Foto Bebas dan Gratis

bulu1.jpg

Mungkin banyak yang bertanya (dan protes), kok bisa-bisanya Hariadhi nyebarin foto gratis seenaknya? Ga pake tanda copyright. Resolusi besar lagi. Pasti hasil nyolong karya orang ye?! Pasti ini didownload dari situs fotografi terus dihilangin watermarknya! Atau nyolongin karya dari kamera temennya ye?!

Ya kan? Ya Kan?! Ngaku aja deh…

Hehehehe.. enak saja. Foto-foto itu saya jamin buatan saya sendiri, memang saya gratiskan, dan yang penting: legal. Sampeyan boleh mengedit, mengutak-utik, bahkan mengupload di situs sampeyan tanpa perlu minta izin (dengan syarat tetap mengakui kalau itu foto karya saya, tentu).

Kok bisa?

Intinya adalah dedikasi.

Ya.. ceritanya begini. Setahunan lalu saya gabung di wikipedia. Nah, yang saya lihat itu wikipedia (dan banyak inovasi dalam proyek free license lain), memang bagus dan bermanfaat. Tapi sayang, kurang didukung oleh karya seni yang bagus macam desain, ilustrasi, dan fotografi. Jadi rasanya proyek atau program itu inovatif tapi kering kerontang. Ndak ada sentuhan indah-indahnya sedikitpun.

Maklum saja, yang bikin gambar itu kebanyakan programmernya sendiri. Ups maaf, saya ndak bermaksud lecehin programmer. Bukan berarti mereka ga bisa bikin gambar bagus. Tapi akan lebih baik kalau diserahin sama orang yang menguasai bidangnya, ya toh? Sebaliknya, saya sendiri mengakui ga akan bisa sehebat programmer-programmer free license lain yang jago koding. Karena saya kuliah di seni rupa ya yang bisa saya sumbangin ya foto dan gambar yang bagus (menurut saya, lho. bisa aja jelek menurut orang lain).

Selain itu proyek free license di Indonesia sebenarnya kurang banyak sentuhan Indonesianya, seperti yang pernah dibikin solusinya sama Pak Dosen Gaul ini. Jangan tanya, saya pernah terbahak-bahak ngeliatin program yang ngakunya buatan anak Indonesia tapi di manualnya malah ngeliatin foto orang bule. Logonya nyontek menara Eiffel. Lah, itu proyek anak negeri dari Hongkong?

Makanya lalu saya terinspirasi untuk bikin dukungan dari segi dokumentasi. Gimana caranya supaya gambar-gambar itu bisa muncul dengan kualitas bagus. Jangan asal jadi. Program keren kalau tampilannya ga ok tentu ga akan ada yang mau pake, ya toh? Orang bisa saja ndak akan pernah beralih dari Windos bajakan ke Linux hanya gara-gara wallpaper desktopnya kurang ciamik, ya toh?

Dan yang terpenting dari semuanya adalah harus bebas dan gratis, supaya bisa dimanfaatin orang lain. Paling ga bisa dimanfaatin sebagai sumber ilmu pengetahuan. Makanya saya ga segan-segan mengupload file aslinya. Bisa sampe 3 MB.

Bukan apa-apa. Saya sering sedih lihat karya ilmiah atau presentasi yang pake foto ukuran kecil. Foto seuprit ini lalu dipaksain gede. Akhirnya yang ada malah pecah, ga berbentuk sama sekali. Nah.. kalau foto saya tuh bisa diprint sampai ukuran A4 alias 10 R. Kalau di monitor dijamin bisa dilihat sampai ukuran 19 inchi. Dijamin ga pecah, jadi bisa dipakai untuk guru-guru di sekolah yang butuh bahan ajaran a.k.a poster ilmu pengetahuan. Semuanya bebas, gratis, dan LEGAL.

OK, kan? 😉

Mau juga dong, Har? Bikinin foto ini, itu, ono, unu, pokoknya banyak. Semua! Semua!

Walah begini yang agak susah. Gratis di sini bukan berarti ga perlu modal untuk membuatnya, lho.

Begini.. saya tuh biasanya foto pake teknik foto studio yang butuh banyak perlengkapan. Bukannya ala fotografer kawinan yang tinggal datang terus jeprat-jepret. Paling ga untuk satu kali sesi foto biasanya saya habis sampai 900 ribu (kapan-kapan saya akan uraikan deh tentang foto studio dan rincian biayanya).

Untuk sekarang memang biayanya bisa berkurang banyak karena kampus bermurah hati meminjamkan peralatan studio foto. Tapi ya kalau minjem berarti banyak batasannya. Kalau ketahuan saya moto bukan buat tugas saya pasti kena damprat. (jadi tolong ingat kalau sampai saat ini saya masih setengah mencuri-curi kesempatan). Selain itu ndak bisa setiap saat, karena minjam ya harus ngantri sama mahasiswa lain. Saya juga setahun lagi akan lulus. Jadi kemungkinan ga bisa lagi seenaknya pinjam-pinjam, harus bisa nyewa.

