Desain vs Template

Siapa bilang template cuma urusan blog dan website? Baru-baru ini saya nemu kasus klien yang pesan undangan dengan harga benar-benar minim.  5000 per lembar dengan pesanan cuma 200 lembar.

Kalau pesanan itu berupa seperti undangan yang dicetak massal dan tinggal dikasih nama pemesan, mungkin harga segitu masuk akal. Toh di undangan itu sudah ada tema grafik yang dicetak produsennya (ini yang saya maksud dengan template tadi). Jadi tinggal cetak nama, alamat, dan kata sambutan dengan warna yang cocok. Biayanya tidak akan jauh-jauh dari Rp 1000 per lembar.

Nah.. yang dipesan ini adalah desain undangan eksklusif (cuma dicetak terbatas, dan hanya untuk 1 klien), jadinya pusing kan? Tambahan pula akan masuk unsur fotografi di dalamnya.

Tapi apa pekerjaan ini mustahil? Tidak juga asal pintar-pintar mengakali. Saya teringat pernah membuat contoh undangan dengan hanya 2 pelat warna: hitam dan merah. Seperti inilah hasilnya.

undangan.jpg

Nah rencananya teknik yang sama akan saya sarankan digunakan bersama rekan kerja untuk undangan yang dipesan itu. Semoga saja bisa berhasil karena berurusan dengan warna spot bukan hal mudah. Harus sering-sering dicek karena apa yang tampil di monitor bisa jauh dari yang dicetak.

Mohon maaf yang ini saya akui melanggar hak cipta. Foto-foto untuk undangan di atas saya ambil dari CD bank image dari Mangga Dua (saya yakin bajakan). Maksudnya cuma ingin memperlihatkan konsep dua pelat warna saja, bukan komersial.

1 Response to “Desain vs Template”


  1. 1 izrofil dudikoff 30 Desember, 2008 pukul 6:50 am

    kakaku mau nkahan aku suruh bikin undangan print ga banyak
    punya tempalte cdr yang bisa didownload ga mas? jangan gede2 koneksiku lelet


Tinggalkan Balasan

Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Oktober 2007
S S R K J S M
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

