Kampanye Tidak Harus Mahal

Capek melihat rusuhnya peserta kampanye menempel poster membabi-buta? Atau pernah terpikir berapa besar pemborosan yang sudah dilakukan para caleg dengan membuat acara dangdutan dan arak-arakan yang mengganggu lalu lintas?

Saya juga!

kampanye

Karena itu saya sangat tersentuh saat caleg satu ini berinisiatif memakai media Friendster untuk mensosialisasikan pencalonannya. Tidak perlu repot-repot, cukup pakai fasilitas add friend! Dan profil friendster si caleg ini pun segera terpampang dengan jelas di mail saya.

Media Baru

Media internet sudah banyak dipakai oleh politisi di luar negri. Termasuk pula Amerika yang terkenal dengan pertarungan Obama, Clinton, dan McCain. Maka tidak heran kalau sekarang politisi  Indonesia mulai meliriknya. Beberapa bahkan sangat memperlihatkan keunggulan intelektualitas, misalnya blog Yusril Ihza Mahendra atau Juwono Sudarsono. Simak pula kekaguman Prabowo Subianto berikut:

Bagi saya pribadi, perihal ini sebuah pengalaman baru. Tidak bisa lagi diabaikan komunitas online Indonesia yang berlalu lintas  mencapai 33 juta orang itu – – sudah menjadi sebuah “negara” tersendiri.

Tapi itu baru para “big boss”nya. Lalu bagaimana perkembangan para kader yang berjuang di daerah?

Efektif dan Efisien

url

Bagusnya kampanye melalui jejaring sosial adalah kemampuannya untuk menyeleksi kelompok orang yang kira-kira memiliki kesamaan. Misalnya dalam contoh ini saya yang berasal dari Pekanbaru “disapa” oleh seorang caleg dari Pekanbaru. Saya bisa menduga pasti ini didapat dari pilihan “search by hometown”.

Jadi seandainya saya ingin menjadikan teknologi sebagai program utama saya, saya bisa segera menghubungi kelompok orang-orang yang kira-kira berkecimpung di dunia teknologi. Kalau saya ingin mensosialisasikan program pengembangan anak-anak muda, saya bisa mencari kelompok pemilih dari usia sekolah. Kalau saya ingin memajukan pendidikan, maka saya tinggal menjaring calon pemilih dari golongan guru. Tentu ini jauh lebih tepat sasaran daripada sekedar poster yang sembarang tempel dan tidak jelas entah siapa yang akan membaca.

Coba bayangkan berapa besar sampah yang bisa dikurangi dengan pemakaian media internet.

Butuh Kerja Keras Lebih Banyak

kampanye2

Sebenarnya masih jauh dari cukup untuk membuat kampanye yang bisa menarik calon pemilih. Misalnya warna-warni hurufnya masih menyulitkan pengunjung untuk membaca. Lalu caleg si pemilik friendster masih terlihat malu-malu menjawab komentar dan pertanyaan dari pengunjung. (padahal itulah kelebihan yang dimiliki oleh situs jejaring sosial, rugi kalau tidak dimanfaatkan). Tapi ini terobosan yang cukup hebat. Menurut saya sangat patut diapresiasi.

Memang ini masih bisa dikategorikan sebagai tindakan spamming.  Beberapa orang menganggap spam sebagai bentuk sampah internet seperti halnya poster kampanye pemilu juga sering menjadi sampah di dunia nyata. Tapi buat saya pribadi ini tidak terlalu menggangu. Toh kenyataannya di Indonesia memang sudah meluas kebudayaan “add as friend” serampangan. Jadi kalau akhirnya friendly invitation itu terasa mengganggu, saya bisa menekan tombol “reject”, tidak beda dengan puluhan ajakan “friend-friendan” dari orang tak dikenal yang masuk ke email saya tiap harinya.  Yang mungkin mengganggu hanyalah kemungkinan caleg lain yang kurang kreatif meniru dan mengabuse tindakan ini tanpa tahu batas.

Dua jempol untuk caleg Sandi Perwira, dari Partai Bulan Bintang, Dapil Riau I!

1 Response to “Kampanye Tidak Harus Mahal”


  1. 1 hariadhi 20 Maret, 2009 pukul 12:06 am

    Disclaimer

    1. Post ini tidak dibayar untuk kepentingan siapapun. Sandi Perwira masuk dalam bahasan ini karena yang bersangkutan adalah kampanye pertama yang masuk ke email saya.

    2. Gambar nomor 2 diculik untuk kepentingan informasi mengenai poster politikus yang ditempel sembarangan dan membuat kumuh kota. Dipinjam sebentar dari blog http://www.kupalima.wordpress.com karena belum ada foto lain yang bisa saya buat.


Tinggalkan Balasan

Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

