Ada yang Mau Bantu?

Buat teman-teman yang ahli biologi atau pecinta bunga, gambar-gambar bunga dan monyet ini saya foto sendiri dari beberapa tempat seperti Kebun Raya Bogor, Taman Mini, sampai kampus lama.

Nah.. masalahnya, saya bukan ahli biologi. Jadi ada yang bisa bantu saya ngasih tahu namanya, ga? Ga masalah kalau cuma nama lokal, atau julukan. Paling tidak ada clue buat dicari di google. Lebih bagus lagi kalau sampai taksonominya lengkap sampai species.

Catatan: Gambar-gambar ini dilisensi bebas di bawah GFDL dan creative commons with attribution and share alike. Silakan didownload, diedit, lalu dipublikasi ulang. Syaratnya hanya memberi catatan bahwa saya, Hariadhi, adalah fotografernya, dan tetap dilisensi di bawah GFDL+creative commons.

identify1.jpg

identify2.jpg

identify3.jpg

identify4.jpg

Monyet ini nama ilmiahnya apa, ya?

identify5.jpg

identify6.jpg

Kalau pengen lihat detailnya klik saja. Sudah saya link ke file aslinya di Wikimedia Commons. Resolusinya gede-gede. Bisa dijadiin bahan print (kali-kali ada yang mau bikin poster =P)

<Update> Kemarin 3 gambar paling atas salah link. Jadi yang klik ga bisa lihat gambar besarnya. Sekarang udah diperbaiki.

9 Responses to “Ada yang Mau Bantu?”


  1. 1 kuchikuchi 10 November, 2007 pukul 9:43 pm

    wahh saya sangat merasa terpanggil ketika membaca kata-kata “ahli biologi”..berapa banyak sih manusia di Indonesia yang membutuhkan kami? hahaha… tapi sayangnya gw lebih ke arah hewan/manusia/fisiologi..temen2 gw tuh yang ahli tumbuhan & monyet2an ada jg di blog gw (2mine (tumb) & nane (primata)) ntar d gw tanyain yah..
    bunga yg ke2 dari atas keren tuh..i wish i could help..

    PS: kok gw kurang setuju ya dgn titel blog gw..kan blm bnyk review ttg bukunya hihi..knp bukan “blog gadis biolog yang tengah menggila dan tak jelas akan masa depannya”
    no i’m just kidding :p

  2. 2 hariadhi 10 November, 2007 pukul 10:35 pm

    sip sip.. tq. Soalnya tuh gambar ada yang udah 3 bulanan di wikimedia commons tapi ga ada bule yang bisa tahu namanya. Ga pernah liat kali, ya. 😀

    Belum banyak post tentang buku ya gpp.. tapi post membahas bukunya unik-unik. Bisa dijadiin referensi sebelum mbeli 🙂 (eh kalau memang pengen diganti bilang aja, ya?)

  3. 3 mizzycomplex 7 Desember, 2007 pukul 8:34 am

    Sebagai seorang yang masih terperangkap di dunia Biologi (at least until the next few months, i hope), dan tercebur dalam dunia identifikasi, gue merasa sedikit terpanggil mengidentifikasi bunga2 cantik itu.
    – Yang kedua dari bawah itu, adalah bunga dari tanaman Anthurium andreanum.
    – yang ketiga dari atas itu namanya Sansiviera,entah spesiesnya apa, yang dibikin kayak kaktus bonsai ditaruh di pot kecil imut2 gitu. nama daerahnya lidah mertua.
    -bunga kuning yang terakhir itu ada di depan rumah gue cuma gue lupa namanya apa, ntar gue tanya emak gue dulu yah..

    eh, sampai lupa kenalan…salam kenal =_=

  4. 4 hariadhi 7 Desember, 2007 pukul 6:51 pm

    salam kenal juga 😉

    Makasih bantuannya. Sekarang lagi berusaha ganti judul foto-fotonya. Agak susah sih kalau di Wikimedia Commons. Harus diupload ulang.

  5. 5 Ely Meyer 10 Desember, 2007 pukul 11:28 am

    Foto nomor lima itu Anthurium Andreanum termasuk species Anthurium
    Ada juga lho yg warnanya putih seperti gambar di link berbahasa Jerman ini

  6. 6 Ely Meyer 10 Desember, 2007 pukul 3:27 pm

    Gambar terakhir kok nggak bisa di klik utk liat ukuran besarnya ya ? penasaran nih 🙂

  7. 7 hariadhi 10 Desember, 2007 pukul 8:45 pm

    Itu udah diganti namanya jadi Pachystachys lutea Linknya di sini. Bener ga yah namanya?

    Makasih buat bantuannya, Mas El Meyer. Maaf tadi komennya kejaring moderasi otomatis. Baru aja diapprove.

  8. 8 Ely Meyer 11 Desember, 2007 pukul 3:03 am

    hmmm .. apakah nama Ely terdengar seperti nama laki-laki ? 😀

  9. 9 hariadhi 11 Desember, 2007 pukul 3:09 am

    Oh.. cewe ya. Maap maap hehe. Nama belakangnya itu lho @_@. Saya yang ceroboh sangat. Sorry mbak.


Tinggalkan Balasan

Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
November 2007
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

