Gem Onlain Baru

nusantara.jpg

Hmmm.. akhirnya kemarin saya nemu di Tempo, game online yang beneran bikinan anak Indonesia (baca: bukan sekedar beli lisensi terus numpang server di sini). Namanya Nusantara Online.

Lumayan jugalah, walaupun sebenarnya lebih pantas disebut game multiplayer. Pembuat gamenya ga nyedian server sendiri, jadi harus ada yang rela berkorban bandwidthnya dihabisin maniak-maniak game lain, hohoho. Tapi kalau beneran ada server yang kuat, pasti bisa dikembangkan jadi game massive multiplayer online beneran.

Tapi kata “lumayan” yang saya pakai di atas berarti masih banyak hal yang harus dikembangkan. Saya pikir kontrolnya masih rada-rada bikin bingung. Untuk menggerakkan karakternya saya lebih terbiasa pakai klik kiri, mungkin yang bikin game lebih suka dengan game-game ala warcraft atau age of empire. Kalau memang konsepnya 3d, harusnya ada keleluasaan makai kontrol ASDW. Screen bisa diputar tapi menurut sayah itu terlalu lamban. Terus nutup windows rada susah, tombol [x] nya suka ga berfungsi.

Terus pembangunan karakternya kurang luwes. Waktu awal bikin saya cuma dikasih pilihan pendekar 1-5 dengan skill 1-5. Walakadah, saya ga ngerti maksudnya apa. Terus ga bisa bikin muka sesuka hati sendiri. Padahal yang penting dari game online ya kadar interaksinya. Dan ga mungkin ada interaksi kalau masing-masing orang ga dikasih keleluasaan membangun identitasnya.

Dari sisi desain, saya pikir tema “brownies”nya keren juga, cukup memperlihatkan kesan tua. Tapi pengaturan layoutnya masih terlalu rapi dan kaku. Desainernya kurang berani memutar dan memotong-motong grafiknya. Dan saya pikir terlalu nJawani untuk ukuran game yang katanya punya tema Indonesia. Bakalan hebat klau diperkaya dengan konten-konten dari Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Papua, dsb. Mungkin nanti saya kepikiran gimana layar login dan tema windows yang keren. Tapi ntar deh, sekarang pengen konsen nyobain dulu.

Yang rada bikin susah ya ternyata versi Linuxnya digabung dengan versi Windows. Menurut saya harusnya dipisah, karena ujung-ujungnya yang make windows kaya saya malah terbebani untuk mendownload versi Linux, padahal jelas ga akan saya pake. Akibatnya dengan server informatika yang sering byar pet dan koneksi saya yang amburadul, downloadnya sampe 4 hari! Katanya sih ada majalah yang ngasih CDnya gratis, tapi saya ga pernah beli majalah itu.

Ya sutralah. Bagaimanapun ini usaha positif. harus kita dukung, bukannya dijatuhkan. Jadi saya ucapkeun selamat buat tim yang udah bikin game ini! Saya akan berusaha jadi beta tester yang setia (dan nyumbangin konten, siapa tau?)

HAYO SEMUANYA COBAIN NUSANTARA ONLINE!

Download di sini (yap! kedua versi: Linux + Windows. Jangan lupa pakai download manager macam Flash Get. Soalnya filenya lebih dari 150 MB.)

Sangkuriang Studio di sini

Screenshot di atas saya tampilkan dengan resolusi rendah untuk informasi. Kalau ada yang keberatan dengan masalah hak cipta silakan hubungi saya.

ilid2.png

23 Responses to “Gem Onlain Baru”


  1. 1 Hoek Soegirang 10 Januari, 2008 pukul 10:33 pm

    JOHH!!!??? ADA VERSI LINUXXX!???!!!!!!!!!
    tapi linkna ko ndak keliatan??? *binun*

  2. 2 hariadhi 10 Januari, 2008 pukul 10:39 pm

    ayah, lupa… bentar-bentar. Lagi cari lagi linknya

  3. 3 flemsiker 11 Januari, 2008 pukul 2:14 pm

    Wahaha, makasih atas masukkannya. Emang masih belom kelar pengembangannya. Usul2annya akan kita pertimbangankan

  4. 4 hariadhi 11 Januari, 2008 pukul 2:22 pm

    Mampir juga nih, yang bikin. Semangat yah!

