir pada satu titik : HOAX. Biasa ah!
tapi bahwa hoax itu ternyata sbg contoh bahan diskusi negatif campaign wah yg ini saya kudu angkat topi 🙂
can’t say it was a nice work, but i have to agree that it works nice to you (or your blog) mas 🙂 2000 hit gitu lho hehehe…
salam knal ^^
@gogorbangsa:
dan tidak memperhatikan sifat masyarakat kita yg mayoritas masih belum berpendidikan tinggi dan sempit referensinya.
ia, seperti Jackson.
kekekekeke … mata saya melek nih skrg … melek marketing 😀 … duh ati2 laen kali ati2 kalo buat bahan diskusi … masalahnya anda bisa di anggap mencemarkan nama baik sosro … bisa dituntut lho …
untuk ide tentang negative/black campaign itu udah dilakuin sejak lama cuman mungkin yang ngelakuinnya ga mau di publish/ketauan 😀
selamat 😀 anda sekarang jadi orang terkenal 😀
Lain kali pertimbangkan bahwa namanya internet tidak bisa dikontrol. Jadi kalo mau buat contoh jelek, pilih saja produk lain yang tidak beresiko. Atau misal dikarang saja nama produknya yang seolah-olah ada di pasaran. Itu lebih bijak menurut saya. IMHO
saya sudah add sampeyan mas, tapi kok belum di approve,.. ^_^
btw, dalam hati kecil saya tetap tidak percaya bahwa hal ini adalah murni kecelakaan..
*Boleh dunk berasumsi ^_~
lowongan kerja waktu luang~
http://waktuluang-cariuang.co.cc/
YIMnya versi lama. suka error. Kemarin udah diapprove tapi ilang lagi.
Tolong add lagi aja 🙂
Semua orang bisa punya asumsi. Saya cuma berusaha kasih tahu kronologisnya.
Pertama kali dapet hoax ini dari tante saya, tp ntar kenapa gua udah tau tuh itu hoax, makanya males baca emailnya sampe abiss.. ga beberapa lama dapet email klarifikasi dari tante lagi..
Udah sering tuh dapet email2 hoax.. dan kayaknya ga begitu pengaruh sama gua. Paling orang yg panik karena hoax adalah orang NEWBIE di bidang internet dan gampang PANIK akan hal yg kecil.
Suerr biasa aja tuh buat guaa.. nga ngaruh..
Wah, tema ini naik lagi di WP…
ck..ck..ck
hebat-hebat
FREEDOWNLOAD YANG BEJAD-BEJAD DISINI
welah tak pikir beneran padahan tiap malam tak minum
internet semakin murah, semakin mudah didapet, semakin banyak orang menikmati, dan akhirnya semakin banyak orang memanfaatkan potensinya
Wah, bisa heboh gini ya mas. Ikutan gabung dong ke milisnya 😀
Saya orangnya paling benci dengan namanya spam. email2 kayak gini saya anggap sebagai spam.
Pokoknya kalo ada email yang menurut anda meresahkan, jangan di forward lagi kalo ada yang minta untuk forward. Pastikan kebenaran email tersebut, sebelum anda me- forwardnya.
Lebih baik anda sendiri yang resah dari pada meresahkan orang lain hanya karena me-forward email yang bersifat “SPAM”
Saya juga terima email tentang teh botol sosro ini, tapi saya gak ngaruh sama sekali. emailnya gak aku forward sama sekali.
Anti Spamnya ada di diri saya sendiri 😀
kunjungi http://adiandra20.wordpress.com
kumpulan software dan antivirus gratis.karspersky,avg,pcmav,smadav,ansav update
kunjungi http://adiandra20.wordpress.com/2009/05/14/download-video-porno-wulan-guritno-dan-ananda-mikola/
untuk mendownload skandal video porno wulan guritno dan ananda mikola.have fun
oalah.. begitu toh jurus SEO nya.. gak perlu ditiru deh..
Sudahlah.. gak usah di permasalahkan,… yang lalu biarlah berlalu. kita ambil hikmahnya. dan kita ambil ilmunya, bagaimana membuat hoax yang baik..
http://www.gmail.com
Wow.. Positifnya, page rank anda pasti naik
Metode seperti yang anda bilang sering terjadi di dunia seleb kayaknya. Banyak yang putus asa jadi terkenal, akhirnya mereka buat skandal untuk jadi terkenal. 😀 Saya baru sadar kalau metoda seperti itu juga bisa diterapkan di dunia bisnis…
Saya salut ke usaha anda menjelaskan “negative approach” di milis tersebut. Tapi saya juga salut ke orang yang memforward email tersebut. jadi heboh begini
web design murah! http://www.bengkel13.com
tetap semangat boss..
web design murah: http://www.bengkel13.com
web blog, web forum, web gallery, web personal cuma 500rb!
mantap!
http://www.bengkel13.com
webdesign murah, personal web, web forum, web album, web blog, web jualan? cuma 500ribu
hoax yg cerdas…
dan yang lebih cerdas lagi… cerita dibelakang hoax itu sendiri…
salut sama ide dan sikap mas Har….
Wuih, PR 3 skg… Tinggal tunggu update pagerank dari Google ajah…he3…
semoga kita mengambil hikmah dari semua ini
sori sebelumnya supaya gak bikin kebingungan,
saya namanya juga haryadhi, dan saya juga desainer, tapi lebih nonjol sebagai illusrator. yang membedakan dengan si desainer sinting cuma huruf “i” dan “y” setelah huruf “r”. he3.
kalo mo liat folio saya,
gak ada salahnya tengok di :
http://www.facebook.com/album.php?aid=80753&id=559714192&l=cc06835d3d
(supaya membuktikan kalau saya bener2 exist ajah. he3)
saya tertarik banget isu Hoax ini… tapi sayangnya menurut saya, pasar indonesia masih kurang intelek untuk bisa tersenyum menerima hoax ini.. reaksinya pasti langsung takut ketika mendengar istilah agak rumit dan non-familiar sedikit saja…
Sulit sekali ketika membaca Hoax tadi untuk menimbulkan dampak positif bagi teh botol sosro itu sendiri.. karena dipaparkan pula kelebihan H2O dapat berbahaya, seakan2 Teh Botol Sosro memang memasukkan unsur H20 secara berlebihan…
tapi saya yakin lambat laun pengiklanan yang cerdas seperti ini bakal diterima juga, yang sayangnya harus perlu klarifikasi berlebihan, dan aksi besar-besaran juga untuk nantinya isu kontroversial ini bisa ditolerir. Seperti dulu Trans Corp menebus dosanya terhadap para tukang Bakso yang diisukan menggunakan daging tikus, akhirnya dengan mengadakan acara bakso gratis besar-besaran di halaman Trans corp.
Saya atas nama pribadi salute atas mas yang telah memberikan sanggahan secara maksimal tentang isu yang berada di internet sekarang ini apalagi sampe sabar menghadapi orang-orang yang bisa dikatakan mencaci-maki mas hari.
Jujur saya sudah mendapat lebih dari 10email dari rekan2 saya tentang isu ini…
pertama kali saya baca email sudah saya tebak klo ini cuma hoax..
dan karena saya juga orang yang sering bermain dengan kimia saya sudah tau klo itu ada bohong..
jika di lihat banyaknya yang mencaci maki mas berarti isu ini mendapat perhatian khusus dari pengguna internet..
hanya saja orang yang mencaci maki sudah di pastikan tidak akan mencari kebenaran tentang isu yang beredar..
dan bisa di katakan kalau orang yang mencaci maki berarti orang yang bodoh…
Sekali lagi salute buat mas dan teruslah berkarya
Salam kenal mas har,
saya coba cari tentang hoax teh botol sosro kok belum ketemu?
tapi bagus mas ide negativ berpengruh ke positif.
saya salut dengan mas har..
sukses terus mas har, tapi jangan yang negativ lagi.
keren juga pak ide nya…
seperti Manohara yang tenar karna kasusnya….
keren2. tapi lebih mengerucut kepada keuntungan bisnis di internet.
situs jadi banyak di kunjungi, termasuk blog bapak ini… heheehehe….
tapi ati2 kalo2 kasusnya jadi mirip Prita Mulyasari…
penjelasan marketing bapak telah
membuka pikiran saya lebih luas….
keep smart Pak Dhe
regards,
TedHunter Leviatan
Bravo…
*Tepuk Tangan…
Ide yang menarik, dan sekaligus mengandung resiko yang sangat besar.
Gimana jadinya kalo pihak sosro tidak mencabut gugatannya ya… Hehehheheheh….
Topmarkotp….
Uhm… Ide yang beresiko, dan rasanya gak akan ada klien yang mau Brand-nya diperlakukan begitu rupa. Namanya juga ide, boleh diterima, bole juga ditolak. Gampang kan? Soal kasus ini menjadi hoax beneran, saya kira itu masalah lain. Memang ada orang yang tidak bisa membedakan mana hoax dan mana bukan, lalu menyebarkannya secara serampangan. Maklum, masi kental dengan budaya gosip.
Dalam kasus yang lain, saya pernah ikutan diskusi di CCI tentang iklan XL versi Proklamasi. Saya bilang, itu berbahaya karena penonton iklan itu termasuk juga anak-anak. Bukannya sok idealis atau nasionalis, tapi plesetan-plesetan macam begitu jelas-jelas konsumsi khalayak High Literated. Sementara kita tahu, berapa banyak sih orang yang benar-benar literated di Indonesia? Memahami dan mentaati rambu lalu lintas aja masi ‘kesulitan’.
Menurut saya ini berlaku juga dengan gagasan Hoax Anda, bung. Karena itu kita butuh media literasi. Sayang, saya tidak mengikuti dari awal diskusi topik ini di milis CCI.
Salam.
numpang mampir ya…
Dihydrogen monoxide=air (aman)
Hydrocloric acid= asam klorida (konsentrasi tinggi korosif)
DMSO=Dimethyl Sulfoxide (beracun…banyak sipake dalam pestisida)
geez, SOSRO sure owes you a lot for the free publicity
at least for the people who already reach here: at the end of their so-called search, where they shamefully forced to admit that they have been gullible enough to eat the hoax out for a minute or so.
Mas Hariadhi….ini ide yang bagus…..
`!@#$%^&*()_+[]\;’
[]\;’,./P{}|:”?
bodoh….!! marketing dngn cara ini memang bagus untuk produk yg kurang laku atau produk yg tadinya booming lalu merosot kembali penjualannya…!! untuk pemasaran produk sekelas teh botol sosro…cara seperti itu akan memberikan dampak yg sangat merugikan….!! siapa yg tidak kenal teh botol sosro….???
pdhal tadinya cm pegn liat perkembangan viruz trbaru di vaksin.com,,, eeh,mlh dstu ada berita ttg hoax ini, & sbg org yg telat ngupdate otak,sudah pastilah q kpancing tuk ikut cari tau.. hikz.. slamat Bung Har,,traffic’a nmbah lg nii.. 😀
pas baca judulnya, ‘Teh Botol Sosro Racunnya Teh!’, q mlh berasumsi klo “racun” dsni mksudnya adlh smcam pelopor/katalis yg mnyebabkan byk produk sjenis (teh kemasan) menjamur di pasaran..
tyta asumsi q salah.. tp negative approach Bung Har jg meleset (untuk q),,krna q mlh sm skali g tpngaruh tuk su’udzon ataupun nge-fans sm teh Sosro. hihi.. :p
hmm,,klo emg pndapatan Teh Sosro mningkat stlah kontroversi ini, kpd siapa ya sharusnya mreka brtrimakasih, Bung Har atw orang yg ‘baik hati’ itu?? wkwkwk… ^_^v
Kreatif bgt..!! Saya suka yang begini. Orang yang kreatif seperti Anda memang gak disukai karena dianggap aneh. Tp bagi saya keanehan itu yang membuat kita beda. Keanehan yang membuat kita menjadi inovator, bukan justru membuat produk “Me too” atau tiruan. Prinsip saya “Hal baru itu dimulai dari yang aneh2”.
Saya punya cerita ttg hal kreatif yang menurut org lain aneh. Uda sering liat iklan makan mie pake katom (kacang atom kan)? sebelum iklan itu muncul di TV, saya malah sudah melakukannya sejak kecil. Tp pas wkt saya makan di warung dan melakukan itu, justru teman saya ngejekin krn dianggap aneh bahkan cenderung jijik dengan kebiasaan saya makan mie pake katom. Lah, terbukti katom yang terkenal di Indonesia itu aj ampe bikin iklan makan mie campur katom. Masih berani tuh org bilg saya aneh?saya rasa tidak lagi kan..he3x.
Selamat!
Awalnya cuma mau lihat2 virus baru eh nyasar kesini wkwkwk
Mantap!
bravo untuk yang menciptakan hoax ini kebetulah saya baca web ini ketika saya mendapat tugas di uni saya penelitian bagaimana cara mendongkrak popularitas dari teh botol sosro itu sendiri ,dan ketiika saya baca cara ini saya cukup shock dan kagum walau niad dari si mas ini sebenernya ga sejahat itu,tapi yang saya bisa tepuk tangan adalah bagai mana ide dari si maas ini bisa mendongkrak sosro itu secara cepat murah dan efisien dan juga serentak itu bisa di lihat dari bukti akan akses ke web sosro maupun untuk blog itu sendiri,untuk mas saya ingin ngobrol banyak dengan mas baik untuk bertanya akan ide ide dan lain lain,saya berharap bisa contact mas bisa minta iid Yahoo messanger nya?
thx before
jadi ini hanya trik-trik aja nich, buat satu kepentingan, hehe
selamat atas hoaxnya… seharusnya anda medapati royalti dari produsen teh sosro karena produk mereka semakin dikenal dan semakin banyak oe]rang yang penasarnan dan pada akhirnya mencobanya. Bravo……..
@hariadi : dibayar berapa sama coca cola untuk black campaign nya, boss ?
lg cr “hoax” nyasar kemari, btw koment ah….
haha ternyata gitu Kronolog ny…
dasar marketing! hahaha nyari cara murah bwt beriklan, pdhl br ide/rencana malah ud keduluan tenar ^^! internet namany…
ini miripkah ama salah satu isu HP MERAH , Kutukan (or something like thatz) nya milik kartu Ax*s?? aneh… blie pocher hp mlah bli tiket ke akherat hahaha :D… msh aja yg percaya gituan… Bu-Sri-K tuh namanya… ;D
saya kpingin bgt dengan nada serulingnya iklan teh botol sosro yang baru ini, u nada dring p bs ia mas???
kreatif bgt mas!!
Mas.. Perut saya kembung. Tadi kebanyakan hydroxylic acid… Hehehe
Sip mas ! Campaign yg bagus tp org indonesia kyknya belom ngeh…
Apalagi masyarakat kita yg kurang Pro ….
Good luck mas
salam keal mas hariadhi.
kalo semua ini ternyata sekenario panjang yang disengaja dari mas hariadhi, berarti anda sangat mantaaaaabbbb 🙂
sekenario milis tertutup, tersebar luas, klarifikasi, trafic, sampe mengundang macem2 komentar (termasuk saya)
keren mas,
Hi, all is going nicely here and ofcourse every one is sharing information,
that’s genuinely good, keep up writing.
It is truly a nice and useful piece of information.
I am happy that you just shared this helpful information with us.
Please stay us up to date like this. Thank you for
sharing.
Hi friends, pleasant piece of writing and fastidious arguments commented here,
I am really enjoying by these.
There is certainly a great deal to find out about this topic.
I love all of the points you have made.
This piece off writing presents cleazr idea designed for the neww viewers of
blogging, that genuinely how too do running a blog.
Kalo Ngomong Min Harap Jaga jaga Sosro Itu memakai alat cangkih dan prosesnya saya pernah liat kalo ada bakteri program itu berhenti dan gelas itu di pecahkan jadi min kalo teh botol itu hoax di pikir pikir sebelum mosting bukan orang tertarik dengan cerita anda malah mengkritik cerita anda jadi anda jangan asal ceplos salah sedikit bisa masuk jurang lo min
maap kalo ada salah kata tapi saya tetap pilih sosro karena Made In Indonesia dan Higenis Buat yang lain juga nih…
jangan asal ceplas ceplos takutnya bukan kita malah dapet punggunjung malah Nyeblos ke Jurang
-Makasih-
Hey there exceptional blog! Does running a blog similar to this take a large amount
of work? I’ve very little expertise in coding
but I had been hoping to start my own blog in the near future.
Anyway, should you have any ideas or techniques for new blog owners please share.
I understand this is off subject nevertheless I simply had to ask.
Appreciate it!
Bicaralah dengan sopan, maka orang lain akan menghormati anda.
Virus juga bisa ditemukan di dalam kulit tanpa menyebabkan lepuhan yang nyata dalam keadaan ini virus merupakan sumber infeksi bagi orang lain.
Having read this I thought it was very enlightening.
I appreciate you spending some time and effort to put this
information together. I once again find myself
spending a lot of time both reading and posting comments. But so what, it was still worth it!