Monyet dan Weker

Kemarin saya lihat di SINDO XL menarik iklan versi kawin sama monyetnya. Terus SINDO yang repot-repot minta maaf di surat pembaca karena memajang iklan yang katanya tidak senonoh (mungkin iklan ON CLINIC Sutra? saya ga terlalu ngerti)

Kalau dari sisi iklannya saya ga liat ada sesuatu yang aneh dari dua iklan tersebut. Lah biasa saja kalau iklan memakai kata-kata dan perumpamaan agresif. Karena memang tujuannya menarik perhatian orang banyak.

Selagi tidak frontal dan jadi kampanye negatif terhadap produk lain ya harusnya ga dilarang-larang. Itu kan bagian dari eksplorasi kreativitas. Lah… kan bosen kalau iklan kita melulu isinya “Ahhh….Segar! Minumlah Mizone!”, terus gambarnya orang lagi pegang Mizone sambil acungin jempol. *

Kalaupun ada yang perlu diprihatinkan adalah kebiasaan berperang tarif yang sudah kebablasan hingga cenderung menipu konsumen. Lah kalau begitu ya lagi-lagi jangan salahkan iklannya. Mereka kan kerja sesuai pesanan, pesan apa yang hendak disampaikan oleh tim marketing.

Sama ide dengan iklan lain? Itu mungkin yang bisa jadi masalah. Kalau mau tahu bahasannya bisa lihat Cakram bulan ini. Tapi saya pikir agak jauh berbeda.

Untuk iklan On Clinic Sutra, saya pikir sebenarnya tidak ada yang salah dengan iklan itu. Yang dia gambarin cuma siluet kok, bukan gambar jelas orang lagi senggama. Dikemasnya pun dengan cara menarik, mirip icon-icon lalu lintas, mengganti posisi angka di jam weker. Kalau ada orang terpancing syahwatnya gara-gara gambar begitu ya berarti orang itulah yang patut dipertanyakan kewarasannya, hihihi. Lain hal kalau dia terang-terangan memamerkan isi produknya.

Inilah susahnya kalau moralitas sudah dibawa-bawa untuk menilai sesuatu. Batasannya boleh seenak perut.

* Maaph buat mizone karena namanya saya pake di sini. Soalnya ini minuman favorit saya hehe.

Iklan

1 Response to “Monyet dan Weker”


  1. 1 Rindu 21 April, 2008 pukul 10:14 am

    Iklan memang lahan peperangan kayanya … saling membunuh, saling menghancurkan, ah saya INGIN damai dengan tidak ikut menghakimi 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

%d blogger menyukai ini: