Tangan vs Komputer

Masih berhubungan dengan post ini. Saya masih ingat waktu DKV2 gimana ada tuntutan untuk mengaplikasikan desain dengan komputer. Saya sempat nanya sama dosennya “Mas, kenapa sih harus dengan komputer?” Dosen saya bilang “Itu tuntutan buat anak zaman sekarang. Karena zaman sudah canggih, orang akan menuntut ‘itu’ saat melihat desain kamu.”

Memang sih, mau bagaimana lagi? Bagi kebanyakan orang desain dengan komputer adalah keharusan. Mungkin dari desainernya sendiri pengen memberi sentuhan tangan maksimal, tapi kadang kebanyakan kliennya ngeyel pengen pake mesin™, mau gimana yah?

Pikirannya begini:

Tangan = Banyak beli alat & mahal, Komputer = Cukup modal 6 juta

Tangan = Lama, Komputer = sebentar

Tangan = belepotan, Komputer = rapi

Padahal setelah saya coba-coba kok malah kebalikannya yah? Komputer cuma tools, seperti apapun hasilnya itu tergantung isi kepala desainernya. Mau ga rapi dengan komputer sebenarnya bisa.

Terus apakah mendesain dengan komputer itu murah? Ga juga.. 6 juta itu kan hitungan komputer dengan software bajakan sepenuhnya, Windownya bajakan, sotoshop bajakan, corel bajakan, after effect bajakan, premier bajakan. Coba kalau semuanya ASLI dan LEGAL. Mungkin modalnya malah 3 kali lipat. Mendesain dengan tangan? Cukup cat poster, pensil, akrilik, airbrush. Untuk bikinnya tinggal beli peralatan screenprint. Paling banter kalau bahannya habis ya beli lagi.

Komputer cepat? Ya ga juga..Memang jadi gampang kalau mau copy paste, tapi yang saya lihat kecenderungan di depan komputer tuh kebanyakan waktunya dihabisin buat ngelamun dan nyari trik daripada ngerjain desainnya sendiri. Dan eurhhh udah pernah nyobain ngolah gambar raster ukuran A2 pake komputer? Berattttzzzzzzzzz….! Mending dikerjain pake tangan aja kan?

Nah, saya kan bingung, apakah mendesain tanpa komputer itu adalah sebuah dosa?

1 Response to “Tangan vs Komputer”


  1. 1 Nazieb 25 Januari, 2008 pukul 11:21 am

    Satu lagi Mas..
    Pake komputer bisa copy-paste😀

    Hemat energi & waktu😛


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

%d blogger menyukai ini: