How Would You Define A Blog?

wtfistruth.jpg

Sehubungan komentar negatif di salah satu page saya, saya ingin ngajak tukar pandangan tentang bagaimana kita menafsirkan arti sebuah blog. Bagaimana kita mengapresiasi isinya? Apakah kita telan mentah-mentah sebagai teori yang pasti bener? Atau sebaliknya jangan dibaca saja karena isinya pasti omong kosong?

Buat saya blog adalah kesimpulan saya setiap hari. Setiap kejadian, setiap tulisan, setiap hasil browsing, saya buat risalahnya ke dalam satu artikel (kadang dua atau tiga, tergantung mood dan banyaknya kejadian besar yang saya temui hari ini). Tapi jelas saja itu sekedar sudut pandang saya terhadap hidup sehari-hari. Bisa salah, bisa bener.

Apalagi mau bicara seni atau desain? Ga akan ada ukuran benar-salahnya, toh?

Itu juga yang bikin saya belakangan malas mengcopy paste artikel, entah dari wikipedia atau buku. Saya lebih senang kalau orang datang ke blog ini untuk berdiskusi, bukan untuk memberi bahan untuk dicopy ulang. Mereka bilang saya salah? Ya terima kasih banyak, berarti saya harus belajar lebih banyak lagi.

Omong-omong dua alasan inilah yang bikin saya lebih senang membaca blog orang yang “sudah jadi”, seperti Pak Budi misalnya, tampil dengan keseharian dirinya, tak meributkan teori-teori untuk memperkuat statusnya sebagai ahli.

Lalu bagaimana kalau dikomentari negatif tanpa baca apa yang saya tulis? Sesuka mereka sajalah. Soalnya kebenaran bisa saja ditemukan dari musuh kita sendiri. Seperti Ferguson yang baru saja mempermalukan Spaletti dengan jurusnya sendiri, formasi 4-6-0. Jadi semakin mereka bersikap negatif, makin saya suka. Soalnya ilmu saya bakal ditambah dan makin karma saya membaik (saya termasuk yang percaya kalau ada campur tangan oleh Yang Di Atas untuk setiap ketidakadilan yang terjadi setiap hari).

Ah, tapi omong-omong saya lebih senang nonton Arsenal daripada MU.πŸ˜†

Soal mantan teknik mesin? hahahah. Saya ndak pernah tuh merasa keminter dengan status itu. Adanya malah rendah diri (andai saja orang ini pernah membaca artikel saya tentang belajar desain yang ternyata lebih sulit untuk orang-orang yang berlatar IPA). Sehebat-hebat teknik mesin dan Institut Gajah Duduk yang saya masuki, saya tetaplah seorang DO. Jadi ndak ada yang bisa dibangga-banggain dengan status itu.

So, you may say whatever you want, dude. Ini cuma blog, anyway.

3 Responses to “How Would You Define A Blog?”


  1. 1 Hoek Soegirang 3 April, 2008 pukul 1:21 am

    “So, you may say whatever you want, dude. Ini cuma blog, anyway.”
    hoh? kalo gidu : Hariadhi dudud! Hariadhi dudud! Hariadhi cupu!!!
    .
    .
    .
    *lansun dituntut karena mencemarkan nama baik*

    hmmm…kekna orang yang komeng itu ndak funya intelejenjay yang cukup buat berpendapat. Jahhh…iri? kekna endak, mungkin cuma lage iseng doank fengen mancing emosimu kawand. Biasalah, orang yang berperadaban dan berpendidikan ‘rendah’ kek geto. Mungkin juga fengalaman hidupnya fahidh sangadh, jadina dia sudah terbiasa bertindak kek geto. sudah seharusnya, kita mengasihani beliau, kawand.
    gyahahahahaha!!!!

  2. 2 hariadhi 3 April, 2008 pukul 1:59 am

    Itu komen punya lu Hoek, bukan gw yahπŸ˜›

    Nda pa-pa. Hadapi saja semua dengan senyum. Nih gw kasih lebar-lebar:

    ^_______________________________________________________^

  3. 3 Nazieb 3 April, 2008 pukul 5:41 pm

    Argh!! Arsenal ga keren!! Pokoknya MU Forever!!😈
    ___________

    Yah, mungkin dia ituh iri tapi malu, buktinya ajah, uda ngomeng-ngomeng, eh tapi pake anonymous..

    Ndak jentel sangadh!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

%d blogger menyukai ini: