Craftmanship

Selama 4 tahun belajar desain saya secara disiplin menerapkan kaidah-kaidah desain, misalnya tipografi, warna, fotografi, dan sebagainya. Hal ini sebenarnya positif karena bagaimanapun saya masih dalam tahap belajar. Saya tidak ingin membuat karya yang bagus saja tapi miskin fungsi. Dengan kata lain saya tidak ingin jualan omongan dan gaya doang.

Masalahnya saya seperti tersadar bahwa saya terlalu strict menerapkan batas-batas ilmu saya. Akibatnya, seperti yang pernah dibahas di sebuah majalah marketing, konsepnya bagus, tapi craftmanshipnya kurang. Desain saya cenderung flat, tidak berani bermain-main dengan banyak warna (teman saya juga pernah berkomentar pedas seperti itu). Saya seperti terjebak dalam idiom yang dulu pernah saya ciptakan sendiri, “Sayang sekali orang yang punya banyak ilmu tapi malah dijadikan belenggu dalam berkarya.”

Dosen Psikologi Warna pernah menyarankan supaya saya bermain-main dengan kuliah seni murni walaupun sebenarnya saya bekerja di wilayah seni terapan. Katanya saya sebenarnya sangat kreatif, tapi tidak tersalurkan. Masalahnya mungkin semester depan saya akan kembali disibukkan oleh kerja praktek. Jadi akhirnya saya putuskan untuk mencoba sendirian saja. Malam ini saya akan membeli cat, kuas, dan kanvas untuk menumpahkan semua kreativitas saya.

Minggu depan akan saya tampilkan hasilnya.

0 Responses to “Craftmanship”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Februari 2009
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

