Kilas Balik

Baiklah, ini akhir 2007. Semua orang penasaran apa saja yang sudah dilakukan dirinya tahun ini. Termasuk juga saya. Dan untungnya Mas Amed ngingetin saya untuk bikin Kaleidoskop Blog. Boleh juga ide itu, saya pikir.

Jadi apa saja yang sudah saya tulis di tahun 2007 ini?

Agustus 

Saya tuh mulai ngeblog 12 Agustus 2007 dengan mengeluh kurangnya pendalaman desain di Indonesia. Tapi dasar artikel mengeluh, jadinya malah ga ada yang baca. Lalu saya bikin artikel yang sedikit lebih bermanfaat yang membahas soal corporate identity. Lumayan, karena ditanggapi 2 orang, yang selanjutnya selalu nangkring di blogroll saya (lihat kanan).

September

Tanggal 12 September 2007 saya bereaksi terhadap komentar anggota Komisi I DPR soal posisi Presiden Indonesia dalam APEC, yang kemudian dimuat di editorial Media Indonesia Online. Tidak ada komentar terhadap artikel ini, tapi blog saya sukses (atau sialnya) masuk pantauan blog PKS.  

Saya juga ikut-ikutan masalah perdebatan foto gerhana bulan asli apa palsu yang melibatkan karya mbak Fa pada tanggal 13 September2007. Mohon maaf kalau akhirnya kepedasan komentar saya malah membunuh keinginan orang lain untuk ngeblog. Bagi saya itu dosa terbesar hingga kini. Semoga dia terlahir kembali dalam nama blog yang lain.

Oktober

Tanggal 20 Oktober 2007 saya mulai berpikir bahwa tulisan-tulisan saya mulai tidak berguna karena sepi sekali komentarnya, jadi saya memutuskan hijrah dan mengekspor tulisan blogspot ke wordpress. Bukannya blogspot jelek, tapi menyusahkan pembaca untuk komentar (form komentar berbeda dengan halaman postnya). Juga saya ingin menghilangkan godaan membuat blog saya jadi komersial dengan adsense.  Jadilah posting ini sebagai pembuka di wordpress.

Hari itu saya juga membuat artikel menarik mengenai kampanye hemat listriknya Google. Simpel dan tepat sasaran, karena itu saya tertarik mencatatnya di blog.

Tanggal 27 saya menemukan kasus perusakan Wikipedia Bahasa Melayu atas nama nasionalisme. Saya terenyuh karena dalam hal ini provokasi media kita menyebabkan bangsa kita berbuat hal-hal bodoh dan memalukan. Seharusnya kita ingat bahwa berita tak hanya dikonsumsi kalangan dewasa, tapi juga remaja-remaja yang belum bisa mengendalikan emosi. Hal ini tidak hanya saya tujukan kepada media konvensional, tapi juga kepada kita, blogger, yang katanya media anti mainstream.

November

Tanggal 8 November saya membuat artikel introspeksi diri. Saya ingin berusaha untuk lebih rendah hati dalam membahas suatu masalah. Sikap jumawa gampang sekali ditemui dalam hati tiap blogger (mungkin di hati anda juga, siapa tahu?). Mulai saat itu saya berjanji tidak mengungkapkan apapun sebagai kebenaran yang harus dimakan semua orang.

Tanggal 10 saya menemukan kasus yang sebenarnya sudah agak usang, copy paste secara sembarangan oleh seseorang yang mengaku menguasai ilmu rohani. Sengaja atau tidak, cara menulis seperti ini sebenarnya membuat orang yang tidak bersalah jadi terpojok. Niat baik tidak selalu menghasilkan hal baik. Cara melakukannya juga berpengaruh terhadap hasil, setuju?

Hari itu saya juga membuat pernyataan milestone, blog saya mencapai hit ke 1000. Suatu pernyataan yang akhirnya saya sesali sendiri. Ternyata hit banyak tidak membawa hasil apa-apa. Banyak juga blog yang hitnya gede tapi isinya omong kosong. Jadi saya berjanji ga akan lagi-lagi bikin milestone kaya begini. Mungkin kalau komentar masuk sudah 1000 saja.

Tanggal 23 saya menulis keprihatinan atas serangan yang terjadi kepada blog yang cukup populer. Di luar banyak beredar kabar kalau blog itu sudah tutup. Beberapa mencurigai kalau penulisnya adalah palsu.  Jadi saya nyatakan bahwa blog itu sampai sekarang masih ada dan aktif. Hanya saja pembacanya dibatasi.

Tanggal 26 di bulan yang sama saya menulis kritik kembali kepada media yang secara serampangan membandingkan kamera digital dengan kamera film. Menurut saya teknologi tidak selamanya membawa hasil yang baik, kalau mempermudah sih iya. Saya mulai meragukan independensi wartawan-wartawan kita (terutama yang membahas teknologi dan produk tertentu). Sebenarnya apa acuan mereka dalam menulis?

Desember

Tanggal 8 saya melihat bahwa perseteruan Malingsia vs Mat Indon masih belum juga mendingin. Jadi saya ingin semua orang kembali memakai akal sehat dalam berargumentasi soal pencurian budaya. Karena itu saya membuat artikel Indonesia yang Tak Kalah Maling.

Tanggal 13 saya kembali melihat bagaimana media seenaknya memanfaatkan temperamen bangsa Indonesia yang mudah terhasut. Karena itu saya mengajak semua orang kembali berpikir dengan gaya sarkasme dalam artikel “Mereka yang Pintar Kok Kita yang Kebakaran Jenggot“. Artikel ini sukses menuai diskusi panjang.

Pada akhirnya kabar hipnotis dalam film itu terbukti cuma hoax. Dan setahu saya media yang mengungkap hal itu belum meminta maaf sampai sekarang. (Yuhuuu…. wartawan. Di mana tanggung jawabmu?)

Artikel besar terakhir yang ada di blog ini adalah Mitos Ngeblog. Berisi ajakan untuk kembali ke dasar semangat ngeblog yang puritan. Saya cukup prihatin blogging sekarang penuh dengan maksud-maksud tersembunyi dan komersialisasi. Banyak sekali blog-blog yang kehilangan sifat personalnya. Membaca blog sudah kaya membaca surat kabar! Padahal beli koran lebih murah daripada bayar internet.

Kesimpulan 

Lalu.. dari sekian banyak artikel, mana yang paling meledak, Har? Ternyata malah artikel iseng-iseng. Itu adalah hasil baca Warta Kota sekilas. Cerita tentang Dede, manusia Akar. Yang kemudian diikuti link yang saya buat ke foto-foto tentang Pak Dede dan HPV, penyakit yang diduga menyerang Pak Dede.

Popularitas dua artikel ini sukses mengangkat blog saya hingga ke angka 1000 hits per hari. Saya jadi belajar bahwa mengangkat isu itu perlu memperhatikan momentum dan interaksi dengan pembaca, selain berdoa agar hoki menghampiri, hehehe.

Semoga cepat sembuh ya, Pak!

7 Responses to “Kilas Balik”


  1. 1 Hedi 1 Januari, 2008 pukul 12:23 am

    Jadi, posting meledak yg deket2 sama search engine, ya 😀
    Selamat Tahun Baru 2008

  2. 2 Gyl 1 Januari, 2008 pukul 1:55 am

    Hmm… mantap. Memang mengangkat isu yang lagi hangat bisa meningkatkan kunjungan ke blog.

    Tapi terkadang ingin sekali orang berkunjung ke blog bukan karena isu yang hangat 🙂

    Semoga tahun 2007 dapat diambil sebagai hikmahnya untuk membuat kita menjadi lebih baik. Selamat mengawali 2008 dengan semangat

  3. 3 warnetubuntu 1 Januari, 2008 pukul 2:27 pm

    saya membuat blog yg niche / fokus dengan harapan bisa membantu orang lain yang benar2 membutuhkan karena kurangnya artikel yang membahas ttg itu…, trafik tertinggi saya cuman sekitar 400-an, tapi dari term-nya search engine, menunjukkan kalau yang mereka cari bener2 mereka dapat di blog saya…

  4. 4 Moerz 1 Januari, 2008 pukul 9:03 pm

    selamat tahun baru..
    salam kenal…

  5. 5 hariadhi 2 Januari, 2008 pukul 11:09 am

    @warnetubuntu
    Hiohohoho, fotonya ganti lagi, bos? It’s nice to read your blog. Kapan-kapan kasih ajarin gw soal linux, ubuntu, dan instalasinya buat desain, yah?

    @Moerz
    Salam kenal juga. Selamat tahun baru

    @Gyl
    Ha ah.. tidak selamanya post yang tinggi traffic itu bikin kita senang. Kaya siapa itu, Panasonic thingy…
    *bletak! ada yang lempar sendal. hehe
    @Hedi
    bisa lewat ranking search engine, bisa juga dengan mengandalkan koran seribu perak. hehehe.

  6. 6 Amed 7 Januari, 2008 pukul 8:45 pm

    Ho ho ho…
    Tulisannya mantabs-mantabs ternyata! Oke kalo gitu sehabis saya komen ini saya mau backup blog ini via httrack…

  7. 7 hariadhi 8 Januari, 2008 pukul 12:50 am

    makasih banyak. 😀 Jangan kaget kadang isinya ga enak dibaca. Banyak posting sumpah serapah bin ajaib 😀


Tinggalkan Balasan

Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Desember 2007
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

