Mengapa Wikipedia Tidak Komersial

Banyak yang heran mengapa Wikipedia tidak memasang iklan saja untuk menyambung hidupnya. (lagi-lagi balik ke isu bangkrut yang diciptakan situs berita yang satu itu). Saya pernah baca penjelasannya di Wikipedia Bahasa Inggris, tapi agak lupa.

Secara garis besarnya sih begini:

1. Wikipedia berada di bawah Wikimedia Foundation, yang sebenarnya adalah organisasi nirlaba.

Tapi organisasi nirlaba sendiri butuh biaya operasional kan, Har? Oh.. benar, tapi jawabannya bisa dilihat ke poin berikutnya;

2. Wikimedia mengadakan penghimpunan dana setiap tahun. Untuk tahun 2005 kalau ga salah total sumbangannya sampai 1 juta dollar. (sedap ga?:mrgreen: ). Jadi buat apa lagi ada iklan?

3. Kalau sekedar cari duit buat pribadi, Jimmy Wales, pendiri wikipedia, juga punya unit usaha komersial, yaitu Wikia dengan produk yang bernama sama, Wikia.org. Berbeda dengan Wikipedia, situs ini memasang iklan dan kontennya diserahkan ke masing-masing pemakai. Benar-benar komersial. Saya tidak tahu penggunaannya, tapi setahu saya tiap pengguna bisa membuat wikianya sendiri-sendiri. (salah satunya bisa lihat tolololpedia, situs wikipedia buat lucu-lucuan).

4. Dan yang terpenting, dengan membebaskan diri dari iklan, wikipedia bisa bebas dari tudingan pihak yang tidak bertanggung jawab (pembuat berita, maybe?) bahwa isi situsnya dipengaruhi kepentingan pemilik modal.

Saya tidak bisa buktikan poin-poin di atas secara detail. Semua hanya berdasarkan ingatan. Kalau mau keterangan resminya silakan kunjungi situs Wikimedia Foundation.

4 Responses to “Mengapa Wikipedia Tidak Komersial”


  1. 1 alex 7 Mei, 2008 pukul 1:24 am

    Saya sendiri bukan penggandrung wikipedia, tapi saya salut dgn ide untuk membuat sebuah ensiklopedia online yang melibatkan manusia skala global.

    Konsekuensi dari itu, ya objektifitas konten di sana masih bisa dipertanyakan. Nothing’s perfect memang.

    Saya sendiri skeptis apa iya wikipedia free dari segala yang berbau komersial, tapi well… sampai saat ini saya melihatnya masih cukup bersih.

    Keep up wikipedia😉

  2. 2 Nazieb 7 Mei, 2008 pukul 2:19 pm

    Asal jangan wiki CA saja lah..:mrgreen:

  3. 3 Xaliber von Reginhild 7 Mei, 2008 pukul 8:45 pm

    Oh.. Ternyata Wikia ada di bawah orang yang sama dengan Wikipedia to.. Saya suka ke Wikia juga soalnya banyak informasi untuk hal-hal spesifik yang inner-universe-nya kadang agak sulit untuk mencarinya.

    Misalnya Star Wars, atau Halo..😛

  4. 4 Danil 12 Juli, 2009 pukul 11:44 pm

    Sampai sekarang sih independensi mereka masih layak diakui, saking bebasnya terkadang aturan antar wikipedia yang berbeda bahasa saja bisa lain-lain.

    Coba saja pindah-pindah bahasa di Wikipedia pake menu samping, apalagi kalau sambil ngedit sana-sini… berasa benar perbedaan suasananya. Bahkan ada satu unit bahasa yang sangat anti dengan orang asing juga lho, tiap kita ngedit langsung dibalikin ^_^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Mei 2008
S S R K J S M
« Apr   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d blogger menyukai ini: