Sudah Jadi Resiko Menulis

Masih tentang komentar negatif di blog ini. Entah kenapa tiba-tiba hari ini saya dapat pencerahan bagus sekali dari kuliah Bimbingan Penulisan. Dosennya bilang kira-kira seperti ini:

Yang menjadi masalah saat menulis adalah kita terlalu takut salah….

… wajar saja kalau penulis memiliki subjektivitas saat menulis. Sebab dari awal memang dia harus memilih pihak mana yang akan dia bela. Kalau penulis ingin menulis dari bagian tengah yang aman-aman saja, maka tulisannya akan plintat-plintut.

.…ya ga masalah kalau banyak orang tidak setuju dengan tulisanmu. Saya sendiri senang kalau ada orang bilang tidak setuju dengan tulisan saya. Sebab misi saya adalah membuat pembaca saya berpikir. Walaupun dia teriak-teriak ga setuju, tetap saja dia memikirkan topik yang saya bahas, toh? Habis perkara.

…kalau tulisanmu dihujat, kemungkinan alasannya cuma dua. Bisa karena tulisanmu jelek, atau pembacamu yang tidak punya inteligensia cukup untuk memikirkan tulisanmu.

Benar juga ya? Sudah jadi resiko saya jika dihujat. Karena saya sudah punya keberanian untuk menulis blog (pake nama asli pula). Masalah mereka tidak suka dengan pemikiran saya atau menganggap sok pintar, tidak masalah. Paling tidak misi saya tercapai, banyak orang sudah membaca tulisan saya.

Titik!

5 Responses to “Sudah Jadi Resiko Menulis”


  1. 1 Gyl 5 April, 2008 pukul 9:30 am

    Hmm… bisa jadi bahan masukan ini…

  2. 2 Nazieb 5 April, 2008 pukul 11:03 am

    Aduh, jadi malu kalo tulisan saya plintat plintut😳

  3. 3 Hoek Soegirang 7 April, 2008 pukul 7:32 pm

    bookmark it!!!!
    so deliciousss!!!!! mhuahuahuahuahuahuahua!!!!

  4. 4 Mihael Ellinsworth 14 April, 2008 pukul 5:20 pm

    Cukup jelas, bukan ? Ada orang yang tidak banyak baca juga di sekitar kita. Ada juga yang tidak bisa diajak bicara waktu lihat pisuhan.😉

  5. 5 ngodod 25 April, 2008 pukul 4:33 pm

    menulis itu berpihak…


Tinggalkan Balasan

Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

