Sosok Kompas Hari Ini

Kamis sebelum kuliah, tumben-tumbennya saya bangun pagi sekali. Sekalian baca koran sambil sarapan, ada kisah Totok Agung Dwi Haryanto di halaman belakang. Ia berjasa menemukan tiga padi gogo aromatik.

Padi goyang agogo?!?! Apaan tuh, Har?

Itu lho, padi untuk lahan kering. Banyak ditanam di ladang-ladang (mungkin terutama di Sumatera? Saya kurang tahu). Saya pernah nyoba makan beras yang beginian. Baunya apek sekali. Mirip nasi yang udah berhari-hari dipanaskan terus. Tidak enak sama sekali, pantas harganya murah.

Tapi padi gogo aromatik temuan Mas ini diklaim tidak bau lagi. Kualitasnya bisa bersaing dengan beras pulen. Jadi lima jempol untuk temuannya, nanam padi di Indonesia tidak lagi terbatas lahan.

* Keterbatasan selalu menghasilkan kreativitas, yes? Tolong pemerintah hargai tuh, jangan sibuknya ngasih lencana pahlawan ke politikus aja.

ilid2.png

2 Responses to “Sosok Kompas Hari Ini”


  1. 1 hani 20 Desember, 2008 pukul 10:27 am

    itu temuan sudah lama. Itu juga yang membawa beliau jadi Profesor. Beberapa waktu lalu beliau masih dapat kendala dengan ijin dari departemen pertanian. mudah2an kali ini sudah beres. sehingga produk padi gogo tsb sudah dapat diperjualbelikan pada masyarakat luas kita.
    Btw salut buat kamu yang beraksi di design tapi tertarik pada masalah pertanian.tq.

  2. 2 heru 11 Februari, 2009 pukul 10:12 am

    kalo padi gogo itu udah lama ada dan terdapat di peg gunung kidul DIY tempatnya padi tsb tdk perlu di air banyak maka banyak tumbuh di daerah pegunungan kapur ,krn dulu era pak harto hrs tanam padi cepat timbuh 3 bln bisa panen, jadi si padi gogo tak terkenal lagi gitu , tapi pada tahun 1960 orang udah makan padi gogo tu biasa, u masa sulit spt ini boleh di jadikan komoditi pengganti beras putih ga masalah, dan itu bisa di jadikan sereal u makanan diet bagi orang yg menderita kegemukan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

%d blogger menyukai ini: