Partai Keadilan Sejahtera dan Youtube

Iseng mencari-cari iklan pemilu di Youtube, saya menemukan fakta bahwa Partai Keadilan Sejahtera dan anggotanya termasuk yang paling rajin berkreasi dengan media Youtube. Tercatat penemuan 290 lebih video yang sudah diupload bisa dicari dengan kata kunci [Partai Keadilan Sejahtera]. Bandingkan dengan 107 hasil untuk [Partai Demokrat], 46 hasil untuk kata kunci [Golongan Karya], dan 31 hasil untuk kata kunci [Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan].


Saya juga melihat adanya iklan-iklan kreatif yang mendobrak cara kampanye selama ini yang kaku dan ngebosenin (tidak lagi dengan pidato ala Sukarno yang menggebu-gebu tidak jelas itu). Coba simak bagaimana ada visualisasi Bilyard (ya, bilyard… permainan yang identik dengan minuman keras dan wanita itu) tapi tidak lalu bikin image PKS jadi ikut-ikutan terlihat bengal.


atau versi TTS…


Atau yang satu ini versi radio.. πŸ˜‰

Beberapa orang mungkin akan pesimis dengan menunjukkan bahwa sebagian besar video dengan kata kunci PKS bukanlah video resmi lansiran pengurus partai. Tapi jangan salah, bukan seperti itu cara memanfaatkan Youtube untuk kepentingan promosi.

Iklan resmi yang diupload kembali ke Youtube hanya menjadi pemicu terhadap apresiasi dari masyarakat biasa lewat komentar dan video amatir. Video amatir jauh lebih jujur menampilkan opini masyarakat dan bisa dinilai sendiri oleh pengguna lain dibandingkan iklan resminya. Dengan bantuan interaksi dari Youtube, akan segera bermunculan video pro dan anti PKS. Akibatnya semakin banyak isu yang bisa dibahas dan diperdebatkan mengenai PKS. Sehingga masyarakat pun lebih mengenal partai ini ketimbang partai-partai lain. Dan inilah yang sebenarnya efek yang bisa diharapkan dari Youtube ketimbang membayar milyaran demi beberapa detik nongol di TV.

Balik lagi ke kampanye Presiden Amerika Serikat yang baru saja berlalu. Salah satu faktor penyebab menangnya Obama adalah kelihaian memanfaatkan media baru seperti Youtube dan Blog. Bahkan Clinton pun menyadari hal ini sehingga kita bisa saksikan bagaimana lebih serunya perang Obama-Clinton daripada Obama-McCain.

Sehubungan dengan pemakaian media internet, terdapat beberapa insiden seperti parodi logo PKS menjadi Partai Komunis Sejahtera di Facebook. Kita tidak bisa pula mencegah seandainya dalam waktu dekat ini ada user Youtube yang iseng membuat video yang menjelek-jelekkan PKS.

Tapi saya rasa PKS sudah sadar dengan kontroversi iklan “Suharto” yang sudah lebih dulu ada. Saya yakin PKS mengerti bahwa kita tidak bisa memaksakan opini masyarakat modern yang kini berkumpul di jaringan internet. Bahkan semakin banyak pendapat miring terhadap suatu iklan, sebenarnya hal itu menunjukkan semakin populer iklan tersebut. Iklan yang banyak dikritisi bisa dipastikan sudah sukses menanamkan awareness ke masyarakat. Pekerjaan sisanya hanya bagaimana mengkonfirmasi isu-isu miring tersebut dengan cara elegan.

Balik ke Kampanye Presiden Amerika Serikat lagi, Apakah Obama pernah marah kepada user yang menjelek-jelekkannya? Atau pernahkah ada tuntutan dari Palin terhadap orang yang berani memparodikan dirinya? Rasanya tidak. Keterbukaan terhadap kritik dan cacian adalah kunci sukses berpromosi di Internet.


Oh iya.. buat seger-segeran. Ada iklan satir yang dibuat oleh user dengan nama “Janganbikinmalu2009”. Menurut saya ini bagus sekali dan mengajak kita lebih kritis terhadap partai di Pemilu 2009. Yang bikin kreatif.

Iklan

5 Responses to “Partai Keadilan Sejahtera dan Youtube”


  1. 1 Masih Fa 31 Maret, 2009 pukul 10:13 pm

    duh, mesti pasang spiker dulu nih

  2. 2 hariadhi 31 Maret, 2009 pukul 10:25 pm

    Sebenarnya waktu mba Fa komentar tadi, tulisannya masih lom beres. Maklum penganut “postdulubaruedit”. hehehe.

  3. 3 jensen99 31 Maret, 2009 pukul 10:56 pm

    klip Gembel Tai itu… πŸ˜† πŸ˜†

    *ngakak guling2*

  4. 4 Andri 2 April, 2009 pukul 7:29 pm

    Assalamualaikum

    Ada yg kratif ada yang parodi….boleh juga

  5. 5 anak tim sukses pks tebas 5 Oktober, 2009 pukul 8:40 pm

    kami ingin komplin ke dpp n dpw pks,kami tim yang telah menaikan sabirin sp ke dewan propinsi kalbar,tapi ketua kami candra minta bantu untuk istrinya,tidak satupun di gubris,,,tlg pak bilangkan ke pak sabirin sp di mana hati kecil manusianya,,kami yg bekerja membantu suara masa nggak di bantu hanya meminta modal,buksanya minta uang berjuta juta,,,,,tim tim sukses pks tebas,sambas,kalbar,,,hidup,,pks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

%d blogger menyukai ini: