Membaca vs Melihat

Bangsa kita tercintah™ memang masih terlalu terbiasa dengan budaya lisan, belum tulisan. Terbiasa menikmati sesuatu dengan instan, kalau bisa tanpa perlu mikir.

Contohnya saja dalam hal komentar dalam blog. Sering kita hanya melalui proses melihat, tidak sampai membaca apalagi mencerna. Ambil satu atau dua kata, lalu rasakan suka atau tidak dengan kata itu. Kalau suka puji saja habis-habisan, kalau tidak suka serang sampai penulisnya kehabisan napas.

Padahal kita lupa, tulisan sebenarnya tidak sekaya lisan. Kebanyakan darinya sama sekali tidak memperlihatkan emosi, beberapa harus digali habis-habisan dulu sebelum kita bisa memahaminya. Ada yang harus dicek referensinya, ada pula yang sekedar pikiran main-main dari penulisnya. Membaca harus cermat jika dibandingkan dengan mendengar lawakan dari orang lain.

Saya pikir atas alasan itulah budaya fast reading berlaku, sehingga sering membawa diskusi tak sehat. Yang tak perlu digugat malah digugat. Yang jadi bahan becandaan malah dianggap serius. Yang sekedar bermain-main dianggap kelewat kritis.

Mungkin dalam hal ini sang pakar™ benar, media blog belum layak untuk menyebarkan budaya intelektual. Lah wong bloggernya saja masih demen fast reading, kok.

1 Response to “Membaca vs Melihat”


  1. 1 FraterTelo 1 Mei, 2008 pukul 1:59 pm

    Ya, dan saya merasa agak tersinggung dengan tulisan Anda ini. Tapi saya mengucap terima kasih karenanya. Tulisan Anda membawa saya untuk berefleksi: untuk apa sih saya memberikan comment di setiap blog yang saya kunjungi? dan jawaban spontan dari benak saya adalah supaya pemilik blog yang saya kasih comment balik berkunjung ke blog saya untuk memberikan comment. “DO ut DES”


Tinggalkan Balasan

Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Mei 2008
S S R K J S M
« Apr   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

