Archive for the 'wikipedia' Category

Mengapa Wikipedia Tidak Komersial

Banyak yang heran mengapa Wikipedia tidak memasang iklan saja untuk menyambung hidupnya. (lagi-lagi balik ke isu bangkrut yang diciptakan situs berita yang satu itu). Saya pernah baca penjelasannya di Wikipedia Bahasa Inggris, tapi agak lupa.

Secara garis besarnya sih begini:

1. Wikipedia berada di bawah Wikimedia Foundation, yang sebenarnya adalah organisasi nirlaba.

Tapi organisasi nirlaba sendiri butuh biaya operasional kan, Har? Oh.. benar, tapi jawabannya bisa dilihat ke poin berikutnya;

2. Wikimedia mengadakan penghimpunan dana setiap tahun. Untuk tahun 2005 kalau ga salah total sumbangannya sampai 1 juta dollar. (sedap ga? :mrgreen: ). Jadi buat apa lagi ada iklan?

3. Kalau sekedar cari duit buat pribadi, Jimmy Wales, pendiri wikipedia, juga punya unit usaha komersial, yaitu Wikia dengan produk yang bernama sama, Wikia.org. Berbeda dengan Wikipedia, situs ini memasang iklan dan kontennya diserahkan ke masing-masing pemakai. Benar-benar komersial. Saya tidak tahu penggunaannya, tapi setahu saya tiap pengguna bisa membuat wikianya sendiri-sendiri. (salah satunya bisa lihat tolololpedia, situs wikipedia buat lucu-lucuan).

4. Dan yang terpenting, dengan membebaskan diri dari iklan, wikipedia bisa bebas dari tudingan pihak yang tidak bertanggung jawab (pembuat berita, maybe?) bahwa isi situsnya dipengaruhi kepentingan pemilik modal.

Saya tidak bisa buktikan poin-poin di atas secara detail. Semua hanya berdasarkan ingatan. Kalau mau keterangan resminya silakan kunjungi situs Wikimedia Foundation.

Iklan

Wikipedia Jadi Pelampiasan?

Saya tidak ingin melarang orang membenci apa pun. Itu hak masing-masing. Tapi akan sangat menyedihkan kalau wikipedia selalu jadi tempat pelampiasan emosi setiap kali ada peristiwa kontroversial. Malaysia punya kasus, lalu Wikipedia Bahasa Melayu dirusak. Lagu Indonesia Raya berkasus, artikel Indonesia Raya dirusak.

Terakhir adalah perusakan artikel Roy Suryo. Hanya karena sang pakarâ„¢ belakangan banyak berulah, lagi-lagi wikipedia yang jadi korban.

Lanjutkan membaca ‘Wikipedia Jadi Pelampiasan?’

Hahaha

Jadi bagaimana? Sudah seminggu komeng pedas saya di sana, tak ada keberanian mengapprove. Membedakan fakta-fakta dengan opini saja emoh, apalagi kalau nanti meminta maaf?

Lah yang diloloskan malah komeng-komeng seperti ini:

Azmi, Tutup aja sekalian, Nabi2 dalem Islam dan Kristen kok digabung sih?

joko, bagi siapa saja yang membaca artikel ini, tolong!! bantulah… itu PERPUSTAKAAN bagi yang tidak mampu seperti saya…

bakaSHINJI, Gw juga baru nyadar kalo hidup gw udah sangat2 tergantung sama GOOGLE + WIKIPEDIA.

Lanjutkan membaca ‘Hahaha’

RTFD

Kalau dalam dunia IT dan open source ada ungkapan RTFM alias Read The Fucking Manual untuk orang yang sembarang mengajukan pertanyaan padahal petunjuknya sudah jelas-jelas ditulis, maka di dunia blog dan wiki saya ingin mengajukan istilah baru: RTFD!

Apa itu RTFD, Har?

Gampang saja, RTFD berarti Read The Fucking DISCLAIMER, dammit! Sebelum sampeyan mendungu kepada informasi-informasi yang ada di blog atau wiki, luangkanlah waktu terlebih dahulu untuk membaca disclaimernya. Setelah dipahami, barulah akses isinya.

Lanjutkan membaca ‘RTFD’

Gosip Wikipedia Bangkrut Ituh….

Oke, di titik ini saya mulai kebingungan. Memangnya membuat berita yang hati-hati dan berimbang itu susah, ya? Kenapa sang wartawan terhormat “lupa” meluangkan waktunya untuk membaca sumber semua masalah ini? Lah, kok yang didengerin cuma segelintir narasumber? Itupun ga wawancara langsung. Itupun ngutip tulisan wartawan lain pulak. (ck ck ck… kebayang ga distorsi informasinya udah berapa jauh?)

http://en.wikipedia.org/wiki/Talk:Jeff_V._Merkey

Tolong klik link di atas dan baca keseluruhan isinya sebelum komentar!

Soal Wikipedia (Barangkali Klarifikasi?)

Ah.. tapi yang berhak bicara mewakili wikipedia itu bukan saya. Mungkin harusnya ada konsensus, atau seengaknya diwakili pengurus. Tapi saya sendiri juga pengguna dan pengedit wikipedia, toh? Anggap aja jeritan hati.

Langsung saja, dengan berita-berita yang rada menyerang seperti ini:

Facebook dan Wikipedia Terlarang bagi Wartawan

Pajang Wajah Nabi Muhammad, Wikipedia Dikecam

Wikipedia Terancam Bangkrut?

Wikipedia Dukung Ideologi Nazi?

Kepergok Ngedit, Situs Wikipedia Diblokir

Semuanya dari Detik, dengan wartawan yang ehem.. sepertinya kebanyakan ditulis oleh yang itu-itu juga. (ah sudahlah, lupakan saja, nanti jatuh-jatuhnya malah fallacy)

Yang sepertinya ditulis rutin dan nadanya negatif melulu (*bung, itu namanya nulis berita apa dendam semaput?). Satu atau dua kali mungkin tidak masalah, tapi kayanya udah jadi kebiasaan, deh.
Yuk, baca terusss!..

Wikipedia Bukan Tempat Menulis CV, woi!

Argh.. saya belakangan aktif lagi mengedit di wikipedia. Nah yang bikin ribet sekarang di sana itu banyak sekali artikel biografi. Mulai dari artis aktor yang baru satu kali jadi figuran, sampai anak kecil yang pengen banget diakui jadi heker (heker kertas kali, maksudnya?), semua ikut-ikutan bikin biografi dirinya sendiri.

Beberapa di antaranya memang layak diangkat. Sumbangsih mereka di bidang masing-masing patut diacungi jempol. Jadi mereka sebenarnya boleh saja bikin biografi di wikipedia. Tapi susahnyaaaaaa… saking “lengkap”nya biografi itu, sampe-sampe hal yang ga penting macam “saya anaknya siapa, atau saudaranya siapa, saya pernah jadi ketua RT mana, atau daftar pacar saya dari SD sampai kuliahan” ikut-ikutan dimasukin.

HALAH!

Lanjutkan membaca ‘Wikipedia Bukan Tempat Menulis CV, woi!’


Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Desember 2017
S S R K J S M
« Nov    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031