Wikipedia Bahasa Indonesia, So Far….

Saya ga terlalu ingat kapan pertama kali bikin account di Wikipedia. Mungkin Agustus 2006an gitu deh. Sejak saat itu banyak sekali peristiwa yang saya alami. Mulai dari diadili di suatu forum terkenal gara-gara masalah hak cipta, meneriaki salah satu pengurus dengan omongan “bullshit”, sampai diberi julukan pecandu seks. He he he

Apapun, buat saya kolaborasi di Wikipedia itu positif sekali.Walaupun memang dari dulu sudah dicap tidak bisa dipercaya 100% karena di dalamnya masih banyak sekali artikel bersifat vandal, opini, hingga hasil kopipes dari website lain, tapi saya percaya dengan teori keseimbangan. Pada akhirnya jika seluruh dunia ikut terlibat dalam proyek ini, akan terbentuk kontrol sosial yang menghasilkan artikel-artikel bermutu. Kalau keadaan ini tercapai kita tidak perlu lagi mahal-mahal beli Encarta, Brittanica, atau lemari besar untuk nampung buku ensiklopedia yang harganya jut-jutan.

Semangat seperti ini yang selalu membakar kontributor di Wikipedia Bahasa Indonesia sehingga dalam waktu beberapa tahun saja kita bisa menyaingi Bahasa Turki atau Israel dalam jumlah artikel. Walaupun sering “diejek” pengguna Wikipedia Bahasa Melayu karena dianggap terlalu sering menghasilkan suntingan kurang bermutu, toh hasil search dari Google masih lebih sering menyajikan informasi dari Wikipedia kita daripada negeri tetangga itu.

Dan hebatnya, kita diberi kesempatan untuk membangun cabang Yayasan Wikimedia di Indonesia. Artinya sekarang pengguna-pengguna di Indonesia punya keleluasaan lebih untuk membangun banyak proyek wiki lain semisal wiktionary, wikinews, wikispecies, wikibooks, atau bahkan wikiversity (siapa tahu?). Juga lebih banyak even serius yang bisa digelar semisal seminar wikipedia dan blogger dalam ICT awards yang diadakan beberapa waktu lalu, bukan sekedar kopdar antar pengguna.

Tapi ya namanya pohon tinggi ga bisa diharap ga ada angin. Beberapa kali tercatat kelalaian memantau perubahan suntingan membuat wikipedia disorot media konvensional macam situs berita Detik. Dalam banyak kasus di Wikipedia Bahasa Inggris, misalnya, banyak selebritis dibikin senewen gara-gara fans yang sembarangan memasukkan data personal dirinya. Bahkan wikipedia sempat dituntut gara-gara ada pengguna membuat artikel berisi orang-orang yang dianggap gay. Walaupun dalam banyak hal wikipedia bisa lolos dari jerat hukum, hal ini tentu publikasi buruk, jika tidak bisa dianggap sebuah kekacauan informasi.

Hal itulah yang bikin saya berpikir, sebenarnya masih banyak masalah yang harus dibereskan dari Wikipedia sebelum proyek ini terlanjur besar. Di antaranya jumlah penyunting yang belum memadai untuk mengawasi perubahan artikel setiap saat. Jumlah artikel yang terlalu besar tentu butuh pengawasan lebih, sementara pengurus masih berjumlah belasan orang. Bayangkan hanya 14 pengurus yang mengawasi 76 ribu artikel dan total 1.000.000 suntingan.

Selain itu yang agak memprihatinkan tentu belakangan ada upaya untuk mengganjal penyunting-penyunting anonim dari aktivitas kontribusi. Memang fasilitas membuat account lebih disarankan. Namun kita tidak boleh berbohong dari kenyataan bahwa sebenarya para anonimlah yang banyak berjasa membuat wikipedia besar. Mereka yang sekarang banyak berkontribusi pun pasti memulai dari suntingan anonim. Perlakuan buruk terhadap pengguna anonim tentu akan membuat mereka kabur dan malas berkontribusi lagi, bukannya tertarik membuat akun baru.

Sikap egalitarian mulai hilang, sementara peraturan yang mengistimewakan pengguna-pengguna senior (berdasarkan jam terbang dan jumlah suntingan) menurut saya makin banyak. Pengistimewaan ini membuat banyak pengguna berlomba-lomba membuat suntingan asal jadi demi mengejar jumlah suntingan. Status senior jadi tujuan, sementara niat ikhlas berbagi pengetahuan mulai hilang. Ini tentu buruk buat perkembangan ensiklopedia gratisan dengan niat bersih ini.

Masalah hak cipta juga akan menjadi bom waktu. Bahkan pengurus pun masih banyak yang kurang memahami prinsip kehati-hatian dalam melindungi karya orang lain. Pengguna yang diperingatkan soal hak cipta cenderung mengamuk, bukannya mendengar saran yang diberikan. Karena itu sosialisasi masalah hak cipta dan pengawasan material-material yang seenaknya dicopy paste dari sumber lain perlu ditingkatkan. Belakangan memang sudah diangkat tiga oversight yang berwenang mengambil tindakan dalam hal ini, tapi saya pikir kewenangan bukanlah sebuah jawaban kalau moralitas pengguna masih ecek-ecek.

Untuk itu daripada terus-terusan mengejar jumlah artikel untuk menyaingi Wikipedia versi bahasa lain, saya pikir pengguna dan pengurus di Wikipedia harus banyak berbenah. Seperti sudah pernah saya ajukan dalam sesi warung kopi beberapa bulan yang lalu, kewenangan membuat chapter wikimedia di Indonesia tidak bisa dipandang sebagai anugerah, tapi sebaliknya ada banyak kewajiban dan perbaikan yang harus kita lakukan.

Iklan

4 Responses to “Wikipedia Bahasa Indonesia, So Far….”


  1. 1 Cabe Rawit 8 Februari, 2008 pukul 2:05 pm

    Mumet juga ternyata ngurus wikipedia ya bang…

  2. 2 Clouseth 8 Februari, 2008 pukul 8:30 pm

    Selain itu yang agak memprihatinkan tentu belakangan ada upaya untuk mengganjal penyunting-penyunting anonim dari aktivitas kontribusi.

    Setuju pisan gw har, setuju. Males banget gw ngeliat suntingan bagus direvert hanya karena penyuntingnya anonim (baru aja beberapa menit yg lalu gw ngerasain ketidaksenangan ini..)

    Sikap egalitarian mulai hilang, sementara peraturan yang mengistimewakan pengguna-pengguna senior (berdasarkan jam terbang dan jumlah suntingan) menurut saya makin banyak.

    setuju lagi, banyak sekali suntingan tidak penting yg sebenarnya bisa dilakukan oleh bot. Jadi males ngeliat perubahan terbaru sekarang, euy…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Februari 2008
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

%d blogger menyukai ini: