RTFD

Kalau dalam dunia IT dan open source ada ungkapan RTFM alias Read The Fucking Manual untuk orang yang sembarang mengajukan pertanyaan padahal petunjuknya sudah jelas-jelas ditulis, maka di dunia blog dan wiki saya ingin mengajukan istilah baru: RTFD!

Apa itu RTFD, Har?

Gampang saja, RTFD berarti Read The Fucking DISCLAIMER, dammit! Sebelum sampeyan mendungu kepada informasi-informasi yang ada di blog atau wiki, luangkanlah waktu terlebih dahulu untuk membaca disclaimernya. Setelah dipahami, barulah akses isinya.

Lebih spesifik, dong?

Disclaimer berarti semacam bantahan awal alias penolakan tertentu yang disepakati otomatis saat seorang pengguna mengakses informasi. Misalnya “kami tidak menjamin bahwa informasi dalam situs ini pasti benar (ala wikipedia)”, atau “semua isi situs ini adalah joke, jangan dianggap serius”, atau “semua isi situs ini adalah pendapat pribadi”. Jadi kalau suatu saat terkecoh dengan isinya, sampeyan nda bisa mencak-mencak. Semua resiko ditanggung sendiri.

Kalau di blog bisa saja sedikit berbeda. Ada juga yang mengartikan sebagai peraturan-peraturan yang harus dipatuhi pembaca sebelum mengakses blog yang bersangkutan. Misalnya “Jangan asal copy paste”, atau “Semua isi blog ini dilindungi UU hak cipta.”

Saya sendiri sudah membuat page disclaimer yang menyatakan kalau isi seluruh blog ini adalah catatan keseharian dan pendapat pribadi. Sampeyan jangan marah kalau suatu saat saya bilang lingkungan tempat sampeyan itu jelek dan isinya orang dungu semua. Soalnya semua hanya o-p-i-n-i. Tak akan bisa saya buktikan secara ilmiah, dan bukan untuk tujuan ilmiah pula blog ini dibuat.

Kenapa harus repot-repot dengan disclaimer, Har?

Begini lho mas…. Ini efek samping revolusi informasi di internet. Sudah ditemukan banyak cara untuk mengumpulkan data yang jauh lebih efisien daripada cara konvensional. Entah itu melibatkan orang-orang yang tidak dikenal atau sekalian memasukkan saja opini personal. Semuanya membuat isi internet makin kaya, tidak lagi membosankan dan dingin.

Tapi tentu saja setiap perubahan ada konsekuensinya. Sampeyan harus makin pintar menyaringnya. Misalnya ya kalau di Wikipedia. Anonim-anonim terlibat dalam pengumpulan informasi. Dan lagi situs ini cukup terkenal dalam perujukan informasi. Jadi satu saja dari mereka yang punya sifat perusak sudah cukup untuk bikin seisi dunia geger. Karena itulah akhirnya Wikipedia wanti-wanti kalau isi seluruh situs tersebut ga bisa didungui. Cek dulu referensinya sebelum percaya!

Lah kalau saya ga setuju dengan disclaimernya?

Ya udah, sampeyan dak usah baca isinya. Itu malah bahaya buat sampeyan.

Kenapa ga sekalian saja wiki dan blog itu dilarang, Har? Toh isinya ga ada yang bisa dipercaya.

Oke, pernyataan itu sudah cukup untuk membuat internet kembali seperti sedia kala. Puas?

Iklan

0 Responses to “RTFD”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Maret 2008
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

%d blogger menyukai ini: