Terima Kasih Pak Menteri!

Teruntuk Bapak M. Nuh, Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Kita semua mengerti bahwa ocehan mengenai agama sudah lazim di negara yang memiliki tingkat kebebasan berbicara lebih daripada kita. Dan suka tidak suka, pengaruh kebebasan seperti itu pun akan masuk ke negara kita tercinta. Semua hanya masalah waktu.

Yang terpenting dari sebuah kebebasan berbicara bukanlah mengungkapkan yang benar-benar saja. Ia hanya bisa ada jika semua orang diperbolehkan berpikir dan berbicara sesuai keinginannya masing-masing. Dari sanalah tercipta kesetimbangan. Yang berada di pihak benar bisa menyatakan kebenarannya, begitu pula orang-orang di pihak yang salah. Kami semua akan berdebat hingga bisa melihat posisi masing-masing dan menyepakati kebenaran yang sebenar-benarnya.

Buruk? Tidak sama sekali. Dari sanalah bangsa kita belajar untuk dewasa. Kepala boleh panas, makian boleh terlontar, tapi lengan baju tak boleh disingsingkan untuk membungkam lawan bicara. Tak perlu ada pentungan, tak perlu ada perusakan konsulat.

Tidakkah itu indah? Tidakkah itu dewasa?

Maka adalah sebuah tindakan sia-sia saat dulu kita dengan gegabah menutup-nutupi sumber sebuah pertengkaran. Itu artinya sama saja seorang juri ikut campur membela satu pihak dalam sebuah acara debat. Itu akan mengajari rakyat kita untuk terus menjadi anak-anak, disuapi kebenaran tanpa perlu bersusah-payah mencarinya.

Jadi terima kasih Bapak sudah mendengar aspirasi kami. Terima kasih untuk membuka akses kami ke layanan pertukaran video internasional bernama You-Tube. Terima kasih sudah membiarkan kami belajar dewasa, dengan cara kami sendiri-sendiri.

Terima kasih untuk Bapak, terima kasih untuk semua yang sudah berjuang.

Iklan

0 Responses to “Terima Kasih Pak Menteri!”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

%d blogger menyukai ini: