Pokoknya!

Dosen saya pernah ngejelasin tentang otak kiri dan kanan. Otak kanan berpikir lebih liar, merusak batasan. Sementara otak kiri lebih analitis dan disiplin. Setiap orang punya kecenderungan masing-masing, yang akan berpengaruh kepada karakter diri dan caranya mengambil kesimpulan.

Nah susahnya, saya lihat di lingkungan kita (Indonesia, barangkali?) banyak sekali yang terjebak dengan otak kiri, sehingga kita sangat sulit menerima perubahan, sukanya textbook. Kalau dari zaman dulu sudah A, ya jangan diubah lagi, tetaplah jadi A. Pintar, tapi kurang cerdas.

Padahal kenyataannya kan tidak begitu, dunia ini akan berubah. Semua bergerak jauh dari yang dicanangkan oleh apapun namanya itu: proklamator, bapak bangsa, ahli, pakar, dan sebagainya. Boleh saja baca buku dan ahli dalam bidang itu. Tapi ya tetap saja yang sebenarnya terjadi adalah apa yang sudah terjadi. Kalau teorinya bilang A, tapi kenyataan bilang B bagaimana?

Saya pun ga bilang kalau kita semua harus menganut otak kanan. Mungkin malah kacau balau kalau semua orang gemar perubahan. Lah nanti siapa yang mau ngurusin tetek bengek kehidupan sehari-hari? Siapa yang mau ngurusin teori? Tipe begini cerdas, tapi ga pintar.

Eh…. yang bener harusnya bagaimana, Har?

Ya… pasti idealnya orang 50:50, otak kiri dan kanan seimbang. Tapi ya yang namanya ideal ya mana ada toh?

Jadi menurut saya yang penting sebenarnya adalah toleransi kepada cara pikir orang lain. Kalau sampeyan penganut perubahan, hormatilah pendapat orang lain yang textbook. Begitu juga kalau sampeyan penganut semua-harus-serba-bisa-dibuktikan-referensinya, ndak usah mencaci-maki ke orang lain yang berpikir nyeleneh.

Belum tentu juga yang tertulis di buku itu benar, kan? Apalagi di blog.

0 Responses to “Pokoknya!”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

%d blogger menyukai ini: