Going Commercial, Yes I Am

APA!!! BLOG LU MAU DIPASANG ADSENSE, HAR?!?!?!

Hahahaha, bukan begitu. Ceritanya teman saya yang bijak laksana menyarankan saya mengurangi kegiatan ngeblog kalau tidak begitu banyak hasilnya. Lebih baik post saja topik-topik yang benar-benar bagus dan sisa waktunya dimanfaatkan untuk membangun website, mempromosikan karya-karya saya. Kalau istilah kerennya website portfolio (hahahah Bang Somad banget yah, bahasanya?)

Beberapa bulan lalu saya sudah mencobanya, tapi karena hostnya di geocities akhirnya tampilannya malah berantakan. Iklannya itu lho, nyaris setengah layar. Jadi saya sekarang sedang berpikir pakai host sendiri saja, sekalian beli domainnya. Mungkin kopitubruk.com (Kopitubruk ini judul tugas kuliah Manajemen Produksi DKV saya bersama anggota kelompok yang lain).

Masalahnya saya agak bingung, di kuliah hanya diajarkan HTML dan Flash. Lagipula saya tidak begitu berminat dengan bahasa pemrograman web macam ASP atau PHP. Sementara saya menginginkan ada semacam gallery yang bisa saya update setiap hari lewat komputer pribadi, tentu repot kalau bergantung kepada HTML saja. Di sisi lain, saya ga mau pake template-templatean. Desain dan layoutnya mau saya buat sendiri, eksklusif dan personal.

Kira-kira saya harus bagaimana, yah? Cari web programmer? Lalu saya harus host di mana? Kira-kira biayanya berapa? Ambil paket bandwidth yang mana? Budget saya kisaran 300- 1 jt

Ada yang bisa bantu?

Iklan

4 Responses to “Going Commercial, Yes I Am”


  1. 1 Xaliber von Reginhild 10 Mei, 2008 pukul 11:49 pm

    Untuk beberapa pilihan, mungkin bisa dicoba di plikhost.com (Jakarta), montirhost.com (Bandung), atau qwords.com (Bandung). Saya sendiri pakai plikhost, dan sampai sekarang cukup memuaskan (halah, kayak testimonial). 😛 Di plikhost 400 ribuan per tahun sudah dapat 500 MB space.

    Kalau repot bikin dari 0, pakai Content Management System (CMS) aja, mas. Kalau CMS tinggal klik-klik dan setting dikit bisa jadi. Kayak WordPress juga bisa dibilang semacam CMS.

    Tapi kalau mau CMS yang lebih serius ada Drupal atau Joomla. Kalau yang fiturnya cukup lengkap dan desainnya mau yang praktis, Joomla bisa jadi pilihan. Kalau suka otak-atik sendiri dan mau aduk cPanel sedikit, mungkin Drupal. :mrgreen: Biasanya ada tambahan galerinya.

  2. 2 alex® 11 Mei, 2008 pukul 3:10 am

    Kalau niat mau hosting cari yang pakai cPanel. Sepertinya cukup mudah utk dikelola kok. Ada banyak CMS yang bisa digunakan, seperti komen Xaliber itu 😉

  3. 3 ManusiaSuper 11 Mei, 2008 pukul 9:45 pm

    Saya juga berniat menanyakan hal yang sama, numpang menunggu jawaban. Kemaren sempet daftar di QWORDs tapi tertunda karena kesibukan dan kurangnya dana

  4. 4 mufti 12 Mei, 2008 pukul 2:55 pm

    Webhostingnya banyak yang nawarin, sekarang murah2. Qwords juga, respon CS nya cepat.
    Softwarenya pake CMS, tinggal bikin isinya. Menurutku yang bagus textpattern, simpel. Banyak graphic designer yang pake textpattern.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Mei 2008
S S R K J S M
« Apr   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d blogger menyukai ini: