I love ID Movement

ilid5.png

Setelah melihat suksesnya media massa membuat heboh dengan kasus pencurian Reog Ponorogo, sekarang saya ingin menguji nyali bangsa Indonesia. Tidak hanya nyali untuk mengganyang Malaysia, mengata-ngatai blog yang berani menggunakan istilah “Indon”, atau menghack situs pemerintah Malaysia, tapi juga nyali untuk memperlihatkan cinta kebudayaan Indonesia.

Perhatikan…saya tidak mengharapkan anda menyebarkan slogan kosong yang basi! Tidak ada permintaan mencopy paste label di atas begitu saja. Anda juga harus berusaha berkreasi, memperlihatkan kecintaan anda dengan cara anda sendiri-sendiri.

Caranya mudah, saya beri dua alternatif:

Alternatif 1

Untuk yang hobi membuat gambar atau foto, buatlah gambar atau foto yang menyentuh-nyentuh Indonesia. Tidak dibatasi budaya ciptaan Indonesia, tapi cukup mengingatkan tentang Indonesia. Bisa tentang budaya indonesia, tanaman khas Indonesia, perilaku orang Indonesia, grup band, tarian, dan sebagainya. Lalu copy dan tempelkan label di atas ke gambar hasil karya anda. Posisinya bebas, boleh di kanan, kiri, atas, bawah, atau tengah.

Letakkan di blog, boleh sebagai banner, header, footer, atau apa saja. Yang penting setiap pengunjung masuk ke blog anda, dia bisa melihat karya itu.

Contohnya seperti ini. Perhatikan bahwa gambar ini muncul di widget saya di kanan. ->

contohilid.jpg

Jangan dipakai! anda harus membuat gambar kreasi sendiri

Jangan lupa, beri gambar anda link ke postingan ini (https://hariadhi.wordpress.com/2007/12/10/iloveid/). Nanti saya akan berkunjung dan membuat link di halaman khusus kepada blog-blog pemberani ini. Kalau anda memasangnya di banner, masukkan link tadi ke blogroll.

Alternatif 2

Untuk yang lebih hobi menulis, simpan salah satu dari label di atas ke hardisk anda. Lalu buat tulisan apa saja mengenai Indonesia.

Sama seperti alternatif 1, anda tidak dibatasi dalam topik budaya ciptaan Indonesia, tapi bisa hal-hal yang terlihat tidak nyambung tapi Indonesia banget (misal:ngobrol di warung kopi, kencur, singkong, korupsi, demo, bahkan software bikinan anak bangsa). Tidak harus positif, anda juga boleh mengkritik.

Lalu di awal atau di akhir posting, masukkan label di atas. Pilih saja ukuran yang paling cocok dengan blog anda: kecil, sedang, atau besar. Usahakan gambar tersebut memberi link ke post ini (https://hariadhi.wordpress.com/2007/12/10/iloveid/), supaya saya bisa berkunjung dan membuat list keberanian anda.

Kalau anda tidak bisa membuat link gambar, cukup buat link tulisan saja. Kalau tidak bisa juga, tinggalkan saja komentar di bawah ini, beritahu alamat posting anda. Saya yang akan berkunjung.

Labelnya Boleh Tidak Dimodifikasi, Har?

Sebaiknya tidak, karena ini berhubungan dengan pencitraan. Orang luar bisa bingung kalau labelnya berganti-ganti. Tapi jika terpaksa, boleh diedit di bagian abu-abu saja. Hindari mengedit apapun di tulisan I, Love, dan ID nya.

Saya juga tidak menyarankan memperbesar gambar, walaupun memperkecil sah sah saja. Soalnya gambarnya bisa pecah. Hindari pula mentrace kalau anda tidak bisa jamin hasilnya benar-benar mirip. Kalau butuh pembesaran, pakai ukuran besar ini. saya juga menyediakan pengecilan untuk mempermudah:

ilidsmall.png ilid.png ilid2.png ilid3.png ilid4.png

Tidak Dilarang, Tapi Tolong….

Hindari mengcopy paste tulisan dari wikipedia, situs, milis, atau blog orang lain. Tujuan gerakan ini memperlihatkan kepada dunia luar bahwa bangsa Indonesia jago menciptakan sesuatu, bukan menjiplaknya Tapi tidak ada larangan apapun melakukan kutipan untuk memperkuat artikel.

Karena membuat gambar lebih sulit, saya longgarkan untuk memakai sumber gambar berlisensi bebas. Tapi hindari memakai karya fotografi, lukisan, atau gambar orang lain tanpa izin. Meminta izin tidak sulit, cukup hubungi pemilik gambar asli dan jelaskan bahwa anda sedang terlibat gerakan I Love ID. Biasanya pemilik gambar tidak keberatan kalau gambarnya dipakai untuk maksud baik. Kalau tidak mau repot, cari gambar-gambar dengan tag public domain.

Saya tidak punya waktu mengecek keaslian karya anda. Kesadaran masing-masing sajalah. Masa mau tertib cuma kalau diawasi. Tanya kenapa.

Yang paling penting, hindari memakai topik yang sudah dibuat orang lain. Saya mengerti semua pasti ingin membahas Reog. Tapi itu sudah basi. Temukan hal-hal yang langka, aneh, yang belum tercium peserta lain.

Credit

Label I Love ID di atas terinspirasi dari label serupa, I Love NY, ciptaan Milton Glaser. Saya tidak sedang membajak karya I Love NY secara komersial. Hak cipta memberi jaminan penyebaran karya seni secara terkontrol dan dari ancaman peniruan secara identik, tapi tidak menghalangi seseorang membuat karya mirip atau terinspirasi darinya.

Disclaimer

Gerakan ini hanya sebuah gerakan tanpa ikatan. Setiap content adalah kreasi masing-masing pemilik blogger. Saya menyatakan tidak bertanggung jawab atas apapun yang dibuat peserta gerakan ini. Setiap tulisan dan karya adalah tanggung jawab masing-masing.

Di luar gerakan [I Love ID], anda boleh memakai label di atas sebagai avatar, atau di mana saja. Silakan diedit, digunting, digonta-ganti warnanya. Selamat berkreasi!

Hayo… saya sedang mencari pahlawan budaya Indonesia dalam arti sebenarnya. Orang yang bisa jadi duta kebudayaan Indonesia, bukan tukang caci-maki blog orang lain.

Dare You, Indonesian?

Iklan

36 Responses to “I love ID Movement”


  1. 1 kuchikuchi 11 Desember, 2007 pukul 12:48 am

    great! semoga misi berjalan dgn lancar..amin.
    eniwei.. nantikan hasil karya gw yg bombastis, setelah gelar Sarjana Sinting berhasil gw sandang di tgl 17,, otak kanan akan gw asah kembali ampe runcing.. berhati2lah anda wkakakak >D

  2. 2 hariadhi 11 Desember, 2007 pukul 1:23 am

    Ok.. sip sip.

    Omong2 sorry tadi YiM gw ngadat. Keliatannya online tapi ga bisa chatting sama siapa-siapa.

  3. 4 hariadhi 11 Desember, 2007 pukul 2:57 am

    Selamat mampir, Bang!
    Ayo diulas makanan Indonesia dan diberi label ini. Nanti kita kumpulin link artikelnya.

  4. 5 ndoro kakung 11 Desember, 2007 pukul 11:02 am

    hmmm … bagus juga. mantap, bung! 😀

  5. 6 Cynanthia 11 Desember, 2007 pukul 11:15 am

    Mantap, bung!

    Go, Indonesia, go! Go! Go!

  6. 7 Cynanthia 11 Desember, 2007 pukul 11:19 am

    Kalo foto boleh, ngga, Bung?

  7. 8 hariadhi 11 Desember, 2007 pukul 6:35 pm

    @Cynanthia
    Apa aja boleh… Artikel, foto, atau gambar. Yang penting labeli aja dengan tanda I Love ID ini.
    @Ndorokakung
    waw.. mampir juga ndoro? *jadi tersanjung. Makasih ya messagenya udah dibaca. Ayo ndoro ikutan juga hehe.

  8. 9 Fa 11 Desember, 2007 pukul 8:19 pm

    Okeee… saya pasti ikut! ntar tak cari2 koleksi foto2ku dulu yah 🙂 pokoknya I love Indonesia banget, apapun kondisinya 😀

  9. 10 hariadhi 11 Desember, 2007 pukul 8:33 pm

    SIp.. ayo semua ikut. Kita ramein I Love ID nya.

  10. 11 anggunpribadi 11 Desember, 2007 pukul 11:53 pm

    gw mau! ayo mulai sebar virusnya bung!

  11. 12 Dee 12 Desember, 2007 pukul 12:04 am

    Lagi ngecek tulisan-tulisan di draft sama yang sudah dipublish, kira-kira ada yang pas buat diangkat lagi atau nggak ya?

  12. 13 Mihael "D.B." Ellinsworth 12 Desember, 2007 pukul 1:23 pm

    Bolehkah tulisan yang sudah dipublikasikan dimasukkan kesini ? :mrgreen:

    Kalau boleh, saya trackback. 😀

  13. 14 hariadhi 12 Desember, 2007 pukul 9:35 pm

    Boleh. Tidak harus baru diciptakan. Artikel lama boleh diberi label ini.

  14. 15 Fa 13 Desember, 2007 pukul 9:55 am

    eh saya sudah bikin bannernya mas 😀 (dan sudah ditempelin di blog saya tentunya)

  15. 16 akhyari 14 Desember, 2007 pukul 9:38 am

    Saya boleh gabung? Cinta saya yang luar biasa kepada ID bisa menjadi teman ngobrol yang enak tentang segala tetek bengek memajukan bangsa, berikut sharing ide ide tentang indonesia masa depan.

    buka blog saya, dan mohon kasih tau saya gimana caranya mempublish blog itu biar semua bisa baca. THANKS

  16. 17 RETORIKA 15 Desember, 2007 pukul 2:45 am

    I love indonesia – sebisa mungkin tidak pake petronas & shell pake pertamina , itu yang saya bisa

  17. 18 Mario 20 Desember, 2007 pukul 3:56 pm

    Oke… gw akan dukung gerakan ini!

  18. 19 hariadhi 20 Desember, 2007 pukul 8:02 pm

    Sip… Ayo bikin bannernya, mas!

  19. 20 Gm. 14 Januari, 2008 pukul 4:47 pm

    Bagus, bagus. Saya coba ikutan juga nanti. 🙂

  20. 21 hariadhi 14 Januari, 2008 pukul 5:41 pm

    Tengkyu. Makasih mas! 😉

  21. 22 soputiful 21 Januari, 2008 pukul 8:59 pm

    Bwakakakakakaak… Xixixixixiyy… Lucuuuww sekaliiiyy…. Hihihihihi….. =D~ Saya setujuuuw sekallleee dgn dirimuuw mbak yuu… =)

    Huhuhuhu… iyaaa yahhh.. kita ga boleh maen copy paste doank.. Jadi maluuuw, ‘tersentil’ nih dikit.. :P… Tapi suka binun euyyy.. Jadi tidak dibikin linknya.. ngeri yang punya blog sebenernya tidak begitu suka gituh konten blognya dipake2.. sedangkan saya gatell bgt pengen ‘minjem”’. jadi akhirnya cuma bilang kalo ini saya embat, dan minta maap sekaligus memanjatkan doa supaya dia diberikan pahala gituuww… Gak tau deh yang punya sebenernya nyadar apa kagak… Gimana yakk…?
    baydeweii.. monggo atuh mampir2 ke blog akika…:)

    nice blog…..!
    ^_^

  22. 23 soputiful 21 Januari, 2008 pukul 9:04 pm

    Haduuuuuwhhh… Miohonnn maap… kk sayah manggil situw mbak yuuuw… Maapkeunn… abis masi kebawa2 , abis kasi komen buat ibu2 gt soalna, jadina kebabalasan maggil jeung juga.. huhuhuhuhu,,, Maapkannn yaaaaa…. +_-

  23. 24 hariadhi 21 Januari, 2008 pukul 9:28 pm

    ga pa pa hehehehehe. Nanti gw maen-maen ke blognya deh. Ikutan yah 😀

  24. 25 Calvin Michel Sidjaja 1 Februari, 2008 pukul 6:40 am

    I love Indonesia. Not the government. Indonesia. My one and only mother country. 🙂

  25. 26 hariadhi 1 Februari, 2008 pukul 11:48 am

    Kita semua cinta, Mas. 😉

    Ayo ikut gerakannya!

  26. 27 ghaniarasyid™ 12 Mei, 2008 pukul 8:01 pm

    banner-nya keren.
    minta ijin masang di blogku ya?

  27. 29 ika 13 Juni, 2008 pukul 8:26 pm

    Mission Completed!!

  28. 30 karina saputri 9 Juli, 2008 pukul 5:29 pm

    ikutan ikutan..udah di buat di blogger ku..ehhehehehheheh

  29. 31 Yonatan Prasdikatama 16 September, 2008 pukul 5:36 am

    aku cinta Indonesia, tetapi tidak suka dengan orang yang menghancurkan masa depan Anak Bangsa ini… 🙂

  30. 32 kaysano hassan 9 November, 2008 pukul 8:50 pm

    hapuskan RUU pornografi&pornoaksi… gak bgt…
    apa sih? mau ngusir tourist2? ih,,, norak bin aneh…
    jangan bikin tambah ancur donk… mau dibawa kemana sih sebenernya Indonesia???
    I LOVE ID, semua sumber daya alam dan pemandangan alamnya… BUT say NO to the government! gak bgt deh…

  31. 33 Syd 24 November, 2008 pukul 10:27 am

    Ikutan juga ya mas… saya juga cinta Indonesia…
    sekalian minta ijin pasang bannernya di blog saya 😛

  32. 34 ydoea 9 Mei, 2009 pukul 5:03 pm

    pernah tuh nulis tentang Indonesia,
    ga dalam rangka mopulerin I ❤ ID gini sih,
    cuma sentimentil pribadi aja mencuat. 😛

    tapi iya gua setuju poin utamanya,
    daripada cuma marahin malingsia ga jelas juntrungan,
    it’s actually much better to do a little bit something for our beloved ‘tanah air’, indonesia. 🙂

  33. 35 warm 1 Juli, 2009 pukul 10:30 pm

    knp musti nge link kesini ?


  1. 1 The “Indonesia vs. Malaysia” issue… An overview… « My “so called” thoughts Lacak balik pada 13 Desember, 2007 pukul 10:47 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Desember 2007
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

%d blogger menyukai ini: