Jimbo Who?

Cobalah mencari nama Jimbo Wales di google, kita akan menemukan pencipta situs pertukaran pengetahuan paling kontroversial, Wikipedia. Apa citra yang lebih bagus dari itu?

Tapi Jimbo Wales adalah seorang pengusaha di balik situs seks komersial, Bomis. Apa citra yang lebih jelek dari itu?

Semua dimulai dari niat baik, entah dari titik manapun kita memulai, atau ke manakah kita terdampar. Jimbo Wales kecil adalah seorang anak yang maniak ensiklopedia. Dia berharap seandainya saja suatu saat ensiklopedia bisa dibaca gratis untuk semua anak. Bahwa ia sempat menjadi pengusaha situs seks komersial, itu lain hal.

Mimpinya akan ditertawakan semua orang. Mana bisa bikin kumpulan pengetahuan setebal 1 juta halaman dengan harga Rp. 0,0? Dari mana uang untuk bayar penulisnya? Dari mana uang untuk biaya cetaknya? Dari mana uang untuk ongkos kirimnya?

Di tahun 2007, Wikipedia sudah mencapai 1 juta lebih artikel, mendapat sumbangan 1 juta dollar setahun. Hasilnya adalah ensiklopedia lengkap, gratis, dan memberi manfaat bagi jutaan pekerja kreatif, mulai dari desainer hingga copywriter.

Steve Job dan Steve Wozniak awalnya dua penjahat digital. Bersama phreaker lainnya, mereka mempermainkan sistem telepon sehingga bisa menelepon gratis, dan bikin perusahaan telepon merugi. Tapi ujung-ujungnya mereka punya mimpi untuk membuat sistem komputer hebat yang bisa dimanfaatkan orang-orang kreatif, mulai dari desainer hingga copywriter.

Jadilah Apple.

Iklan

1 Response to “Jimbo Who?”


  1. 1 belajar blog 7 Juni, 2009 pukul 10:34 am

    wah, trnyata di balik kesuksesan seorang pakar di dunia internet dan komputer, ada sebuah kisah lama (saya malah baru tahu kalo steve job dulunya begitu :mrgreen:),, ditunggu saja brita2 lainnya, :brharapkunjunganbaliknya: trims mas bro


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Juni 2009
S S R K J S M
« Mei   Agu »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

%d blogger menyukai ini: