Diketirik

Hari ini saya mendapat kritikan soal kesinambungan dari dosen. Katanya kontinuitas dari desain saya sangat kurang, selain itu juga visualisasinya tidak mencerminkan tuntutan tugas yang diberikan. Awalnya saya tidak begitu mengerti, tapi setelah berbincang dengan teman ternyata dia memberi sebuah clue.

Saya adalah seorang desainer komunikasi visual. Sehebat apapun pemikiran saya, tetap saja saya bekerja di wilayah gambar, ruang, dan huruf. Gambar yang saya buat itulah yang harus berbicara, karena ngga setiap saat saya bisa menjelaskannya ke orang lain. Nda ada gunanya filosofi dan konsep hebat kalau tidak tercermin dari karya saya.

Pacar saya menyangka saya shock karena jarang-jarang saya mendapat kritik di depan kelas, apalagi sedang di depan memberi presentasi. Dia pikir saya down hanya karena komentar negatif. Hihihihi. Ya ga lah. Bnyak orang nuduh saya ini ambisius. Mungkin benar saya ambisius, hanya saja saya mencoba memaknainya dengan positif, bukan berarti lalu saya jadi angkuh, anti kritik, narsis, dan sebagainya.

Yang bikin saya sedih sebenarnya adalah karena hasil akhir desainnya benar-benar di luar dari yang saya bayangkan. Digital printingnya bener-bener ngaco, selain saya juga mengerjakannya dengan buru-buru 9 jam penuh (dari jam 9 malam sampai 6 pagi). Wajar dong saya kecewa? Apalagi modalnya mahal, 150 ribuan. Benar-benar desain yang “not worth it“.

Pelajarannya? Teman saya ngasih saran untuk tidak terputus-putus mengerjakan desain, apalagi kalau jedanya lama. Jangan pula terburu-buru, karena apapun yang dikerjakan terburu-buru pasti jadinya tidak memuaskan.

Omong-omong inilah hasil desain buku dan displaynya.

Emang Jaka Sembung bawa golok, ya? Hehehehe

0 Responses to “Diketirik”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Mei 2008
S S R K J S M
« Apr   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

