Hydroxylic Acid: Hoax Teh Botol Sosro

Buat yang menerima pesan dengan judul “Teh Botol Sosro: Racunnya Teh”, tolong abaikan email tersebut dan hapus dengan segera!

Tulisan mengenai Dihidrogen Monoksida, DHMO, dan Hydroxylic Acid di dalam teh botol sosro adalah ciptaan saya yang digunakan sebagai bahan diskusi mengenai Hoax Marketing di mailing list Creative Circle Indonesia. Waktu itu saya mengajukan ide untuk bereksperimen dengan media hoax untuk mengiklankan suatu produk. Sebagai contoh kasus, saya ambil teh botol sosro yang diattach ke hoax mengenai DHMO yang sudah lebih dulu ada.

Silakan baca kronologisnya di sini.

Berhubung itu hanya untuk bahan diskusi TERTUTUP di mailing list Creative Circle Indonesia, saya sudah mewanti-wanti anggota lain untuk tidak memforward hoax itu ke luar. Tapi tampaknya ada yang usil sehingga akhirnya berita itu tersebar juga.

Anyway, seperti yang saya perkirakan, hoax memang media yang sangat ampuh untuk menyisipkan pesan. Terbukti hanya hitungan minggu hoax ini sudah melanglangbuana hingga pengguna yahoomail singapura. Saat saya coba search, tiga forum sudah ribut membicarakan hoax ini.

Tapi gejala menarik untuk kita lihat bahwa TIDAK ADA SATUPUN pembicaraan di forum-forum itu yang terpengaruh oleh Hoax ini. Tidak ada yang kehilangan selera terhadap teh botol sosro, sebaliknya malah menyimpulkan bahwa berita ini adalah negative campaign yang dikarang oleh pesaing teh botol sosro. Banyak juga yang menyenangi hoax ini karena idenya konyol, mengendorse AIR sebagai racun yang ada di dalam teh botol (hydroxylic acid adalah nama lain air yang kedengarannya seperti racun mematikan).

Sebagai penutup, saya MEMINTA MAAF kepada tim marketing teh botol sosro beserta jajaran Public Relationnya karena menambah kerjaan mereka untuk membantah hoax ini. Seperti saya ungkapkan di atas, hoax ini sebenarnya hanya untuk bahan diskusi, dan saya SUDAH MEMINTA anggota CCI untuk tidak memforward beritanya kepada siapapun.

Bahwa akhirnya ada anggota mailing list yang USIL, itu sudah di luar kemampuan saya.

*tag: hydroxylic, hidroxylic, hidroxilic, acid, teh, botol, sosro, dhmo, dihidrogen monoksida, dihydrogen monoxyde, racunnya, teh, ahlinya, teh

156 Responses to “Hydroxylic Acid: Hoax Teh Botol Sosro”


  1. 1 tamara 7 Mei, 2009 pukul 1:19 pm

    saya br saja menerima email dr seorang teman ttg teh botol yang beracun. saya langsung mencari d google mengenai kebenaran berita ini. ternyata ktemu blog ini..
    sebenernya sy bukan penggemar teh ini sih, cm punya seorang teman yg tiap haaari kudu minum teh botol ini, jd agak kuatir juga kalo emang ternyata benar, mau saya bilangin k dia..

  2. 2 hariadhi 7 Mei, 2009 pukul 1:21 pm

    aman kok amaaan…

    Ga ada racunnya (hihihihi, ini gw bantu promosi si teh botol)

  3. 3 adit 7 Mei, 2009 pukul 1:31 pm

    kalo beracun orang2 indo udah mati dari dulu kaleeeee….

  4. 4 Ronny 7 Mei, 2009 pukul 2:10 pm

    Semoga lain kali kita bukan hanya pintar tetapi juga bijaksana mempergunakan penguasaan dan pemahamannya..

  5. 5 hariadhi 7 Mei, 2009 pukul 2:20 pm

    bukan maksud saya untuk anti kritik, tapi tolong baca pelan-pelan tulisan saya, mas.

    Hoax itu dimaksudkan untuk dibicarakan untuk tempat tertutup. Tidak ada yang bisa membaca tulisan apapun di CCI kalau bukan member.

    Saya sadar resikonya terhadap teh botol botol sosro, karena itu saya sudah meminta anggota lain untuk tidak memforward beritanya ke luar maiing list.

    Saya sudah berusaha bijaksana, kalau tidak bijaksana sudah dari awal saya kirim ke sembarang orang untuk melihat dampak ide saya ke dunia nyata.

  6. 6 Kharseno 7 Mei, 2009 pukul 2:20 pm

    penulis tidak bertanggung jawab dan tidak pantas menunjuk orang lain yang usil karena menurut saya yang usil adalah penulisnya.
    Keluarga besarku dari dulu suka ama teh botol sosro dan tidak pernah bermasalah.

  7. 7 hariadhi 7 Mei, 2009 pukul 2:24 pm

    Another speed reader *shigh…

    Baca lagi komen saya di atas. CCI itu mailing list tertutup. Untuk menjadi anggotanya kita harus dapat persetujuan dari moderator. Tanpa jadi anggota, kita tidak bisa tahu apa yang ditulis di dalam mailing list.

    Jadi tulisan saya tidak akan bisa dibaca oleh masyarakat umum kalau tidak ada yang USIL membocorkan eksperimen itu ke luar.

  8. 8 SCIENCE 7 Mei, 2009 pukul 2:50 pm

    Semoga penulis mengerti secara ilmu pengetahuan (science) apa yang ditulisnya mengenai Dihidrogen Monoksida, DHMO, dan Hydroxylic Acid di dalam teh botol sosro.
    dan dampak apa yang akan terjadi.
    dan pastinya hati-hati lho dicari polisi he he he

  9. 9 hariadhi 7 Mei, 2009 pukul 2:54 pm

    another one…

    Itu tulisan yang seharusnya beredar di satu forum tertutup, THANK YOU!

  10. 10 WONG WARAS 7 Mei, 2009 pukul 3:16 pm

    by hariadhihariadhi » Thu May 07, 2009 10:30 am
    Mangap.. permisi numpang lewat.
    Itu hoax teh botol sosro saya ciptain sebenarnya untuk experimen menyebarkan iklan teh botol sosro lewat hoax. Awalnya saya post di mailing list Creative Circle Indonesia untuk bahan diskusi doang.
    Saya udah kasih note supaya tidak disebarkan, karena gunanya cuma buat eksperimen di kalangan sendiri. Ga ada maksud buat disebarkan. Tapi kayanya ada juga member CCI yang gatel tangannya buat ngeforward, hihihihihi.
    Makasih buat member Forum IC yang udah pada pinter-pinter dan tidak kemakan isu ini. Isi artikel itu sebenarnya 100% benar, tpi dibungkus sedemikian rupa sehingga isinya jadi salah. Silakan lihat gejala yang bisa timbul kalau kita kelebihan air (hiponatremia). Air memang dipakai untuk industri nuklir, pengeboran minyak, pupuk, dan seluruh industri makanan dan minuman.
    Kalau masih liat hoax ini masuk ke mailbox sampeyan, tolong yang ngirim dimarahin habis-habisan. Bilang kalau hoax itu bohong besar. Teh botol sosro AMAN diminum, kok.

    Salam
    ====
    hariadhi
    desainer sinting

    Oaaaalaaaahhh pantas aja orang itu tulisannye orang sinting …….

  11. 11 hariadhi 7 Mei, 2009 pukul 3:19 pm

    sudah mas.. ga perlu ngespam atau ngejelek-jelekin orang. Saya bisa lihat kok kalau nomor IPnya sama.

  12. 12 Nazieb 7 Mei, 2009 pukul 3:55 pm

    Hahaha..
    Yet Another Fool Spammer Fast Reader..

    Makanya bro, ati-ati dalam memunculkan ide-ide seperti itu..
    Good luck..

  13. 13 joesatch yang legendaris 7 Mei, 2009 pukul 4:03 pm

    saya maafkan sampeyan, mas. lain kali jangan diulangi lagi ya, nyahahaha!:mrgreen:

  14. 14 hariadhi 7 Mei, 2009 pukul 4:24 pm

    gahahahahha

    yaa.. namanya juga eksperimen. Hasilnya bisa gila-gilaan atau malah dimaki-maki sama jutaan orang.

    Cuma orang yang berani ambil resiko yang bisa bikin eksperimen bagus, ya kan?

  15. 15 asbindro 7 Mei, 2009 pukul 4:52 pm

    walah sampeyan ini bikin capek saya karena musti ngejelasin ke semua milis yang kebetulan saya jadi moderator di sana.

    lain kali kalo bikin hoax, mbok ya o di bagian akhir ditulis dengan hurup super kecil “inihoaxlho!’

    gitu mas…bwakakakak

  16. 16 hariadhi 7 Mei, 2009 pukul 5:04 pm

    yah kalau gitu bukan hoax dong namanya. hehehe.

