Hoax Hidup Sehat

Beberapa hari ini sejumlah email ke inbox saya. Isinya sama, menjelaskan hal-hal yang perlu dihindari dalam hidup kita. Kalau tidak ditaati, ancamannya (katanya) kena kanker.

Berikut isinya:

1. Botol Aqua tidak boleh dipakai berulangkali, maksimal 2 kali karena mengandung PET, yang menyebabkan kanker.

PET adalah bahan yang sudah umum, kalau tidak dapat dikatakan standar, untuk botol kemasan plastik di seluruh dunia. Keterangan di wikipedia menyebutkan degradasi yang dimaksud adalah dalam proses pembuatan yang bahkan tidak ada hubungan dengan kanker, hubungannya dengan masalah warna kemasan. Malah ada cara untuk mensterilkan air dengan menjemurnya di bawah sinar matahari di dalam botol PET.

DEHA bukanlah zat yang ada di dalam material botol plastik. Jika ada yang perlu dikhawatirkan dengan botol PET adalah senyawa antimoni, itupun sudah diuji, ternyata masih di bawah ambang batas kesehatan.

2. Makan timun setelah makan sate, kalau tidak ingin kena kanker.

Saya tidak tahu hubungannya timun dengan kanker. Hampir semua bagian dari hidangan sate disebut-sebut mengandung karsinogen. Mulai irisan tomat, cabe, hingga minuman teh hangat. Jadi mengapa harus timun yang jadi perhatian?

Menurut saya cara yang lebih bijak untuk menghindari kanker adalah seimbangkan pola makan, jangan terus-terusan makan-makanan berlemak (contohnya sate). Perbanyak sayur (bahkan sayur pun bisa dihubungkan dengan kanker karena kandungan pestisidanya, benar kan?).

Perbaiki metabolisme dengan olahraga yang cukup. Dan yang penting banyak berdoa dan periksa ke dokter setiap kali ada keanehan di bagian tubuh manapun. Karena setahu saya penyebab kanker tidak pernah bisa dipastikan.

3. Indomie mengandung lilin, usahakan jeda 3 hari untuk memakannya

Kita pakai pikiran goblok saja: Memasak mie itu kan pakai air panas. Lah kalaupun ada lilin kenapa lilinnya tidak rontok waktu dimasak? Aduh.. saya lupa, mungkin ada juga orang yang masik indomie pakai air es. hehe.

Yang ini agak serius, sebenarnya kandungan lilin sudah banyak kita temukan dalam makanan sehari-hari. lilin hanya produk alam yang bisa masuk dan keluar tubuh kita dengan aman. Belum ada orang mati gara-gara ketelan cairan lilin sampai sekarang.

Teman saya pernah bilang, sebenarnya yang bahaya dengan mi instan bukan kandungan karsinogennya, tapi karena secara gizi sering tidak mencukupi. Jadi sering kita tidak sadar kekurangan nutrisi padahal sudah kenyang. Kalaupun hobi makan mi, usahakan ada lauk dan sayuran yang cukup.

4. Jangan makan udang setelah makan Vitamin C kalau tidak mau keracunan!

Hoax paling bodoh dan sudah lama beredar. Tidak ada bukti ilmiah ataupun kasus tentang ini. Murni hoax.

4. Jauhi kertas sebagai pembungkus karena ada kandungan timbalnya (atau kadang disebutkan klorin)

Hum..? Sejauh keracunan timbal yang saya tahu adalah kalau kita duduk terlalu lama di daerah yang polusinya tinggi, misalnya terminal. Kalau sumbernya yang dekat dengan makanan sebenarnya adalah cat. Tapi cat yang mengandung timbal sudah lama dilarang. Kalau memang ketakutan keracunan timbal, lebih bijaksana kalau mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dari sekarang.

Dan setau saya minuman ledeng juga mengandung klorin. Memang sengaja dipakai untuk memutihkan. Kalau kebanyakan memang rasa air jadi tidak enak. Tapi apa lalu membuat keracunan? Klorin tidak berbahaya selama dalam ambang batas yang aman.

Kesimpulan

Kanker adalah penyakit menakutkan bagi semua orang. Saya pun tidak akan suka kalau terkena salah satunya. Tapi itu bukan menjadi alasan bagi kita untuk menyebar informasi yang tidak jelas asal muasalnya. Pertimbangkan berulangkali jika ingin menyebar hoax. Ingat bagaimana nasib ratusan tukang gorengan yang jadi tidak laku jualannya. Ingat nasib ribuan buruh pabrik mi yang diPHK karena pabriknya tutup. Ingat nasib ribuan buruh pabrik kertas yang kehilangan pekerjaannya.

Ciri utama hoax adalah kata-kata seperti ini:

Sebarkan ke semua orang yang kamu sayangi, sebelum semuanya terlambat!

Jika ada dalam email, langsung hapus saja dan lupakan. Jangan ikut-ikutan menyebar berita tidak jelas.

Iklan

6 Responses to “Hoax Hidup Sehat”


  1. 1 Mardies 15 Mei, 2008 pukul 9:49 pm

    Hahaha… 😀

    Makasih Mas Hariadhi

    Imel ini memang sudah berkali-kali masuk inbox. Tapi nggak pernah aku forward. Males.

    Cuman tentang botol aqua dan mi instan itu sempat “menambah wawasan” dan masuk dalam obrolan sehari-hari. Aduh, bodohnya aku 😛

  2. 2 bagsholic 16 Mei, 2008 pukul 12:30 am

    ishhh… g nga pnh dapat forwarded email yg bermutu .. klo udah ngeliat ‘fwd’ lewat dahh.. klo mengenai botol aqua .. weleh jadi pake 2 kali aja botol nya harus dibuang? pdhl proses degradasi nya beratus2 taon ya? demi menghindari kanker, koq malah contribute to global warming? weleh2

  3. 3 Rindu 16 Mei, 2008 pukul 12:47 am

    Mulai peduli yah… itu artinya tambah dewasa 🙂

  4. 5 Gm. 16 Mei, 2008 pukul 6:51 pm

    Wah parah juga tuh. Tapi kalau yg Indomie ada benarnya juga kali ya, soalnya banyak-banyak makan mie instan memang tidak baik untuk kesehatan kan? (tapi karena MSG tentunya)

    Ada juga tuh hoax mouse optik bisa menyebabkan kanker. 😆

    Kira-kira apa ya motivasi para hoaxer itu


  1. 1 Hoax RCTI? at in progress… Lacak balik pada 27 Agustus, 2008 pukul 1:23 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Mei 2008
S S R K J S M
« Apr   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d blogger menyukai ini: