Oalah.. Maksud Saya Itu MEMUJI, Lho!

Soal poster film Cin(T)a yang ditunjukin Gun. Alkisah saya itu komen karena melihat poster film itu menarik sekali. Ada permainan katanya, Cin(T)a, yang maksudnya kita bisa menghilangkan huruf T di antara kata Cinta sehingga menjadi kata Cina. Saya pikir kalau lebih jauh mikirnya kita bisa menyebutnya Cinta Cina, Cina Cinta, whatever lah.. Impresi dan interpretasi itu kan milik kepala orang yang melihat. Bisa saja beda-beda dan sesuka mereka. Mau jelek kek, mau bagus kek, kita tidak bisa mengatur orang supaya mikirnya cuma “Cina, Tuhan, dan Annisa”.

Nah.. saya ini tipe orang yang agak addicted sama tipografi. Di tipografi ada pengetahuan tentang ligatureglyph, yaitu menggabungkan dua huruf menjadi satu simbol baru. Contohnya fi atau fl. Huruf @ yang sekarang jadi simbol email pun asalnya dari gabungan dua huruf.


Saat saya melihat huruf T diapit oleh dua tanda kurung, otak saya bilang “Wow.. itu simbol baru! Simbolnya cowo!”. Dan saya langsung berpikir ( T ) itu cowo, dan ( Y ) itu cewe. Maka jadilah poster yang baru saja saya buat. Saya tuh pengennya memuji film itu karena berhasil membuat simbol baru. LigatureGlyph itu susah lho nemuinnya. Kalaupun ketemu juga belum tentu bakal bertahan seumur hidup kaya si lambang @ itu. (Atau ga usah susah pake istilah ligatureglyph segala. Tau kaomoji kan? ( ^o^ ). Naaah seperti itu maksud saya.)

Tapi ga mungkin dong saya bilang “Gila. Penisnya bagus banget yaaak!”

Maka saya tulis di sana “Eheheh, itu huruf ( T )nya bikin pala gw ngeres. Tapi bagus kok, bisa untuk bikin simbol (maksud saya: ligatureglyph) baru.” Entah kenapa ada komen setengah bernada marah yang bilang, kira kira seperti ini “Ga usah sok tau lo soal interpretasi simbol!”.

Lalu saya sindir balik kira-kira bunyinya begini “Oalah Jeng.. yang gw bilang itu impresi pertama kali waktu gw liat tuh simbol. Bisa muncul ya karena emang OTAK GW yang ngeres, bukan salah si hurufnya. Itulah impresi! Kalau otak gw mikir sampe berlarut-larut pake analisa segala macem, kaya novel ‘da Vinci Code’, lalu gw bilang itu susunan huruf itu berhubungan dengan seksualitas, itu baru namanya interpretasi simbol!”

Tapi biarpun saya bilang bagus tampaknya yang bikin film juga ga terlalu senang dengan impresi simbol itu. Sehingga munculnya cuma sedikit (dibikin transparan). Lalu ada penjelasan seperti in “Hariadhi, itu maksudnya Cin(T)a adalah Cina blah blah blah..”

Iya Mbak, saya ga mengkritik soal cina-cinaan, cinta-cintaan, atau penis-penisan. Saya cuma mau MUJI kok. Tanpa sengaja poster itu sudah memunculkan ligatureGlyph baru, itu sajaaa.. Memang belum bisa dibilang ligature beneran karena tiga karakter itu sendiri tidak menyatu. Tapi itu bisa berkembang sesuai berjalannya waktu.

Dan sebenarnya kalau mau kreatif si desainernya malah bisa memunculkan ligatureglyph lain yang lebih berhubungan dengan isi filmnya. Contohnya seperti ini…:

See? Bisa saja kita bikin simbol LOVE pake huruf yang sama. Jadi ga perlu dibikin transparan segala.

Catatan:
1. Poster Cin(T)a adalah hak cipta pembuat film. Saya tunjukkan di sini dengan resolusi rendah cuma buat informasi. Dapatnya dari page Cin(T)a the movies di Facebook.
2. Gambar glyph love yang saya buat cuma buat main-main. Saya bermaksud memperlihatkan permainan tipografi. Saya bebaskan ke Public Domain. Silakan dicopy dan dicontek seenaknya.

7 Responses to “Oalah.. Maksud Saya Itu MEMUJI, Lho!”


  1. 1 hariadhi 24 April, 2009 pukul 4:44 pm

    kadang gw bingung. Dipuji marah, dikritik juga marah, ga diwaro juga marah.

    0_o

  2. 2 hariadhi 24 April, 2009 pukul 5:09 pm

    Berhubung gw masih suka sama ide filmnya, silakan tunggu filmnya. Mulai tayang 29 Mei 2009.

    selamat ya buat yang bikin!

  3. 3 G-Nazi 24 April, 2009 pukul 6:47 pm

    *cek TKP*

    hahaa, kayaknya salah nangkap aje 😛

  4. 4 hariadhi 24 April, 2009 pukul 10:47 pm

    Yupe… makanya gw juga ga ammbil hati. Kayanya tuh film emang bagus banget ya Gun?

    Liat trail nya sih mantaps.

  5. 5 goen 25 April, 2009 pukul 1:27 pm

    eh TKPnya di mana?

    *ubek2 grup fesbuknya*

  6. 6 ardhadedhali 25 April, 2009 pukul 4:48 pm

    sip2…
    kreatif banget tu mas..
    empat jempol buat mas deh…

    *gedubrak, jatuh karena ngangkat tangan ma kaki*

  7. 7 hariadhi 3 Mei, 2009 pukul 11:33 am

    aduh salah. Maksudnya mau ngobrol ligature yang ketulis malah glyph. Sorry-sorry. Itu dua hal yang beda, kok.


Tinggalkan Balasan

Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

