Perang Botol?

Seolah terprovokasi tulisan saya soal botol Vitazone kemarin, tadi saya menemukan kalau Mizone juga punya label baru! (haha… ga ding, mungkin saya aja yang baru tau).

fresh.jpg

Label ini terlihat lebih segar dan ceria dengan warna kuning (untuk passion fruit) dan orange yang mendominasi. Dengan warna botol yang dominan biru tua dengan bentuk silinder yang memberi ambient warna yang menarik, botol ini selain terlihat lebih “muda” juga lebih classy.

Jadi bisa disimpulkan, keduanya mulai beralih dari minuman isotonik “pintar” (yang sebelumnya diprakarsai Pocari Sweat) menjadi minuman “gaul”.

Tapi tampaknya belum ada promosi ATL ataupun BTL untuk kedua produk ini. Jadi kesannya masih misterius. Langkah apa yang akan dilakukan Danone maupun Grup Mayora?. Tentu inovasi baru yang minus advertising akan sama saja dengan tindakan bunuh diri. (catat: saya sendiri pun sempat ragu, jangan-jangan keduanya kemasan palsu. hahahah).

Nah… pertarungan dua minuman garam merebut pangsa pasar anak muda sudah dimulai. Siapa yang bakal menang? Mizone? Vitazone? Atau malah jangan-jangan Powerade atau Pocari Sweat yang nyolong start?

Gambar di atas saya potret sendiri. Sebenarnya ingin saya lisensikan ke public domain. Namun berhubung botolnya adalah hak cipta Danone, kalau mau pakai sebaiknya minta izin mereka dulu. Saya mengupload di sini cuma buat kepentingan informasi.

Iklan

5 Responses to “Perang Botol?”


  1. 1 benbego 6 November, 2007 pukul 8:28 am

    waduh.. lagi2 iklan samar. Ngamanin pertamaxxx dulu ya! 😀
    Klo gue rasa mizone ngambil langkah bgt tentunya untuk membedakan mana mizone dan mana vitazone. kecenderungan masyarakat sekarang sudah mulai bisa menerima produk yg mirip (memiliki fungsi yg sama). coba tanya ke warung2, saat kita meminta mizone terkadang malah diberi vitazone. Klo gue pribadi, lebih enak mizone tp lebih mahal. Lebih enak lagi..temulawak..! 😀

  2. 2 hariadhi 6 November, 2007 pukul 11:21 pm

    Merek generik? Wah lucu juga kalau akhirnya malah jadi kaya Aqua. Nah, makanya saya masih nungguin iklan Mizone yang baru keluar. Kapan ya?

  3. 3 kuchikuchi 7 November, 2007 pukul 2:25 pm

    kayaknya mizone emg lebih menjual yah..gue bahkan ga pernah nyicipin vitazone..tapi sepertinya bukan ini ya inti permasalahannya

  4. 4 hariadhi 7 November, 2007 pukul 7:33 pm

    Oh, memang kayanya mizone penguasa pasar minuman isotonik, kok. Idenya brilian dengan mengangkat minuman garam sebagai gaya hidup. (Bandingkan dengan Pocari Sweat yang mengidentifikasi dirinya sebagai minuman kesehatan). Pasar tersegmentasi seperti ini pernah dibahas di blog ini.

    Tapi tentu pasar terus berubah. Memang dulu Mizone berhasil membuka pasar anak muda sebagai konsumen minuman isotonik. Tapi kalau tidak memperkuat identitasnya (terutama bentuk botolnya yang konservatif itu), ada kemungkinan pasarnya dicuri pemain lain.

    Marketing yang baik itu perlu, tapi menurut saya peran desainer untuk memperkuat identitas ga kalah penting.

  5. 5 Budy Suryanto 5 Juni, 2008 pukul 10:30 am

    Produk Mizone maupun Vitazone sama sama produk minuman isotonik dari segi harga tidak jauh berbeda (tidak bermakna) dari segi produk ada perbedaan komposisi mungkin pelanggan jarang meneliti komposisi minuman isotonik yang ada di market. Dari segi distribusi keduanya sama sama good image distribusi dan dari segi promosi pemirsa/peminat minuman isotonik dapat melihat sendiri di stasiun televisi swasta mana yang lebih aktif berpromosi.

    Pesan saya minumlah sesuai apa yang dibutuhkan oleh tubuh anda dan jangan berlebih.

    Minuman yang paling baik dan bagus bagi tubuh kita adalah air putih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
November 2007
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

%d blogger menyukai ini: