Arsip untuk April 5th, 2008

Bunuh Lalatnya Pakai RPG!

Seperti yang sudah saya takutkan sebelumnya, kekuasaan sensor-sensoran atas nama memberangus pornografi malah diabuse. Sekarang ada ide untuk memblokir U-tube hanya untuk alasan sederhana: Situs itu menyediakan layanan Film Fitna!

Setahu saya untuk layanan seperti U-tube, blogspot, wordpress, dan wiki, setiap penyumbang konten bertanggung jawab sendiri terhadap yang disumbangkannya. Perusahaannya sendiri cuma menyediakan layanan. Kalaupun disalahgunakan ya tuntut yang mengupload dong? Masa yang jadi korban seluruh penggunanya? Lah U-Tube itu kan isinya bukan Fitna saja?

Lha saya heran, kalau untuk alasan yang sama misalnya ada satu pengguna wordpress yang usil menghina-hina Islam, misalnya, apakah semua akun wordpress harus ikut diblokir? (Ini lucu sebenarnya, karena yang jadi korban blok termasuk juga blog yang sebenarnya menyatakan keberatan dengan FITNA).

Suka-tidak suka ternyata UU ITE itu memang bisa dipakai untuk memberangus kebebasan berbicara, ya?

*Gambar Rocket Propelled Grenade di atas diambil dari Wikimedia Commons. Masuk wilayah Public Domain. Silakan diedit dan disebarkan sesukanya.

Lah?

Pagi ini saya mau bikin post baru ternyata tampilan wordpress “agak” berubah.

Ada yang salah ga yah? Cuma saya aja atau yang lain juga ngalamin?

Sudah Jadi Resiko Menulis

Masih tentang komentar negatif di blog ini. Entah kenapa tiba-tiba hari ini saya dapat pencerahan bagus sekali dari kuliah Bimbingan Penulisan. Dosennya bilang kira-kira seperti ini:

Yang menjadi masalah saat menulis adalah kita terlalu takut salah….

… wajar saja kalau penulis memiliki subjektivitas saat menulis. Sebab dari awal memang dia harus memilih pihak mana yang akan dia bela. Kalau penulis ingin menulis dari bagian tengah yang aman-aman saja, maka tulisannya akan plintat-plintut.

.…ya ga masalah kalau banyak orang tidak setuju dengan tulisanmu. Saya sendiri senang kalau ada orang bilang tidak setuju dengan tulisan saya. Sebab misi saya adalah membuat pembaca saya berpikir. Walaupun dia teriak-teriak ga setuju, tetap saja dia memikirkan topik yang saya bahas, toh? Habis perkara.

…kalau tulisanmu dihujat, kemungkinan alasannya cuma dua. Bisa karena tulisanmu jelek, atau pembacamu yang tidak punya inteligensia cukup untuk memikirkan tulisanmu.

Benar juga ya? Sudah jadi resiko saya jika dihujat. Karena saya sudah punya keberanian untuk menulis blog (pake nama asli pula). Masalah mereka tidak suka dengan pemikiran saya atau menganggap sok pintar, tidak masalah. Paling tidak misi saya tercapai, banyak orang sudah membaca tulisan saya.

Titik!


Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
April 2008
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930