Jangan Musuhi Kami!

Kemarin saya baru berbincang-bincang dengan salah satu teman saya, soal nasib orang-orang kreatif. Bukan sekedar kreatif sebagai status atau pekerjaan, tapi orang yang benar-benar explore dengan tekniknya dan mampu membawa angin perubahan dalam industri kreatif.

Salah satu masalah yang sering dihadapi orang kreatif adalah rata-rata punya kekurangan sebagai manusia biasa. Entah masalah psikologis, emosi tidak terkendali, penampilan tidak menarik, tidak sopan, eksentrik, pelupa, dan sebagainya.

In fact, orang kreatif bertindak sesuai input yang diberikan oleh lingkungan sekitarnya. Musuhi dia, maka dia akan menghasilkan kreativitas yang kejam. Sebaliknya, ajaklah dia bicara, dengarkan keluhannya, beritahu dia apa yang benar dan apa yang salah, maka kreativitasnya perlahan-lahan akan banyak berguna. Kreativitas yang tidak tersalurkan akan menghasilkan bom waktu.

Orang kreatif tidak tahan damage psikologis yang terlalu besar. Banyak orang kreatif yang tiba-tiba kehilangan semangat berkarya karena merasa dimusuhi orang banyak. Atau merasa pendapatnya direject. Atau bisa pula sekedar karena kehilangan mood. Semakin kita tuntut berkarya bagus, mereka semakin kehilangan percaya diri.

Dalam keadaan seperti inilah mereka butuh support. Berikan mereka keleluasaan untuk jadi diri sendiri. Mengekspresikan diri mereka dengan cara yang mereka ingin. Semuanya atas nama eksplorasi diri.

Setelah mendengar penjelasan panjang lebar itu saya tersenyum. Ooo.. ternyata kreativitas itu investasi.

Iklan

1 Response to “Jangan Musuhi Kami!”


  1. 1 adi isa 21 Juni, 2009 pukul 11:04 pm

    nice artikel

    salam hangat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Juni 2009
S S R K J S M
« Mei   Agu »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

%d blogger menyukai ini: