Apatis!

Satu lagi sifat jelek orang Indonesia yang saya temukan di internet:

MASA BODOH DENGAN PERATURAN!

Di Yahoo answer setiap hari ada saja yang menyalahgunakan fasilitas bertanya untuk melakukan iklan, cari jodoh, bahkan berdebat soal agama. Padahal sudah jelas-jelas Yahooanswer adalah tempat tanya dan jawab, itu ditegaskan berkali-kali saat kita membuat account baru.

#

Mengeksploitasi komunitas

Yahoo! Answers adalah tempat untuk mendapatkan pengetahuan, bukan tempat untuk mendapatkan pelanggan, teman kencan, atau menaikkan kunjungan pada halaman web Anda. Bila Anda memiliki banyak pengalaman dalam suatu bidang, mempunyai hobi khusus, memiliki usaha sendiri, atau bila Anda adalah mitra pengetahuan, Anda boleh memberikan link ke situs web Anda, blog, atau alamat email Anda pada jawaban yang memang baik dan sesuai topik agar jawaban menjadi lebih baik. Namun, Anda tidak boleh meletakkan link yang tidak berhubungan dengan topik atau yang memang jelas-jelas hanya bermaksud mengajak orang lain untuk mendapatkan keuntungan pribadi dan keuangan. Bujukan dan ajakan seperti “Kamu mau nggak tambah aku sebagai kontak?” atau mengusulkan orang lain juga tidak diperbolehkan.

Sebagai salah satu pengguna yahoo answer saya memanfaatkan fasilitas melaporkan hal ini kepada admin supaya segera dihapus. Karena posting-posting tersebut mengganggu kenyamanan orang yang ingin menggunakan YahooAnswer sebagaimana mestinya. Lagipula bila dibiarkan berlarut-larut akhirnya tidak ada lagi bedanya Y!A dengan forum biasa.

Nyatanya masih ada saja komentar seperti ini:

siapa bilang, tidak ada yang melarang mencari teman di yahoo answer.

mungkin kata2 ” kalau bisa cwe ” itu yang jadi kesalahan.
memangnya hanya cwe yang boleh menjadi teman kamu. kata2 itu hapus aja yyy..

nii ku kasih alamat YM ku tuk jadi teman kamu :

XXXXX_30@yahoo.com

Sudah tidak baca peraturan, ngeyel pula! Padahal peraturan itu tidak panjang-panjang dan dengan mudah bisa dibaca (dan seharusnya dipatuhi jika kita ingin memanfaatkan layanan YahooAnswer). Tapi kenapa yah kenapa saya selalu saja menemukan orang-orang berbahasa Indonesia yang mengabaikan hal seperti ini. Saya jarang sekali menemukan karakter seperti ini di bangsa lain.

Apa memang pada dasarnya kita ini bangsa anarkis?

Kasus serupa bisa kita temukan di sini.

7 Responses to “Apatis!”


  1. 1 jensen99 8 Februari, 2009 pukul 2:25 am

    Duh, masbro, etiket di dunia maya itu kan tidak pernah diajarkan dimana-mana; aturannya ditulis pun gak masuk penjara kalo dilanggar. Apalagi kalo internet dipake oleh pengguna yang “kagetan”, kaget liat dirinya bisa tersambung dengan jutaan orang asing diluar sana, plus gak pake urat malu karena gak keliatan, cocok sudah… Dah salah, ngeyel pula! 😐

    Apa memang pada dasarnya kita ini bangsa anarkis?

    Bangsa egois! Semaunya sendiri. :mrgreen:

  2. 2 Nane 8 Februari, 2009 pukul 3:16 pm

    OMG…. kok gw baru tau yaah modus baru mencari lawan jenis di yahoo answers?? gw biasanya ke sana kalau udh mentok mau nyari jawaban atas sesuatu yang gw harus tau jawabannya apa!!

    tapi… beuuh… maybe orang2 pencari jodoh itu sangking desperadonya udh mentok juga kali yaa??? :p

    apa kabar pak? long time no hear from you… 🙂

  3. 3 indra1082 9 Februari, 2009 pukul 11:46 am

    jangan Esmosi Bro…sabar donk, hehehehehe

  4. 4 Mas Indra 9 Februari, 2009 pukul 11:50 am

    Emang kadang2 manusia suka salah menempatkan diri, atau memang sengaja mencari sensasi??

  5. 5 Xaliber von Reginhild 11 Februari, 2009 pukul 1:46 am

    Barangkali istilah “peraturan itu ada untuk dilanggar” memang benar adanya. 😛 Rule-o-phobic?

  6. 6 aliaz 11 Februari, 2009 pukul 10:19 am

    Belum pernah singgah ke Y!answer…
    Salam kenal y, mas!

  7. 7 nee 12 Februari, 2009 pukul 7:41 pm

    walah… saya jarang ikut forum yahoo answer.. jadi itu bukan palupi saya… ahahha…
    saya toh di yahoo answer cuma suka baca baca yang saya cari…
    gimana yah… abis menurut saya, orang-orang yang pengen mencari jodoh itu kegatelan, kayak ga laku aja, atau baru kenal sama internet. Habis klo menurut saya, kebanyakan kontak, tapi ga kenal, cuma jadi sampah aja.. cuma ngajuin pertanyaan..
    hi apa kabar?
    lagi sibuk apa?
    anak mana?
    akhir akhir yang buat muak, nanya no telp dan alamat…
    wah.. ga banget deh….
    saya sendiri memilah milah ym saya.. yang untuk teman yang benar benar saya kenal, dan teman yang sekedar basa basi sama saya…
    ahahaha…
    cheers,
    Ninit 😀


Tinggalkan Balasan

Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Februari 2009
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

