Pameran Seni Rupa Indonesia: Manifesto

Tadi saya baru saja mengikuti pembukaan Pameran Besar Seni Rupa Indonesia 2008. Ramai sekali, berjubel orang-orang dari seluruh penjuru. Saya bahkan nguping, ada yang cape-cape datang dari Surabaya (woots!).

Isinya? Saya tidak tahu seleksinya, tapi sepertinya perupa terbaik dari seluruh Indonesia. Ada sekitar 300 seniman yang dikuratori 4 orang. Keseluruhannya lalu dibagi dalam 5 tema: Manifesto Seni, Seni dan Rasa Keindahan, Seni dan Moral, Seni dan Narasi, dan Eksistensi: Eksoterik dan Transdental. Masing-masing tema diberi pengantar oleh kuratornya.

Akibatnya pameran ini jadi besar sekali, tidak muat satu ruangan Galeri Nasional saja, sehingga mengambil pula tempat di aula kiri dan kanan. Cape, dan lagi saya tidak sempat memperhatikan satu-persatu. Jadi saya belum melihat ada isu baru, yang menarik di mata saya patung beruang putih yang kehausan dan diberi segelas minum oleh seorang anak. Bukan berarti jelek-jelek, tapi karena waktu terbatas dan otot kaki saya ga bisa diajak kompromi, belum lihat setengahnya sudah pulang.

Tapi satu hal yang pasti, seperti biasanya makanan untuk acara pembukaan enak-enak, hehehehe. RUgi yang ga datang.

Pemeran Besar Seni Rupa Indonesia 2008

Manifesto

21 Mei – 15 Juni 2008

Galeri Nasional Indonesia

1 Response to “Pameran Seni Rupa Indonesia: Manifesto”


  1. 1 Riosadja 22 Mei, 2008 pukul 12:16 am

    teman2 saya pada pergi ke pameran itu, tapi saya gak bisa.. hiks..


Tinggalkan Balasan

Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Mei 2008
S S R K J S M
« Apr   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