Buat ngasih bayangan saja, kemarin saya tanya ke Primacolor nyewa perlengkapan studio foto untuk sehari itu minimal keluar 800 ribu. Itu perlengkapan minimal, lho. Beli sendiri? Ya woh perlu paling ga 50 juta. Belum biaya untuk beli setting yang bagus. Belum eksplorasi. Belum biaya upload ke internet (jangan salah, upload 3mb bisa setengah jaman lho). Banyak deeh.

Kalau gitu lu kaya dong, Har?

Inilah intinya. Saya ga borju, wokeh? Untuk bikin foto yang bagus saya perlu ngiri-ngirit duit. Saya cuma anak pensiunan montir, jadi dikasih jajan ga seberapa. Berapa kali juga saya dimarahin karena kehabisan duit gara-gara proyek foto ini. Hidup nelongso makan indomie telur buat kebaikan orang lain, eh….. kebaikan umat sedunia (*halah)

Makanya saya pengen nanya, kira-kira ada yang mau ngebantu ga? Ini proyek mulia lho. Semua foto bagus digratiskan untuk ilmu pengetahuan dan program lisensi bebas. Sekalian kita bisa mengenalkan kekayaan Indonesia ke seluruh dunia. (kemarin saya sempat bikin foto Bengkuang dengan latar sarung). Nda masalah mau nyumbang 10 ribu sekalipun. Yang penting bisa ditransfer lewat ATM.

alpukat.jpg

Jadi kira-kira ada yang berminat nyumbang, ga? Nomor rekening Mandiri: 123-00-0465841-7 a/n Hariadhi. Sumbangan sekecil apapun bakal bermanfaat buat orang seluruh dunia!

*Hati-hati, ga semua gambar juga yang gratis dan bebas dari blog ini. Perhatikan baik-baik lisensi yang biasanya saya tulis di bagian bawah postingan. Cuma yang ada tulisan GFDL, Creative Common, atau Public domain yang boleh sampeyan obrak-abrik.

*Foto di atas sudah pernah saya upload ke wikimedia commons. Dilisensi GFDL+CC With attribution-SA. Sampeyan cuma perlu kasih credit sama saya sebagai fotografer,

8 Responses to “Foto Bebas dan Gratis”


  1. 1 juraganburger 17 Februari, 2008 pukul 9:08 pm

    pertamaxxx……
    Salut deh, keep good attitude, emang kelakuannya jelek ya?
    Saya dukung , kapan2 mau pake fotonya sampeyan buat dipake di blog saya…

  2. 2 erander 18 Februari, 2008 pukul 10:08 am

    Har .. kaya’nya ga ada yang gratis deh .. wkakakak 😆

    Har .. bikin box di side bar .. trus tulis no rekg mu, sapa tahu ada yang bakal donasi. Jadi ga mesti buka2 postingan ini lagi.

    Boleh juga deh usaha mu :mrgreen:

  3. 3 Sayap KU 18 Februari, 2008 pukul 11:37 am

    Photo SAYAP … ehm, SAYAP memang selalu indah, Ade mau diphoto dong mas, dengan baju putih bersayap, rambut ditiup angin dan kepakan. Koq jadi kaya bidadari yah?

    -Ade-

  4. 4 Sayap KU 18 Februari, 2008 pukul 11:38 am

    Lupa tanya, udah dapat belum photo untuk cover buku Sayap KU? … kalau udah kabarin yah. Udah hampir selesai nih buku Ade.

    -Ade-

  5. 5 Goenawan Lee 18 Februari, 2008 pukul 10:20 pm

    Saya agak tolol dan sinting, masa nulis No Copyright (kecuali yang dialamatkan ke pemilik aselinya) di footer blog… :mrgreen:

  6. 6 hariadhi 18 Februari, 2008 pukul 11:19 pm

    Hayo.. dari tadi saya cek rekening ga ada satupun yang mau nyumbang. Kenapa segitu pelitnyakah demi ilmu pengetahuan? Apa lebih suka duitnya diabisin buat dugem kali yah? Makan di KFC? 😆 Hayolah Bangsa Indonesia…. Ini demi kebaikan kita semua. Masa berbusa-busa mengkotbahkan pengembangan ekonomi kecil dan mikro tapi masalah pengetahuan bersama malah pada bungkam?

    @juraganburger
    hahahah, ngapus dosa masa lalu. Setengahnya sih, iya.
    @erander
    ok makasih idenya. lagi dibuat, bang.
    @Sayap KU
    Kalau desain kita perlu bicara dulu, De. Kapan gw bisa ke sana? Email aja yah…
    @Goenawan Lee
    Hooo ya emang sekarang eranya kebebasan. Salut.. salut…

  7. 7 Goenawan Lee 19 Februari, 2008 pukul 12:33 am

    Salut apanya… wong ini aku yang sinting. 😐 *ketularan om annots dan om sandal*
    *tapi tenang aja karya orang kan ku-credit, jadi ndak bebas* 😈

    *cek rekening yang super sekarat sangat*


  1. 1 jasa foto wedding Lacak balik pada 26 Januari, 2015 pukul 5:32 pm

Tinggalkan Balasan

Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Februari 2008
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