  5. 5 Dani 11 Januari, 2008 pukul 2:29 pm

    wahaha.. nyempetin donlot sampe 4 harii… makasi bgt,, doakan kami. thx bgt usul & kritiknya..

  6. 6 rika@sangkuriangstudio.com 11 Januari, 2008 pukul 2:44 pm

    hey, salam kenal πŸ™‚
    hemmm ya waktu tu kami masi fokus ke gimana caranya game ini bisa dimaenin, jd cukup ngembangin pulau jawa nya aja dulu untuk sementara (klo skrg uda mulai merambah ke sumatera dan sangat memikirkan soal desain)… ditunggu saran2nya, really appreciate it! πŸ˜€

  7. 7 hariadhi 11 Januari, 2008 pukul 2:54 pm

    Salam kenal juga πŸ˜€
    @Dani
    ganti pulsa gw! huhuhuh
    @rika@sangkuriangstudio.com
    hehe. mau dong yang udah diupdate πŸ˜€ Kalau dah bisa didownload kabari ya.

  8. 8 Brahmasta 11 Januari, 2008 pukul 3:54 pm

    Salam kenal..
    Thanks ya udah nyobain, sama sarannya juga. Butuh banget tuh. Ditunggu masukannya yang lain ya πŸ˜€

  9. 9 Herry 18 Januari, 2008 pukul 7:05 pm

    Om ko link nya mati yah?

    ada link yang lain lagi ga om (heee heee)

    soalnya di dua info yang saya baca link yg ini jg mati mati.

  10. 10 hariadhi 18 Januari, 2008 pukul 7:26 pm

    @Brahmasta
    Lagi cobain bos, kutak-kutik isi gamenya.
    @ Herry
    kadang mati kadang idup. cobain besok aja. karena itu perlu tools macam flashget 0_o

  11. 12 Xaliber von Reginhild 22 Mei, 2008 pukul 12:46 am

    Hiya, sudah keluar to rupanya Nusantara Online yang satu ini. :mrgreen: Salah satu game yang mungkin bisa mengalihkan pandangan saya dari Ragnarok Online dan Star Wars Galaxies. Cari CD-nya ah.. donlod berat. πŸ˜›

  12. 13 tanjung 13 September, 2008 pukul 12:07 pm

    namamu siapa

  13. 14 mr x 10 Desember, 2008 pukul 7:22 pm

    geme seperti kontol

  14. 15 Saiful 4 Januari, 2009 pukul 11:37 am

    BAGAI MANA CARA MENG NGUNAKAN GAME ONLAIN

  15. 17 novi 19 Agustus, 2010 pukul 11:36 am

    bagaimana menggunakan gemes ini……………..?

  16. 18 liani 19 Agustus, 2010 pukul 11:42 am

    bagamana cara mengaktipkan gemes onlain ,tolong………..dong caranya

  17. 19 liani 19 Agustus, 2010 pukul 11:42 am

    bagamana cara mengaktipkan gemes onlain ,tolong………..dong caranya ?

  18. 20 riski putra ramadan 2 September, 2010 pukul 10:13 am

    saya mau punyai fb sekarang juga

  19. 21 m.nasir 7 September, 2010 pukul 8:04 pm

    nasir juga nggak bisa main gem ni al@ cepat x gem overya.

  20. 23 Anonim 19 Juni, 2012 pukul 6:14 pm

    masalah buat lllllllllllllllllllllllllllllllllllllloh


Tinggalkan Balasan

Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

