Mayday…! Mayday…! We are Crashing!

Bulan Mei, saatnya demonstrasi atas nama buruh. Beberapa kali aman, ada pula yang rusuh. Saya tidak terlalu ngeh soal begituan. Soalnya saya bukan buruh, sekedar mahasiswa yang senang memelototi koran. Pengen sih bikin foto aksinya, tapi saya bukan wartawan yang dilindungi hak-haknya dalam meliput.

Tapi ada peristiwa tadi sore yang membuat hati saya tersentil, sebuah percakapan di Taksi berwarna biru. Si bapak supir cerita kalau aksi 1 Mei kali ini (katanya) rusuh di Istana. Macet di mana-mana. Usil, saya coba tanya “Lah, emang bapak ga ikutan?.”

Dia pun menjawab dengan polos “Yah… kita mah bukan buruh, Mas. Kita kan ga dibayar dengan penghasilan tetap. Istilahnya kerja untuk menggaji diri sendiri. Ga ada hubungannya juga antara UMR atau segala macamnya dengan penghasilan kita. Yang penting mah makin rajin narik, penghasilan makin nambah. Ga narik ya ga dapat apa-apa.”

Saya ketawa, masuk akal juga ngelesnya. Lagi-lagi saya usil berkomentar “Iya juga ya, Pak. Lagian kalau supir taksi sampe mogok barengan, bisa mati nih semua bisnis di Jakarta.”

Si bapak senyum, entah senyum setuju atau senyum ga ngerti seperti kalau dia dijelaskan Undang-Undang Ketenagakerjaan.

Cuma Tuhan yang tahu.

0 Responses to “Mayday…! Mayday…! We are Crashing!”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Mei 2008
S S R K J S M
« Apr   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

