Manifesto Kreativitas

Mungkin saya harus menulis lagi tentang internet, tempat yang membebaskan kita untuk mengeluarkan ide-ide. Banyak yang hebat dan brilian, tapi ada pula yang tidak masuk akal.

Tapi setidak-masuk-akal apapun sebuah ide, ia harus dibiarkan berkembang. Seperti saat kita keberatan dengan tindakan sensor di internet, maka kita pun harus menghormati saat ada satu orang pengguna internet yang menyatakan harusnya internet itu lebih terkendali agar lebih mashalat bagi orang banyak. Atau mungkin bila kita mengecam tindakan terorisme, sebenarnya kita melepas hak untuk melarang orang-orang membuat situs jihad, membuat bom, dan sebagainya. Tidak ada gunanya mengecam pendapat seperti ini karena itu berarti kita memunculkan paradoks bagi pendapat kita tentang kebebasan.

Bicara soal ide, saya lebih senang memisalkan yang terjadi dalam dunia desain. Di dunia ini kreativitas sangat dekat kepada perjudian. Hasilnya bisa saja mendobrak pemikiran yang biasa-biasa saja. Tapi kita tidak bisa menyalahkan kalau sebuah produk kreatif terlihat amburadul, tidak bisa dimanfaatkan. Karena seperti itulah cara kerjanya, trial-error dalam waktu yang lama tanpa kenal lelah. Bisa saja produk itu terlihat amburadul sekarang, tapi meledak di pasaran beberapa tahun lagi.

Kalau kita mulai berpikir untuk membuat aturan-aturan baku dalam kreativitas, alamak jangan pernah berharap di zaman ini kita menemukan IPOD, U Tube, WordPress, atau Laptop. Karena produk-produk itu berasal dari spekulasi terhadap cara hidup di masa yang akan datang. Produk-produk seperti ini pasti awalnya akan banyak ditentang oleh para ahli, karena tidak sesuai dengan kehidupan kita di zaman itu.

Seperti itulah ide dan kreativitas, dia dimulai saat seorang Darwin mengumpulkan berbagai makhluk dari perjalanannya ke berbagai tempat di dunia. Ia mungkin hanya memulai dari sebuah spekulasi yang akan ditertawakan seluruh ahli biologi dunia. Dalam tidurnya pun ia akan diliputi keragu-raguan apakah teorinya sudah di jalan yang benar atau belum. Setelah ia terkenal dan mati pun teorinya tentang revolusi selalu memunculkan kontroversi, digugat di sana-sini.

Tapi siapa yang bisa membantah kalau tulisannya yang sampai sekarang masih pincang ternyata bisa membantu kita dalam menjelaskan kehidupan, melakukan rekayasa biogenetik, hingga melakukan transplantasi untuk menyelamatkan jiwa manusia?

Kesombongan para ahli adalah menetapkan apa yang mungkin dan tidak mungkin. Kita lupa bahwa ilmu hanya bisa menjelaskan apa yang sudah terjadi, karena ia dibangun dengan fakta-fakta. Saat kita berusaha membatasi sebuah ide dengan ilmu, entah ilmu tatakrama, sosial, agama, atau bahkan sains, maka kita sudah melenyapkan kemungkinan untuk maju. Karena ide berhubungan dengan masa depan, sementara ilmu didukung hanya dengan temuan di masa lalu, atau paling cepat di masa sekarang.

Jadi kalau di internet begitu banyak tulisan yang ganjil, mengapa harus heran?

Intinya begini, kalau kita merasa tidak setuju dengan isu-isu yang berkembang di internet, mengapa harus bersusah-payah mencaci pembuatnya? Toh semua orang sudah bebas memiliki website sendiri, komunitas sendiri, forum sendiri, bahkan blog sendiri.

Jika merasa punya ide yang bertentangan, maka buatlah supaya ide sampeyan itu bisa jauh lebih populer daripada tokoh yang sampeyan benci itu. Kalau malas membuat blog sendiri, maka diamlah di rumah, tidak usah mengakses internet biar yang jelek-jelek di internet itu tidak menular kepada sampeyan.

Bukan begitu? Apa saya salah?

Iklan

3 Responses to “Manifesto Kreativitas”


  1. 2 achoey 27 April, 2009 pukul 8:13 pm

    mantap
    bentul itu 😀

  2. 3 How I Lost Thirty Pounds in Thirty Days 4 Mei, 2009 pukul 1:07 pm

    Hi, nice post. I have been thinking about this issue,so thanks for writing. I’ll certainly be coming back to your posts.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

%d blogger menyukai ini: