Prosomi

sale.png

Ada yang aneh dengan dunia marketing Indonesia. Di sini itu membuat promosi jauh sekali dari kesan ikhlas. Bukannya bikin calon konsumen puas, mereka lebih senang bikin orang lain gondok duluan sebelum membeli.

Lah, pegimana maksudnya, Har? Begini lho, ilustrasinya:

Suatu malam saya berlari-lari di sekitar Terminal Kampung Melayu. Di sana WC banyak sekali dan semua bersaing. Nah.. tiba-tiba mata saya tertumbuk ke satu WC yang bikin banner ukuran A0 dengan digital printing pula (hohohoh keren yah, WC sekarang?):

WC INI LAGI PROMOSI. KENCING GRATIS*!

Tertarik? tentu! Siapa sih yang ga eneg make wc aja harus bayar. Maka saya buru-buru masuk. Ehh.. pas udah di ujung tanduk gitu tiba-tiba penjaga wc ngetuk. Karena saya pikir penting, tentu niat nembaknya harus ditahan dulu, dong? Kepala saya langsung nongol keluar.

Si penjaga itu lalu bilang

“Mas udah baca syarat dan ketentuannya? Maksimal gratis itu cuma 50% kapasitas kencing. Kalau lebih, wajib bayar Rp. 1000 per cc kencing yang ditembakkan. Terus sebelum make WC ini, mas register dulu lewat sms premium 6666, ketik Tembak(spasi)50%.”

Tentu saja saya meradang. “Lah… tadi katanya kencing gratis! itu sih jatuh-jatuhnya lebih mahal dari WC sebelah!”. Si botak penjaga wc menjawab “Oh.. itu. Kita dah tulis kok mas di atas kata Gratisnya ada tanda bintangnya. Nah.. bintang itu artinya ada syarat dan ketentuan yang dijelasin pake font sekecil semut”. Saya melotot, “Bisnis is bisnis mas!”, katanya lagi, ngeles.

“BAH!” saya pikir “Situ niat promosi ga sih! Kalau promosi aja takut rugi ya mending jangan bisnis. Orang jualan baju bekas aja ga nipu kaya Situ”.

Saya pun langsung ngeloyor ke WC sebelah.*

Ngerti kan, gimana saya bener-bener muak dengan program promosinya orang Indonesia?

Lah terus promosi itu harusnya gimana, Har? Nanti deh dijelasin kenapa, gimana, dan kapan seharusnya promosi itu ada. Terus kenapa penipuan berkedok promosi kaya gini bisa terjadi. Juga bagaimana akhirnya promosi yang ga berani rugi hanya akan bikin bisnis anda bangkrut.

Kalau dicampur ke sini bisa kepanjangan.

* Cerita di atas adalah 100% fiksi. Jika terdapat kesamaan dengan WC anda, itu kebetulan belaka. Gambar di atas saya bebaskan dalam public domain. Silakan didownload, diedit, atau diaku-aku buatan anda.

6 Responses to “Prosomi”


  1. 1 Hoek Soegirang 7 Januari, 2008 pukul 6:11 pm

    KEREN!!!!
    sindiran yang keren sangadh!!! *nglirik iklan yang sejenis*
    bisa dibilang, tehnik fromosi skarang ini makin lama makin mbikin enek, jadi walofun ada iklan yang bener-bener “gratis”, saia tetef aja ndak fercaya….

  2. 2 Amed 7 Januari, 2008 pukul 8:24 pm

    “Syarat dan ketentuan berlaku” :mrgreen:

    BTW, itu judulnya sengaja atau cuma trik promosi???

  3. 3 warnetubuntu 7 Januari, 2008 pukul 9:49 pm

    yg sering saya alami adalah trik penjual buah.. misalkan ada tulisan gede dipinggir jalan “rambutan 1000 / kilo”, siapa yg tidak tertarik?, setelah ditanyakan, ternyata yg 1000 / kilo itu adalah yg item2, kecil2 dan busuk 😦 .. rambutan yg ‘bener’ adalah 10.000 / kilo *ini hanya contoh.. kebetulan saya tidak tahu harga rambutan* 😀

  4. 4 hariadhi 8 Januari, 2008 pukul 1:03 am

    @Hoek Soegirang
    Semoga yang bikin promosi aspal begituan baca ini yah. hehe

    @Amed
    Menurut lu gimana? hihi

    @warnetubuntu
    hahahah, pembusukan cara pikir mulai dari bawah ya, bos.

  5. 5 v!n+ 8 Januari, 2008 pukul 9:44 pm

    oo..lagi ngomongin Mentari, XL, dan operator2 telfon laennya yang ngumbar janji2 kosong ya? (polos gitu critanya hoho)

  6. 6 hariadhi 8 Januari, 2008 pukul 11:31 pm

    hehehe.. jangan nembak langsung dong. Nanti yang punya iklan ngamuk. 😀

    Tapi serius, sebenarnya ini masalah hotspot internet, kok. Tapi waktu nulis juga kepikiran soal GSM-GSM itu sih.


Tinggalkan Balasan

Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