    Maaf yah milisnya jadi ikutan heboh.

  17. 17 Endra 7 Mei, 2009 pukul 5:07 pm

    Yth Mas Hariadhi
    Saya paham bahwa milis CCI bersifat tertutup. tapi Mas Hariadhi juga harusnya paham bahwa amat sangat mudah orang mengcopy paste apa yg Mas Hariadhi tulis di milis tersebut untuk disebarkan lagi ke yang lain. dan celakanya Mas Hariadhi sadar bahwa hal ini sangat mungkin dilakukan untuk disebarkan ke orang lain. tapi sayangnya Mas Hariadhi coba berlindung diri kepAda orang yang menyebarkan Hoax tersebut dengan berdalih milis bersifat tertutup, sudah dikasih peringatan dll.
    yang saya bingung apa Mas Hariadhi pernah berpikir apa motivasi orang yg menyebarkan tulisan Mas Hariadhi? Mas Hariadhi malahan mengambil kesimpulan yg sangat cepat bahwa yg menyebarluaskan itu orang USIL. pernahkah terpikir bahwa ada member milis yg panic karena banyak orang2 yg dicintainya mengkonsumsi minuman tersebut sehingga dia berniat baik untuk mengirmkan ke orang2 yg dicintainya.
    Mas Hariadhi kok merasa bahwa semua orang adalah sepintar anda. Ga semua orang bisa mencerna dengan baik apa yg dibaca, dan tidak semua orang teliti dalam membaca.
    Jadi tolong mas jangan berlindung kepada orang yg menyebarkan. anda sepertinya tidak mau tanggung jawab sepenuhnya. hanya bertanggung jawab setengah-setengah. anda merasa telah Gentle dengan menjawab tapi di satu sisi anda masih menyalahkan orang lain yg menyebar luaskan, padahal anda sadar betul bahwa setiap member di CCI bisa melakukan hal itu. dan anda berdalih tidak berdaya jika ada yg menyebarluaskan padahal anda tau ada resiko itu.
    ini ibarat anda membuang paku didepan rumah anda, terus anda kasih pengumuman “Hati-Hati ada Paku”. tapi anda tidak mau tanggung jawab kalo paku tersebut dipindahkan ke jalan yg lain tanpa menyertakan pengumumannya sekalian.
    Kalo anda memang bertanggung jawab : seharusnya YG anda lakukan adalah JANGAN MEMBUANG PAKU SEMBARANG
    satu hal lagi Mas ingin saya sampaikan;
    MILIS APAPUN ITU ADALAH RUANG PUBLIK! BUKAN RUANG PRIVATE! meskipun bersifat ekslusif so hati2 kalo ngirim ke milis.
    Akhirul Kalam : Hentikan tindakan bertanggung jawab setengah2 karena buat saya itu tidak ada bedanya dengan tidak bertanggung jawab sama sekali.

  18. 18 hariadhi 7 Mei, 2009 pukul 5:27 pm

    Mas, di peraturan mailing list CCI sudah disebutkan dengan tegas: “Spam dan Hoax akan langsung dihapus!”. Mailing List ini dimoderasi, tidak akan ada mail yang lolos tanpa approval moderator. Jadi kalau ada hoax yang bisa masuk, berarti ada sesuatu yang ingin dibicarakan dengan hoax itu.

    Masa sih hal sesederhana itu tidak bisa disimpulkan sendiri?

    Saat pertama kali ide itu dikirim ke mailing list, memang moderator langsung menghapusnya. Kemudian saya minta izin khusus karena saya pikir contoh ini penting. Saya membuat hoax ini untuk contoh kasus, bukan untuk bikin kehebohan.

    Negative Approach seperti hoax marketing ini adalah hal yang sulit dibicarakan tanpa contoh konkret. Saya sudah berkali-kali menjelaskan dalam bentuk abstrak. Tapi selalu ditentang anggota mailing list dengan alasan “tidak mungkin bisa diwujudkan, ga masuk akal”.

    Karena itu saya kasih contoh “Nih.. gini lho wujudnya…”

    Saat ada yang bertanya, saya langsung jawab “Ooooohhh itu contoh hoax marketing. Tolong jangan diforward keluar, yaaa. Biarin jadi konsumsi mailing list.”

    Ibarat naro paku payung di jalan, saya sudah kasih papan gede-gede, “Awas di sini lagi ada paku. Ini buat experimen, saya mau ngukur berapa pemuaian paku di atas panasnya aspal.” Nah kalau masih ada aja yang bandel nabrak papannya, apa saya masih aja disalahin?

    Saya ga suka berkelit dari kesalahan. Saya sudah dengan terbuka menulis permintaan maaf ke Teh Botol Sosro. Kalau mau saya pengen langsung minta maaf ke yang punya. Karena ini benar-benar di luar perkiraan saya.

    Yang saya agak sebel kalimat di atas itu “Pokoknya yang salah itu penulis, bukan penyebar ide!”. Duduk perkaranya aja ga ngerti udah mau ngejudge siapa yang benar dan siapa salah.

    Coba deh gabung ke mailing list CCI, lihat prosesnya kenapa saya sampai bikin hoax itu. Baru komen…

  19. 19 hariadhi 7 Mei, 2009 pukul 5:38 pm

    Ini penegasan saya yang terakhir ya, Mas.

    Saya ga pernah marah sama yang membocorkan email itu dari CCI. Saya cuma bingung karena rencana saya mau bikin diskusi yang asik jadinya malah heboh di luar.

    Too bad, karena kalau diskusinya tertutup kita bisa ngomong apa saja tanpa harus mengkhawatirkan kredibilitas teh botol sosro.

    Sisi baiknya adalah saya bisa dapat bukti konkrit bahwa hoax marketing emang bisa digunakan untuk memblow isu di internet. Angka hit per hari sudah jelas, reaksi pembaca di internet sudah jelas. Jadi ga akan ada lagi yang menggunakan alibi “Itu ga masuk akal untuk diwujudkan!”.

    Makanya saya bilang nasi sudah jadi bubur. Saya ga akan berusaha cari tahu siapa yang ngebocorin. Saya ga akan marah-mara sama dia.

    Ya…. mau diapain lagi. Kalau udah bocor ya bocor aja, OK?

  20. 20 Endra 7 Mei, 2009 pukul 5:55 pm

    Mas Hariadhi saya setuju dengan pendapat anda yg sebel dengan kalimat “Pokoknya yang salah itu penulis, bukan penyebar ide!”. menurut saya Dia Juga salah, justru dia sangat besar kesalahannya. tapikan perlu dicek motivasinya jangan2 dia panic, atau dia yg kurang wawasan atau tidak mengikuti pemaparan ide anda di milis hanya baca akhirnya saja, atau memang dia justru orang awam yg punya niat baik buat orang2 yg dicintainya. Saya justru Respect dengan anda yg telah secara terbuka membuat blog ini dan menceritakan semuanya. tapi saya sungguh menyayangkan jawaban2 anda atas komen orang2 yg seakan akan melempar bola ke orang lain selain itu Yang saya kurang berkenan adalah kalimat “Bahwa akhirnya ada anggota mailing list yang USIL, itu sudah di luar kemampuan saya” kalimat ini membuat apologize anda menjadi antiklimaks.
    lanjutkan terus ide kreative anda…!!!

  21. 21 luna 7 Mei, 2009 pukul 6:04 pm

    heheheh’ semoga kita lebih bisa mencermati semua berita yg kita terima. jangan menelannya bulat bulat… padahal hydroxylid acid adalah salah satu dari nama lainnya air h2o.

  22. 22 hariadhi 7 Mei, 2009 pukul 6:09 pm

    Endra

    makasih. Saran dan kritik diterima dengn senang hati🙂

    luna

    ya… DHMO sebenarnya isu yang sudah usang di amerika sana. Hoax ini sengaja diciptakan oleh mereka untuk menyentil kehidupan masyarakat intelektual yang sejatinya malah lebih mudah dibelokkan oleh kabar ga bener tapi berbau ilmiah.🙂

  23. 23 Endra 7 Mei, 2009 pukul 6:16 pm

    sama – sama Mas Hariadhi😀

  24. 24 Shakes 7 Mei, 2009 pukul 6:19 pm

    Ane baca di Forum Kaskus.us ni linknya http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1855199
    Hampir aku percaya mas. Untung tanya simbah gugle dlu apa itu Hydroxylic Acid, untung lagi ketemu blog ini.. ternyata hoax

    dan saya setuju ama mas Endra diatas….JANGAN MEMBUANG PAKU SEMBARANG, mending kalo kita yg nginjak, tau sapa yg nebar paku, kalo orang lain yang kena????

  25. 25 Endra 7 Mei, 2009 pukul 6:22 pm

    U’ R a Gentleman…Bravo…!!

  26. 26 hariadhi 7 Mei, 2009 pukul 6:52 pm

    makasih mas.

    Saya bisa saja membiarkan hoax ini nyebar, karena di awal bikin saya sudah memasukkan banyak alamat email palsu yang membuat sourcenya akan sulit dilacak. Kalau diam-diam saja saya akan aman.

    Karena saya termasuk salah satu konsumen teh botol, saya merasa bertanggung jawab karena emailnya sudah nyebar seminggu tanpa saya tahu.

  27. 27 Destiny2 7 Mei, 2009 pukul 10:43 pm

    dihidrogen monoksida = H2O = air

  28. 28 Vici 8 Mei, 2009 pukul 6:53 am

    Saya udah minum teh botol yang kemasannya botol / kotak / pouch (yg terbaru kemasannya) selama 15 tahun (setiap hari 5 botol/kotak), sampai saat ini gak ada efek apa-apa kog… Aman-aman aja rasanya.. Hasil pemeriksaaan terakhir kesehatan saya 2 bulan yl juga oke tuh, padahal saya hanya minum teh tersebut tanpa pernah minum air putih karena memang gak suka air putih…
    Jadi kalo dibilang ada racunnya, kayaknya enggaklah… (Bukan promosi lho!!!) Fakta nich!!!

  29. 29 Bambang Laresolo 8 Mei, 2009 pukul 7:22 am

    Saya dari awal juga yakin itu Hoax. Dari gaya bahasanya sudah ketahuan itu bahasa Hoax. Semula saya coba mencari data tentang Hidrolix Acid, tetapi saya mendapatkan blog ini dari teman saya, sudah tidak perlu repot mencari kebenarannya. Salut untuk kejujurannya.

  30. 30 Clara Anastasia 8 Mei, 2009 pukul 8:21 am

    Wah…wah….ternyata bener ya mas jujur makan bubur…ga jujur juga kecebur…memang buah simalakama. Buat aku mengkonsumsi apapun jika berlebihan itu akan berefek samping. Jadi gimana kitanya sajalah.

    Tadinya berita ini dlm email sy akan saya forward ke teman2 tp kok insting sy melarang…seperti ada isyarat tunggu dulu…eh..taunya bener masuk blog ini di email saya tgl 8-5-09.

    Saya tidak membela siapapun…tp selama itu masih manusia pasti akan beresiko rahasia kita satu saat akan bocor karena hanya Tuhanlah tempat simpan rahasia teraman! Semoga blog ini lebih cerdas dlm menanggapi masalah2 yg muncul. Semangat!

  31. 31 Prokopius 8 Mei, 2009 pukul 8:36 am

    Saya membaca semua surat yang diatas ada yang menyalahkan, ada yang disalahkan,ada yang berlindung dari kesalahan

    Tapi semuanya sudah Jelas,dan kejelasannya adalah ini memang benar benar Hoax,kiranya teman teman yang pintar pintar ini lebih bijaksana untuk menyikapi hal hal yang seharusnya tidak perlu terjadi

    Semoga tidak ada dampak buruk terhadap Produk Teh Botol Sosro,karna puluhan ribu karyawan didalamnya ratusan juta orang yang sudah terbiasa menikmati Teh Botol Sosro

    Dan harapannya menjadi Issu Positif buat PT. Sinar Sosro terutama Produknya
    Saya sudah puluhan tahun konsumsi produk sosro group kalau itu memang ada dan benar saya sudah lewat dong puluhan tahun yang lalau,terbukti saya sampai sekarang sehat sehat saja dan dirumah saya masih ada 2 krat lagi teh botol sosro

  32. 32 Muamar Khadafi, Jakarta, Indonesia 8 Mei, 2009 pukul 9:15 am

    Mas hardhi,
    saya salut dengan ide kratif anda. saya termasuk penyuka gaya bahasa marketing. tapi memang ide anda disebrkan oleh orang2 yang tidak bertanggungjawab sehingga mampu menimbulkan kekhawatiran di masyarakat.
    namun, saya menghargai jiwa besar anda untuk meminta maaf atas kesalahan yang tidak anda buat (penyebaran email).
    terakhir, selamat bereksperimen dan tetap kreatif

    Maju dunia Marketing Indonesia

  33. 33 wahyu 8 Mei, 2009 pukul 9:53 am

    terimakasih penjelasannya…anda sangat berjiwa besar untuk meluruskan masalah. hampir saja kami satu group kena pengaruh semua…

  34. 34 kutukupret 8 Mei, 2009 pukul 10:08 am

    lumayan, buat nakut2in anak istri supaya gak konsumtif, bikin hoax tentang junk food yg lain dong mas hehehehehehe…

  35. 35 asu masaki 8 Mei, 2009 pukul 10:30 am

    Bajingan yang nulis cerita ini. ini pasti ulah pepsi ama cocacola. 2 produk itu udah terbukti malah bikin gila di afrika, sapi2 pada mati dan anjing2 pada kena rabies.

  36. 36 Ippen 8 Mei, 2009 pukul 10:50 am

    Ide yang ruaaaarrr biasa…..

    Salut deh… mantap…

    apapun bacaannya.. minumnya teh botol sosro hehehe

  37. 37 nurrahman18 8 Mei, 2009 pukul 11:17 am

    wah perang pemasaran yah

  38. 38 De Piss Lapeer 8 Mei, 2009 pukul 12:11 pm

    salut deh…mas.
    berani menjelaskan..tentang semua ini. Kalo menurut saya emang yang usil saja yang patutnya disalahkan. Mengenai tulisan mas ini khan paling tidak membuka wawasan orang.
    Bagi teh botol sosro sendiri, paling tidak ini bisa jadi pelajaran buat mereka untuk menghadapi pesaing-pesaing yang lain. Paling tidak sekarang mereka sudah punya pengalaman untuk menjawab berbagai macam pertanyaan konsumen tentang hoax ini.
    Untuk penggemar berat teh sosro, mereka jadi lebih bangga dong kalo ternyata teh kesayangannya ternyata emang sehat (terbukti mereka ga mati karena konsumsi teh botol setiap hari).
    Buat mereka yang termakan issue yang ga bener, seharusnya ini jadi pelajaran untuk ngecek kebenaran beritanya.
    Kalo untuk mereka yang bisanya cuma menyalahkan, ga ada matinya mereka cuma bisanya menyalahkan, jadi anggap enteng aja mas.

    apapun makanannya minumnya teh botol sosro

  39. 39 Padhiasri 8 Mei, 2009 pukul 12:15 pm

    Aku salut banget sama ide brilian Mas. Emang bener kebanyakan dari kita adalah tipe orang2 yang gampang panik dan reaktif serta tidak punya “filter” dalam menelaah setiap informasi yang diterima. Hal itu ketahuan dari orang2 yang menanggapi masalah ini dengan emosional dan bersikap menyalahkan.

    Aku lebih salut lagi karena Mas dengan terbuka langsung mengajukan permintaan maaf.

    Teruskan ide kreatif yang lainnya. Dunia marketing membutuhkan orang2 seperti anda.

  40. 40 goncecs 8 Mei, 2009 pukul 2:34 pm

    ikutan nimbrung ……

    mendingan minum air mineral kalo takuut napa2 …

  41. 41 d 8 Mei, 2009 pukul 2:37 pm

    lain kali klo mau buat penelitian.. jangan melibatkan produk deh… akibat ny kan gini…jadi fatal…
    kita2 yg ga tau kan jadi percaya tuh..n kasihan perusahaan teh botol nya.. hehehe

  42. 42 dd 8 Mei, 2009 pukul 2:44 pm

    yup..setuju.. minum air mineral aja..
    di jamin bakal sehat deh

  43. 43 numpang nanya... 8 Mei, 2009 pukul 2:49 pm

    Mas Har,
    Jadi….. Hoax Marketing itu berhasil karena sensasi negatifnya atau orang usil yang musuhan ama penulisnya ya ?

  44. 44 hariadhi 8 Mei, 2009 pukul 2:54 pm

    kurang tahu.. saya ga mau nuduh yang nyebarin punya niat jelek lah. bisa jadi emang karena dia panik liat tulisan saya terus tanpa pikir2 langsung forward.

  45. 45 tika 8 Mei, 2009 pukul 3:28 pm

    wah mas… bentar lagi mas bakalan di hire teh botol sosro nih. hehehehehehehe. Tulisannya bagus ^__^

  46. 46 Mimi 8 Mei, 2009 pukul 3:30 pm

    Jadi pelajaran buat semua….

  47. 47 ?? 8 Mei, 2009 pukul 4:11 pm

    Penulisnya Orang Pinter yang LUCU = LUGU dan GUUOOBLOOK

  48. 48 rodrymikhael 8 Mei, 2009 pukul 4:49 pm

    masyarakat kita sudah semakin cerdas. mereka tidak lagi gampang diombang-ambingkan oleh berita yang beredar; sebaliknya mereka (kebanyakan) menunggu pengumuman dari pihak/otoritas yang berwenan seperti BPPOM atau DEPKES. dengan demikian tindakan hoax-menghoax bukan lagi cara yang efektif untuk mempersuasi masyarakat.

  49. 50 lordsanjay 8 Mei, 2009 pukul 5:25 pm

    @rodrymikhael
    kayaknya kurang setuju deh sama pendapatnya,
    coba liat komen2 di atas, banyak yang protes kan.
    karena memang alur pikiran di indonesia, lebih percaya pada berita negatif dibanding positif.

  50. 51 galz25 8 Mei, 2009 pukul 5:44 pm

    masa? baru tahu nih mas…salam kenal…

    setahu saya sih itu kan steril ya di pabrik, dari teh alami. masa sih? ini kan produk ” lama “, ya secara seangkatan LUX, LIFEBUOY, dan BLUE BAND kan….

    wah saya juga penggila teh, apalagi teh botol makannya mie ayam hihihi..gimana dong, ya kaloada berita begini…apapun beritanya tetep teh botol sosro deh hihihi

    thanks infonya

  51. 52 MyCantik 8 Mei, 2009 pukul 5:50 pm

    Mas,
    buat nebus dosa.. coba tuh yg sudah pada nulis di milist /blog dll dijwb..

    so, gak cuma di blog ini..

    bisa /brani gak ?

  52. 53 Maximillian 8 Mei, 2009 pukul 6:31 pm

    Anda gentleman Bung, kebetulan saya dari Teknologi Farmasi, dan dari nama kimia yang Anda sebutkan, sudah ketahuan kalau itu HOAX.

    Cuma, memang berbahaya buat Perusahaan Sosro bagi pembaca yang belum paham. Saya hanya ingin menambahkan bahwa ini juga bisa jadi metode konflik untuk brand endorser Sosro itu sendiri, apalagi jika klaim bahwa ini HOAX ditampilkan pasca kontroversi, canggih sekali.

    Karena saya berpikiran bahwa sesuatu yang menimbulkan konflik justru akan terpatri lebih lama, sensasional dan heboh. Keren juga strateginya, kan ? ^_^

    Salam sukses

  53. 54 hariadhi 8 Mei, 2009 pukul 7:21 pm

    @MyCantik

    sudah dicoba, tapi jawaban saya malah dipelintir. Jadi saya pikir lebih efisien kalau ngomong di sini.

    @Maximillian
    Makasih mas.

  54. 55 mesin kasir 9 Mei, 2009 pukul 7:46 am

    apapun makanannya minumnya……………………………

  55. 56 tejol 9 Mei, 2009 pukul 10:29 am

    HAYOOOOOO…………………………… GARUK SAJA…..

  56. 57 Rindu 9 Mei, 2009 pukul 10:55 am

    Har … taruh link penjelasan tulisan terakhir disini Har, biar gak konsentrasi di bacaan ini🙂

  57. 59 kata mutiara 9 Mei, 2009 pukul 2:34 pm

    ternyata aman ya….hehehe…

  58. 60 hangga 9 Mei, 2009 pukul 5:31 pm

    setuju dengan Endra. lain kali hati2 Mas. bagaimanapun artikel itu sekarang sudah menyebar ke kebanyakan milis. Saya sendiri skrg ada jauh di luar Indo, dan sempet kaget membaca artikel ini. Dan tanpa mereka mau repot2 konfirmasi ke blog ada, sebagian dari mereka percaya dan langsung forward ke milis2 yang lain. Kalo sudah begini, anda sendiri yang repot, karena kalo dilihat dari sisi hukum, anda tetap kena Mas. Lain kali hati2 ya. Semoga pihak Sosro tidak menuntut Anda.

  59. 61 nanangrusmana 9 Mei, 2009 pukul 7:50 pm

    luar biasa!! dengan bikin hoax..popularitas blog jadi naik!!!
    CUUUUEERRRDIKK….bravo!

  60. 62 anne_chantique 9 Mei, 2009 pukul 10:19 pm

    Ya…tapi tetep aja, kalo dikonsumsi terlalu banyak jadi berbahaya..karena manisnya itu..

  61. 63 chualim 9 Mei, 2009 pukul 10:29 pm

    Untung aman, kalau ngak uda berapa banyak yang kehilangan nyawa…

    Salam kenal mas,
    saya ada sedikit info menarik bagi yang mau dapat uang dari internet, lihat aja di blog saya http://chualim.wordpress.com yg berjudul Mau 0,45/jam, pembayaran lewat pos (check) atau lewat Paypal. Mas jg blh menyebarkan info ini pada teman2 mas. Thanks

  62. 64 deeriee 9 Mei, 2009 pukul 10:44 pm

    Kalo enak ya udah minum aja terus.. hehehe

  63. 65 elexyoben 10 Mei, 2009 pukul 6:55 am

    Numpang nyelonong ke blog nya ya..

    Lagi ngobrolin masalah teh ya?

    Coba , mau baru baca dulu bentar ya, ntar baru koment lagi..

    FREEDOWNLOAD YANG BEJAD-BEJAD DISINI

  64. 66 gery 10 Mei, 2009 pukul 7:05 am

    hoaxxxx barusan di milis lampung-say ada yang nyebar juga, untung tak kasih link kesini, sepertinya bakal nayak korban nih!

  65. 67 citarasa indonesia 10 Mei, 2009 pukul 8:37 am

    teh sosro itu citarasa indonesia, seperti tempalte yang dibuat oleh mas isnaini yang sering dibilang tidak kreatif, inilah kreatif indonesia, CITARASA MEN!

  66. 69 DSS 10 Mei, 2009 pukul 10:10 pm

    Terlepas apakah merk Teh SOSRO apa bukan, masalahnya adalah apakah teh yang dikemas dengan air = AMAN untuk di minum tanpa batasan kadaluwarsa?.

  67. 70 hariadhi 10 Mei, 2009 pukul 10:17 pm

    Barang kemasan atau alami, pasti ada masa kedaluarsa (basi)-nya.

    Beli aja nasi bungkus pakai kuah santan, aduk pake tangan, terus biarin di dalam tas punggung. Pasti akan kedualuarsa dalam waktu ga sampe 3 jaman.

    Barang kemasan ada masa kedaluarsa justru karena dikemas dengan baik. Semua sudah diperhitungkan dengan cermat, berapa lama bakteri bisa masuk, berapa minggu bisa mulai tercemar, di suhu berapa paling baik menyimpannya, dan seberapa kedap udaranya.

    Dari sana bisa diketahui berapa lama masa kedaluarsa dan diberitahu ke konsumen.

    Kalau nasi bungkus gimana cara hitung kedaluarsanya?

  68. 71 organik 11 Mei, 2009 pukul 10:51 am

    Benar atau gak benerr…
    lebih aman mengkonsumsi makanan yg berasal dari bahan organik aja deh.. :)) racun udh ada dimana2 hmpir di setiap makanan yg sering
    temukan saat ini..

  69. 72 hariadhi 11 Mei, 2009 pukul 11:01 am

    Itu preferensi masing-masing orang, Mas.😉 Tidak bisa saya belokkan atau saya larang. Mau makanan organik, non organik, atau kemasan, monggo…

    Makanan kemasan bagus karena justru menghindarkan kita dari rasa khawatir atas basinya makanan. Cukup konsumsi sebelum tanggal kedaluarsa, maka kita ga perlu was-was, ga perlu cium-cium dulu sebelum makan. Kalau sengaja dimakan setelah masa kedaluarsa ya jelaslah sakit perut. Wong makan kacang goreng basi pun bisa koit karena aflatoxin kok….

    Makanan organik bagus karena kita tahu persis apa isinya. Kita tahu pasti bahwa di sana ga ada racun macam-macam. Tapi ya itu.. kita ga pernah tahu itu makanan udah basi apa belum, nempel bakteri apa ga, masih enak rasanya atau ga, ada uletnya atau ga. Harus cium-cium dulu sebelum makan. Itu pun bukan ukuran pasti bahwa di sana ga ada bakteri yang bisa bikin kita diare atau muntaber.

    Jadi makanlah apa saja yang sampeyan pengen makan. Yang penting sesuai aturan.

  70. 73 agree tarigan 11 Mei, 2009 pukul 11:50 am

    Bung hariadhi…

    Nice work u done there….. no worries man… gw salut ma lo…cuma ya selamat membersihkan dan sing sabar… hihihi…boleh juga neh ketemu dan diskusi soal hoax2 ini.

    Regards

    Agree tarigan

  71. 74 hariadhi 11 Mei, 2009 pukul 11:53 am

    silakan.. add yim aja dengan nama yang sama

  72. 75 Billy Koesoemadinata 11 Mei, 2009 pukul 12:14 pm

    kalo misal emang beracun, pasti udah ada yang kena dampak-nya kan? sosro kan udah merek dari jadul punya..

  73. 76 dekan 11 Mei, 2009 pukul 2:25 pm

    dari dulu memang saya nga minum teh. tapi berhubung udah nyebar di sebuah milis kesehatan yang saya ikuti, jadi kepancing juga untuk cari tahu yang sebenarnya.

  74. 77 Naijan 11 Mei, 2009 pukul 5:30 pm

    Wah, saya malah terinspirasi nih. Terima kasih Mas Hariadhi. Anda sudah memberikan saya ide baru, hehehe..

    Salam

  75. 78 flash 11 Mei, 2009 pukul 6:12 pm

    karena sedang membahas minuman dalam kemasan, minuman dalam kemasan seperti teh (apapun mereknya), atau susu, baik dalam kotak, botl, ataupun kaleng,sebenarnya mengandung pengawet apa tidak yah ? logika sederhananya begini, kalau kita buat minuamn th atau susu, cukup 1 gelas, paling lama tahan 1 hari (24 jam), kadang malah kurang, minuman tersebut sudah basi.pagi dibuatm, sore sudah rusak.artinya tidak tahan lama. tapi mengapa minuman kemasan bisa tahan lama sampai berbulan-bulan ? apakah hanya karena kemasannya sangat rapat, tidak ber-interaksi dengan oksigen, sehingga minuman tersebut jadi lebih awet?

  76. 79 jipajip 12 Mei, 2009 pukul 12:25 am

    kok gak di jelasin sih gan tentang pengaruh hoax tadi terhadap peningkatan sales teh botol sosro!!

    kalo efektif kan bisa di contoh
    hehehe…

  77. 80 rivon8 12 Mei, 2009 pukul 12:28 am

    Mas Har aku dah kadung nulis di blog aku, tapi aku dah minta maaf ke manajemen Teh Botol Sosro melalui situsnya, sekalian saya lakukan klarifikasi terhadap blok aku sendiri. Dah aman yang penting aku di maapin, dan sarannya seperti yang sudah disampaikan bahwa jangan buang paku sembarangan.

  78. 81 hariadhi 12 Mei, 2009 pukul 12:39 am

    @jipajip

    Diminta aja datanya ke sosro. Saya ga jamin naik. Namanya juga cuma eksperimen, bisa hasilnya bagus atau malah jelek..

    Kalau lihat di tanggapan di blog ini saya liat orang-orang cinta semua sama teh botol sosro. Ada banyak yang marahin saya, tapi itu bukti kalau dia ga rela teh botol dijelek-jelekin. Jadi saya pun ga akan marah balik. Ada satu atau dua mentestimoni makanan alami, tapi itu juga dengan motif jualan.

    Kalau tanggapan di mailing list, wallahualam.

    @rivon8
    🙂

  79. 82 hariadhi 12 Mei, 2009 pukul 12:45 am

    @flash

    bisa karena pengawet.. atau memang kemasannya yang bagus. Benar-benar kedap kuman dan dipanaskan terlebih dahulu.

    Ini ngomongin tetrapack ala susu UHT kan?

    Ngukurnya harus adil dooong… Kalau itu susu kemasan, kemasannya harus dibuka dulu. Kalau itu teh botol, penutupnya buka dulu. Baru dibandingin sama minuman non kemasan.

    Kalau ga dibuka ya sama aja boong. Ngebandinginnya ga adil. Satu makanan dibiarin kena udara terbuka, makanan lain ditutup rapat dimasukin kulkas.

  80. 83 Manda 12 Mei, 2009 pukul 7:19 am

    Hmmm… saya ngerti maksudnya.. Lucu juga, mau berdiskusi ttg DHMO. Awalnya hampir nyangka itu senyawa kimia berbahaya, tapi setelah diteliti lagi namanya. ternyata H2O alias air. hahahaha… dasar.. ada-ada saja

  81. 84 ngawur widjaja 12 Mei, 2009 pukul 1:21 pm

    memang beracun, soalnya tiap hari saya minum. jadi meracuni kantong saya…lol

  82. 85 4thn4antri4di4bank4btn 12 Mei, 2009 pukul 3:25 pm

    weleh2,.. idenya top banget,… dan terbukti sebagian besar kita terkecoh,… so,..minum lg teh botol sosro ah,….
    berita seperti ini pernah mampir ke email saya mengenai salah satu situs “baik” yang yg memuat gambar porno,… nah kita sebagai salah satu penggemar situs ini jadi penasaran, akhirnya emang tidak terbukti situs itu memuat gambar porno, malah menjadikan promosi gratis hehehehe

  83. 86 Alex l. Setiawan 12 Mei, 2009 pukul 3:55 pm

    ayo ayo … fans berat teh botol sosro ..kita lanjut kan minum2nya.. hoax hanya bisa terjadi kalo minumnya seember sekaligus..hoax hoax hahahah…

  84. 88 galih 12 Mei, 2009 pukul 5:06 pm

    sesuatu yang kontroversial emang muantab…
    ambil bagusnya aja…

    kan jadi banyak pengunjung yang datang…
    heheheheheh!

  85. 89 kibod 12 Mei, 2009 pukul 5:41 pm

    mas, kalau butuh keyboard yang lebih empuk buat njawab hujatan beli aja yang merek A4tech,enak lho….barangkali keyboardnya jebol karena jadi sasaran pelampiasan….WAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKKAKAKAK….

    Udahlah mas, siapa menabur angin akan menuai badai. Tapi percayalah bahwa BAdai pasti berlalu, untuk kemudian datang lagi setelah kita taburi angin…

  86. 90 sansan 12 Mei, 2009 pukul 7:18 pm

    wah ternyata hoax juga bisa menjadi booster suatu produk yah
    idenya keren euy;)

  87. 92 wl 12 Mei, 2009 pukul 9:34 pm

    mas har, kalau menurut saya sebaiknya kalau mas memang mau membuat hoax, di artikelnya dicantumkan besar2 kalau ini adalah hoax sehingga bila terjadi sesuatu anda tidak akan disalahkan… dengan tentunya minta izin dulu dengan moderator… karena hal ini tentu sudah berdampak pada secara meluas teh botol sosro walaupun anda sudah meminta maaf… karena tidak setiap hari orang membuka email… atau milis atau apapun itu.. penyebaran dari 1 orang yang membaca terus langsung mulut ke mulut ke orang yang tidak up to date dengan berita di internet juga hebat… untungnya teh botol sosro tidak meminta anda untuk meminta maaf secara langsung melalui media koran karena itu akan memakan biaya besar atau bahkan menuntut anda… dan mengenai pembahasan apa hydro itu adalah air saya rasa tidak semua orang juga tahu… anyway pembahasan anda soal hoax tampaknya berhasil tuh soalnya banyak yang kasih sentimen…

  88. 93 Arya 12 Mei, 2009 pukul 11:16 pm

    Kenapa repot. Dari dulu saya minum ga ada masalah.Itu cuma tulisan orang yang milis nya ingin rame saja.

  89. 94 Ronggowarsito 12 Mei, 2009 pukul 11:59 pm

    Sepertinya sdr. Hariadhi harus diproses secara hukum, karena secara sengaja melakukan fitnah, menimbulkan kepanikkan serta memberikan informasi yang menyesatkan tanpa dilengkapi pembuktian ilmiah yang memadai, hany berdasarkan asumsi yang tidak realistsi. Pendapat atau opini bisa saja diterima tentunya didasarkan atas asumsi sebagai batasan atas pembuktian ilmiah. Penyebaran berita bohong, fitnah tanpa tujuan yang jelas bukan saja memberikan opini negative tetapi bagaimana kalau mempunyai efek sosial seperti PHK karena masyarakat termakan asumsi. Siapapun bisa berasumsi, misalkan bicara dan bertatap muka secara langsung dengan Hariadhi dapat menyebabkan kematian, asumsinya Hariadhi terkontaminasi flu Babi, mengindap paru-paru basah dan masih dalam perawatan intensif AIDS. Kita bisa saja bilang, ini hanya sebagai bahan diskusi internal.

  90. 95 hariadhi 13 Mei, 2009 pukul 1:07 am

    sockpuppet dari IP address yang sama dan berusaha ngespam comment yang sama di dua thread sekaligus.

  91. 96 Ex Polisi 13 Mei, 2009 pukul 4:41 am

    Khabarnya anda di cari di pihak Kepolisian, ini sudah ada gugatannya yang di ajukan pihak Teh Sosro

  92. 97 adit_haha 13 Mei, 2009 pukul 9:53 am

    yg salah itu yg nyebarin. Bego amat sih hoax dipercaya. makanya klo liat internet jgn gampang percaya. jelas2 ditulis dihidrogen monoksida (H2O), masa gitu aja ga tau, bego banget. ga pernah sekolah yah.

    Untuk hariadhi, ditunggu hasil risetnya di jurnal ilmiah..
    wkwkwkwk

  93. 98 wied 13 Mei, 2009 pukul 9:58 am

    Duh tuh hoax sempat bikin saya kaget dan memutuskan beralih ke fruitea.. hehe

  94. 100 kriwil 13 Mei, 2009 pukul 1:14 pm

    Mas, lain kali kalo mau bikin eksperimen ya diperhatikan variabel yang lain. Begini nih mas, misalnya mas nyebar paku di jalan jendral sudirman buat ngukur pemuaian paku. Meskipun dikasih papan pengumuman kan tetep membahayakan pengguna jalan yang tidak semuanya melihat papan pengumuman. Lebih baik kalo mas ngukur pemuaian pakunya di aspal carport rumah mas aja, dijamin lebih aman, kalaupun ada yang ga sengaja kena paku paling keluarga atau temen mas hariadhi sendiri yang tentunya gampang untuk dibereskan masalahnya.

    Walaupun nasi dah jadi bubur, tapi sekedar usul nih mas. Kenapa mas gak bikin nama produknya ngaco aja toh mas juga bikin nama dokter dan rumah sakitnya ngaco juga kan. Bisa teh botol Sosrobau, Teh botol Sostrong, atau apalah yang penting jelas2 beda. Jadi kalo ada anggota milis yang membocorkan ke umum dan mengganti nama palsu itu menjadi teh botol sosro lagi tentunya orang itu yang bener2 usil dan tidak bertanggung jawab.

    Tapi tengkyu mas, saya jadi tau istilah hoax artinya apa. ini kasus mirip caddy cantik Rani Juliani yang membuat saya mengenla istilah untuk profesi caddy itu. Wakakkakakak

  95. 101 Jennifer VW 13 Mei, 2009 pukul 2:01 pm

    Waktu awal dapet email itu sih uda nebak2 ini HOAX apa bukan, soalnya saya jg sering minum teh botol ga kenapa2 tuh hehehe…
    akhirnya saya coba search di google ttg DIHIDROGEN MONOKSIDA, dan keluarlah pernyataan kalo itu adalah H2O yang artinya AIR. Ga cuma sampe situ aja, saya jg tanya2 sama temen2 yg ahli kimia, mereka jg bilang kalo itu H2O alias AIR.. haha ya iyalah, buat teh pasti butuh air =p… jadi udah jelas kalo berita itu cuma HOAX, tapi sempet terlintas dipikiran sih kalo yg buat berita itu iseng banget =D dan sangat memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat tentang istilah2 kimia hehehehe..

    anyway mesti kasi applouse buat HARIADHI yang sudah berani mengakui dan menjelaskan bahwa berita ini tidak benar.

  96. 102 hariadhi 13 Mei, 2009 pukul 2:04 pm

    @kriwil

    mungkin lebih baik begitu. terima kasih buat kritikannya. Sekarang ini kalau bikin contoh eksperimen saya sudah pakai nama sendiri sebagai produk. LIhat aja di CCInya.

  97. 103 hariadhi 13 Mei, 2009 pukul 3:45 pm

    Siapapun bisa berasumsi, misalkan bicara dan bertatap muka secara langsung dengan Hariadhi dapat menyebabkan kematian, asumsinya Hariadhi terkontaminasi flu Babi, mengindap paru-paru basah dan masih dalam perawatan intensif AIDS. Kita bisa saja bilang, ini hanya sebagai bahan diskusi internal.

    Saya akan memakai pendekatan yang sama seperti Sosro. Saya ga akan cape-cape marah sama sampeyan hanya karena membuat kalimat seperti itu.

    Terima kasih.

  98. 104 g o b e r 13 Mei, 2009 pukul 8:49 pm

    Huahahahahhaaha…. Iklan gratis walaupun nadanya negatif… cuman kayaknya enggak berpengaruh positif terhadap minat mengkonsumsi produknya. ya cuman produknya jadi lebih terkenal gitu aja. tapi lebih terkenal kan juga tujuan marketing. ya kan ya kan ya kan ? Kan? Kan? kan? Hehehe…

  99. 105 faris! 13 Mei, 2009 pukul 8:53 pm

    wayolo mmerugikan berapakah itu , yeadhi

  100. 106 painfulboy 13 Mei, 2009 pukul 11:14 pm

    ini semua strategi pemasaran aj kali ahh..
    bisa aj nih ‘sosro’.hehee…
    btw,biar orang2 lebih percaya klo emg ga knp2,,boleh dong
    kirim 10krat ke rumah saya.atw bagi2 gratis gt ke semuanya.hahaha…

  101. 107 horas 14 Mei, 2009 pukul 2:35 am

    ayo kita mbil makna dari semua ini.
    trimakasih bwt smua yg tidak gampang termakan isu murahan

    jaya selalu sosro
    jaya selalu produk Indonesia

    proud of you

  102. 108 Dollarman 14 Mei, 2009 pukul 5:13 am

    Wah gitu ya…saya smpat tkut jg, krn saya suka yang namanya teh dan klo mkan ke warung pake sosro minumnya…..trnyt ga bener…🙂

  103. 109 Fitri 14 Mei, 2009 pukul 8:26 am

    Menurut saya, terpikirkan mengiklankan sesutu dengan cara negatif saja sudah aneh karena kelak ketika ada orang yang memberitakan berita negatif ttg suatu produk padahal itu adalah fakta, orang2 sudah keburu kebal dengan pemberitaan negatif seperti itu & menganggapnya hoax.

  104. 110 aramis 14 Mei, 2009 pukul 10:43 am

    hebatnya hoax + pembaca yg tidak arif = kacau

    hahahaha… mas har santai aja dgn segala sindiran yg dilontarkan, saya berpendapat klo milis CCI itu sudah seperti carport, tp ada org yg melanggar netiquette disitu (mungkin karena panik).

    bahas hoax ga akan pernah ada habisnya (recursive) sama seperti hoax itu sendiri yg ga pernah mati selama masih ada pembaca yg tidak arif. Btw Selamat yah hitnya naik😀

  105. 111 bayu 14 Mei, 2009 pukul 3:03 pm

    Saya orangnya paling benci dengan namanya spam. email2 kayak gini saya anggap sebagai spam.

    Pokoknya kalo ada email yang menurut anda meresahkan, jangan di forward lagi kalo ada yang minta untuk forward. Pastikan kebenaran email tersebut, sebelum anda me- forwardnya.

    Lebih baik anda sendiri yang resah dari pada meresahkan orang lain hanya karena me-forward email yang bersifat “SPAM”

  106. 112 kota-mati 14 Mei, 2009 pukul 6:32 pm

    Saluutt to Mas Hariadhi for Good Think & Good Idea ! Saya sempat terima dan baca email hoax anda di dalam inbox gmail saya. dan sy tidak akan memforwardnya. karena saya tahu . manusia itu gampang di sugesti. sebelum nya sy langsung cari tahu informasi mengenai DHMO di seluruh jagad internet. tapi itu AMAN !

    Yang saya salut in adalah konsep anda untuk membesar sebuah hoax dan memasukkan nya kedalam topik experimen anda. sungguh mental yang cukup berani dengan mengambil salah satu produk raksasa (market leader) di negara kita ini.

    tapi kenapa dampak dalam penyebaran hoax ini sangat cepat berkembang dan menjalar. apa iya sebesar ini pengaruh suggest internet & berita tak bertuan lainnya mempengaruhi emosional pribadi manusia di negara kita ini ?

    1 pelajaran yg sy ambil. hati2 dalam bertindak. bijaksanalah kita berpikir bukan berpikir lah kita bijaksana. Hati2 terhadap orang2 disekitar kita yang ingin mengambil kesempatan dalam kesempitan (terutama anggota forum anda yang ingin mencari pamor) ..
    Salam Hoax !!! kekekekekek

  107. 113 Anonim 14 Mei, 2009 pukul 7:40 pm

    komen opo yo??

    wah, mas hariadhi nih keren….
    saya nggak nyangka kalo orang marketing itu wawasannya melebihi ahli di pabriknya. maksudnya, ngerti pelesetan kyk gini (kyk dihidrogen monoksida).

    (ini pujian loh,)

    saya malah nggak tau ada hoax seperti ini. Emailnya seperti apa ,saya nggak tau. ngertinya baru kemaren ada berita di detik kalo teh sosro jadi korban hoax saat akan mengklarifikasi klo ada email hoax (bukan tentang teh botol).

    so, dari kemaren iseng2 nakutin teman2 tentang nasi goreng yang dibungkus dengan plastik dan terpapar sinar matahari selama seharian akan menimbulkan reaksi dan mengeluarkan embun dihidrogen monoksida (sembari menakut2in bahwa dihidrogen monoksida itu berbahaya banget…) hehehhee,,,,

    FYI, temen2 mahasiswa ga semuanya langsung “ngeh” (paham) bahwa dihidrogen monoksida sebenarnya adalah H2O. (saat bercanda ttg nasi goreng tadi).

    overall, mas hariadhi keren banget deh…

    salam kenal mas.

  108. 114 djoko 14 Mei, 2009 pukul 7:46 pm

    sorry mas,, tadi aku kira aku masuk log, ternyata udah keluar,,
    maaf repost,,

  109. 115 Kodok Terbang Jawa 15 Mei, 2009 pukul 8:46 am

    Kacau dah…..
    Mau hoax yang lebih heboh lagi, gabung aja Yahoo Answer Indonesia Agama dan Kepercayaan.

    Lanjut…………..

  110. 116 arekteknikundar 15 Mei, 2009 pukul 11:03 am

    Cari fakta dulu sebelum menvonis..
    salut mas…

  111. 117 irvan 15 Mei, 2009 pukul 11:06 am

    wah seru nih…
    at least bisa se indo bakal komplain ke mas hariadhi…
    hihihi… tujuan dari discus CCI nya sih bagus..

    tapi sikap manusia di indo yang baru dapet berita(via email) tampa mempelajari kontent email langsung forward harus disikapi…

    tapi salute buat yang nyebar berita (bukan Anda bung Hariadhi) berani membuat gempar hahaha…

    mantaf…

    Rgrds
    irvan

  112. 118 lang2 15 Mei, 2009 pukul 2:50 pm

    hahaha…
    pemikiran yang bagus…
    untung aja yg bkin isu masih bijaksana..
    yg bkin org “pinter” ketipu adalah
    “acid” ny kali y…air kn pH ny 7 (*rata2)..
    hahaha..tp ini ok bgt…

  113. 119 Adhi 18 Mei, 2009 pukul 1:59 pm

    Use in case of Emergency, Gunakan HANYA di saat darurat, Pecahkan Kaca dan Nyalakan Alarm JIKA ada kebakaran, HATI-HATI, WASPADALAH, HINDARI dst. Kita sering melihat instruksi2 sejenis yang memberitahukan penggunaan tanda bahaya, prosedur untuk menghindari bahaya maupun penyelamatan diri dengan warna mencolok dan kata2 yang membuat orang alert dan bahkan masuk ke situasi ‘flee or fight’.

    Hingga saat ini hoax yg usianya sudah >10 tahun pun masih rajin beredar di antara para pengguna internet, jadi sudah amat jelas, apa yg mau dibuktikan lagi?

    Bayangkan kalau orang sudah terbiasa dgn penggunaan sirine u/ iklan, maka ketika sirine bahaya benar2 dibunyikan, tiada seorang pun yg berusaha menyelamatkan diri. Dimana etikanya?

    Sampoerna, tanpa menggunakan gambar rokok pun bisa menanamkan image di benak orang sedemikian kuatnya, menggunakan hoax (memanfaatkan reaksi flee or fight manusia) u/ iklan sungguh tidak kreatif.

    Lagipula, kalau memang anda mau buat percobaan, lakukanlah di tempat yg benar2 anda punya full control. Apakah bakteri yg berpotensi membahayakan manusia diteliti dan diuji coba dalam lab yang sama untuk meneliti bakteri prebiotik ? Apakah cukup dengan memberi warning saja ? Sementara anda tidak punya kontrol apapun di lab tsb kecuali cuma sebagai salah satu penggunanya.

    Menurut saya, anda bertanggung jawab PENUH atas dampak hoax teh botol tsb, baik karena anda yg membuat maupun memilih tempat yg salah u/ mengirimkannya. Akibatnya, yang tampak adalah percobaan yang ceroboh, tidak etis dan tidak kreatif.

  114. 120 imung 26 Mei, 2009 pukul 12:32 pm

    idenya bagus mas har! hal negatif apabila disikapi dengan bijak banyak hal yang bisa kita dapat dari sana.
    kalau tidak ada isu ini kapan saya tau kalo hydrolixid acid itu nama lain air. (bener gak tulisannya)
    sebenarnya menurut saya hoax ini kalo dimanfaatkan secara cerdik oleh sosro bisa membalikkan kerugian menjadi keuntungan, lho! ide beriklan baru dan gratisan (eh nggak ya!). udah dilakukan belom? aku gak pernah nonton tv.
    isu ini baru saja masuk ke salah satu milis yang saya ikuti. tp tyt alhamdulillah teman2 di milis cukup bijak menyikapinya. gak telan mentah2. padahal itu sepertinya masih mjd problem akut indonesia. malas mengoptimalkan kinerja otak.
    nah kalo merujuk ke ‘malas’ itu kira2 ide hoax ini masih efektif untuk beriklan gak ya? another negative thinking😦

  115. 121 darwin 5 Juni, 2009 pukul 7:43 am

    Saya sebenarnya kaget juga setelah nerima email tentang sosro, saat itu saya ingin nerusin email tersebut ke teman-teman, dengan alasan agar saya bisa mencegah orang lain kena dampaknya, tapi terus niat itu saya urungkan karena belum ada penjelasan resmi dari badan POM, kasian kan Pabrik Teh Sosronya disana banyak tenaga kerja. Tapi yang jelas saya secara pribadi masih ragu karena penjelasan saudara hariadi hanya bersifat menjelaskan bahwa itu HOAX tanpa ada penjelasan substansi tentang hasil penelitian bahwa teh Sosro memang tidak berbahaya, jadi sebaiknya supaya clear baik teh sosro maupun konsumennya tidak dirugikan sebaiknya ada penjelasan resmi oleh produsen teh Sosro yang didukung oleh fakta hasil riset/penelitian yang independen.Terima kasih semoga kita semua bijak agar tidak ada yang dirugikan

  116. 122 hariadhi 5 Juni, 2009 pukul 10:39 am

    Mas, hydroxylic acid itu berita salah. Jadi ga perlu ada penelitian ilmiah segala untuk membuktikan teh botol beracun atau tidak.

    Informasi dan pembuktiannya semua ada di internet, mas bisa search sendiri. Di tulisan-tulisan saya setelah klarifikasi ini sudah ada penjelasan apa itu hydroxylic acid yang diributkan.

    Sudah ya….

  117. 123 sakurazaki90 7 Juni, 2009 pukul 12:54 pm

    Kalo minum sosro 5x sehari palingan bakal kencing manis (karena manisnya :D)

  118. 124 Dermawan 8 Juni, 2009 pukul 4:47 pm

    ah saya udah lebih dari 1 tahun menkonsumsi teh botol sosro g ada masalah kok… jangan takut, itu hanya politik permainan bisnis

  119. 125 av03 23 Juni, 2009 pukul 11:07 pm

    Hoax eksperimen yang tersebar sebenarnya salah satu pembuktian nyata terhadap kurangnya kesadaran konsumen-konsumen Indonesia untuk mencari tahu dan melihat fakta tapi lebih cenderung lebih memilih bergosip dan walhasil hoax ini sangat sukses tersebar.

    Sebenarnya hoax ini terbukti efisien dan efektif untuk menunjukkan bahwa kita sebagai masyarakat Indonesia kurang dapat bersikap dewasa dalam menyaring informasi-informasi yang beredar di internet, dan ketika terjadi hoax (yang ini bagusnya karena penulis mengakui dirinya sebagai pembuat hoax dan kronologis tersebarnya hoax tersebut) tetapi bila hoax dibuat pesaing-pesaing dari luar negeri dengan tingkat kebohongan yang lebih menyakinkan (tidak menggunakan nama kimia air, tetapi menggunakan nama kimia yang betul-betul berbahaya), maka kesadaran kita sebagai konsumen untuk lebih kritis dan bukannya seperti anak kecil yang memaki, atau flaming, ataupun menimpakan kesalahan. CObalah ambil nilai positif dari hoax eksperimen ini.

    Selain itu perusahaan-perusahaan di Indonesia, harusnya membuka mata lebar-lebar dan menyiapkan antisipasi terhadapa berita-berita hoax dengan sigap, sehingga mereka tetap dapat menangkal kehilangan pelanggan karena hoax yang bisa saja disebarkan oleh pesaing asing ataupun lokal.

  120. 126 Avigayil 2 Juli, 2009 pukul 12:00 pm

    Saya ada beberapa komentar mengenai hal ini:

    1. Saya menerima hoax ini lebih dari satu kali di mailing list yang sama, seringkali dikirim oleh orang yang hanya doyan memforward email orang lain tanpa membaca baik-baik.

    2. Kenyataan bahwa bahkan salah satu anggota mailing list yang tahu bahwa itu diskusi tertutup dan tahu bahwa tulisan itu hanya rekayasa dalam rangka membahas marketing ataupun penyebaran pesan (negatif maupun positif) melalui hoax, masih tetap saja menyebarluaskan email tersebut tanpa menyediakan latar belakang penulisan email itu menjadi indikasi tentang betapa banyaknya speed reader maupun orang-orang yang mudah disuap informasi. Saya menulis sedikit mengenai hal ini di blog saya http://avigayildamm.com/2006/01/voluntary-hoax-victims/

    3. Walaupun sudah menerima email ini beberapa kali, hal ini tidak menghentikan saya dari mengkonsumsi Teh Botol. Selayaknya iklan mereka, apapun makanannya, minumnya Teh Botol!😀 Soalnya, saya tidak mau menelan mentah-mentah informasi dari orang apalagi kalau datang dalam bentuk mass email dan chain mails. (Tambah lagi, karena Teh Botol Sosro adalah salah satu minuman favorit saya). Saya selalu berkonsultasi dengan Mbah Google. Coba saja cari “hydroxylic acid” di situs pencarian Google, post blog Mas ini urutan ke-4 loh! Congrats by the way soalnya trafficnya jadi tinggi. Alexa rank-nya detik ini di bilangan lima ratus ribu.😀

  121. 127 dira 2 Juli, 2009 pukul 1:24 pm

    Sabar mas hariadhi. Sy yakin mas hariadhi juga belajar banyak dari kejadian ini. tetep berkreasi.

    Salam.

  122. 128 Rindu 2 Juli, 2009 pukul 2:03 pm

    Telp gue anytime yah … kita cerita cerita lagi tentang bakso dan teh bootol🙂

  123. 129 Remba 2 Juli, 2009 pukul 3:47 pm

    Sebagai penutup, saya MEMINTA MAAF kepada tim marketing teh botol sosro beserta jajaran Public Relationnya karena menambah kerjaan mereka untuk membantah hoax ini. Seperti saya ungkapkan di atas, hoax ini sebenarnya hanya untuk bahan diskusi, dan saya SUDAH MEMINTA anggota CCI untuk tidak memforward beritanya kepada siapapun.

  124. 130 pinter 3 Juli, 2009 pukul 11:24 pm

    orang indonesia suka bertindak melulu… suka merasa sendiri yg bener…

    andai kata hariyadi tidak dituntut oleh sosro, apakah akan bermati-matian menyetop dan menghalang hoax itu?

    bosen deh ama ego kalian…

  125. 131 stipjop 3 Juli, 2009 pukul 11:27 pm

    yah ini hoax mah gak orisinil….

  126. 132 Kadek Bagus 4 Juli, 2009 pukul 2:23 pm

    mantabs…LanjutGAN !!! eh salah lanjutkan !!!

  127. 133 yudiearu 5 Juli, 2009 pukul 10:29 pm

    ternyata web sebagai pemasaran (new wave marketing) benar-benar ampuh ^^

  128. 134 andrew 7 Juli, 2009 pukul 10:18 am

    bagus juga anda bertanggung jawab dengan apa yang anda lakukan.
    he he he

  129. 135 anDRI 16 Juli, 2009 pukul 4:36 am

    Seru Juga Hoax nya ………

  130. 136 saya 20 November, 2009 pukul 3:20 pm

    hmm lagian itu H2O anak SMA jg tau itu lucu2an

  131. 137 Anonim 1 Desember, 2009 pukul 8:43 pm

    Hoax kaya gini bisa menimbulkan keresahan….tidak mudah memulihkan ‘image’ dibandingkan menghancurkannya….Terutama bagi perusahaan swasta….sangat sulit untuk membangun citra…..

    Masyarakat kita majemuk ada yang kritis dan ada yang tidak kritis,tidak bisa menyalahkan masyarakat yang tidak kritis ini karena info ngawur yang diterimanya….pembuat infolah sebaiknya memikirkan baik2 info itu sebelum menyebarkannya….

    Selain menimbulkan keresahan dapat mengganggu kehidupan banyak orang,coba hitung berapa banyak karyawan sosro dan anggota keluarga yang harus dihidupi……

    Segala bentuk hujatan dll. merupakan konsekuensi logis dari orang – orang yang merasa dirugikan atau terpedaya….

  132. 138 Nasikgiga 12 Februari, 2010 pukul 12:48 pm

    saya lebih suka minum air putih….thank smuanya..salam kenal

  133. 139 Angela 25 Juni, 2010 pukul 8:17 pm

    waduh…
    ampir aj ketipu…😀
    hehehe…
    tp kasih 4 jempol d krn udh gentleman bgt mau ngakuin smuanya dihadapan publik…
    krn klo smpe brita ini bener…
    ak bs mate krn nahan g minum teh botol untuk slamanya T_T
    penggemar berat bgt soalnya >.<
    ak lg cr berita ttg bahaya teh botol sosro klo minumnya tiap hr bgt, dan lebih dr 2 btl 1 hr…
    tiba" nemu berita "Hoax" itu… O.o sempet shock! tp untung itu boonk y🙂
    well, lanjutin minum ah… tp te"p berupaya untuk nahan kecanduan "teh botol sosro" T_T
    Apapun beritanya, minumnya teh botol sosro…😀 hahaha

  134. 140 JOJO 30 Juli, 2010 pukul 11:30 pm

    Haha…silahkan menikmati minuman kesukaan anda…pasti kalian kan menyesal…hahahahha

  135. 141 rahmat 21 Oktober, 2010 pukul 7:24 pm

    menurut saya…
    kalo yang tau ilmiahnya AIR ya… tidak masalah
    Kalo yang ngga tau….???
    next walaupun buat hoax silakan dipikirkan dampak terburuknya… bukan hanya dampak baiknya… walau itu buat suatu eksperimen
    tk

  136. 142 binyo ney 1 November, 2010 pukul 4:13 pm

    ijin copas gan..

  137. 143 Gale Komatsu 12 November, 2010 pukul 7:03 am

    With all the blogs out there with material on them with a ton of junk it’s nice to find a blog whose admin takes the time to develop good information. Appreciate for the good post.

  138. 144 jefri pulik 3 Agustus, 2011 pukul 1:54 am

    Orang bodoh jangan dibodoh bodohin mas. Mbok ya kalo cari rejeki lewat yang halal aja. Gunakan kelebihan kita untuk kemaslahatan bersama, bukan malah menimbulkan keresahan di masyarakat.

  139. 145 Leonard Wellington 29 Agustus, 2011 pukul 11:50 pm

    This is certainly hence inspiring and there is no breakdown so if you attempt. If you locate out of your failures you’ve not was unable in any way. Thanks for telling people which will life’s capricious nevertheless if you on-line massage therapy schools your own knowledge and trying your are on the right course. I adore your site! I have bad however i don’t replicate exactly the same problems along with fearfulness seriously isn’t a choice if you find yourself scheming to make it all though existence. Go for your brand-new aspirations and you will then allow it to be a long way you are very powered to never.

  140. 146 murrayllp.com 19 Februari, 2013 pukul 5:48 am

    Hello, I just stopped by to check out this place.
    It appears really full of great content and I enjoyed viewing it,
    thank you for the helpful post!


  1. 1 Dari Pihak Teh Botol Sosro « Hariadhi Lacak balik pada 7 Mei, 2009 pukul 10:45 pm
  2. 2 Top Posts « WordPress.com Lacak balik pada 9 Mei, 2009 pukul 7:24 am
  3. 3 Waspada, Teh Botol Sosro Racunnya Teh « Pamangober’s …:::Bring My Knowledge With You:::… Lacak balik pada 9 Mei, 2009 pukul 8:16 am
  4. 4 Teh Botol Sosro Ternyata Tidak Mengandung Racun | Awal dari sebuah langkah kecil menuju kesuksesan Lacak balik pada 11 Mei, 2009 pukul 10:08 pm
  5. 5 Klarifikasi Teh Botol Sosro Mengenai HOAX Hydroxilic Acid.. « -CessationCesar- Lacak balik pada 13 Mei, 2009 pukul 3:42 pm
  6. 6 Kasus Tehbotol Sosro « Boongan Tuh! Lacak balik pada 15 Mei, 2009 pukul 12:50 pm
  7. 7 Teh botol Sosor, berbahayakah ? | ADAbisnis.com Lacak balik pada 21 Mei, 2009 pukul 4:47 am
  8. 8 Kisah pilu seorang Prita Mulyasari « Me, myself and I Lacak balik pada 2 Juni, 2009 pukul 1:12 pm
  9. 9 Teh Botol Sosro Beracun?! « benarnggak Lacak balik pada 11 Agustus, 2011 pukul 11:50 am
  10. 10 Hoax Teh Botol Sosro & Social Media Safety - Maverick Indonesia Lacak balik pada 8 Juli, 2016 pukul 5:33 am

Tinggalkan Balasan

Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

