Jadi Brengsek Itu Bagus…

Saya sering senewen dengan ucapan orangtua saya akan dua hal.

Hal pertama:

Kalau pacaran jangan dilihatin.. jangan di depan umum, jangan pegangan tangan, jangan dicium, jangan dipeluk, jangan tatap-tatapan. Mama aja udah nikah masih malu ngeliatin begituan di depan kalian.”

Hal kedua:

Lho.. ya acara kriminal itu penting. Harus disiarkan ke masyarakat. Bagaimana orang bisa saja terbunuh tiap hari. Itu kan informasi. Layak dipelajari. Nanti jaga-jaga kalau ada orang yang keliatan bermaksud buruk sama kita, bisa ketahuan duluan.

Sepintas tidak ada masalah dengan kedua pernyataan ini. Tapi sadarkah kita? Bangsa kita ternyata sangat menganggap kemesraan, cinta, dan kasih sayang sebagai hal tabu. Tapi ironisnya, kita menyenangi tontonan mengenai kekerasan, menjelek-jelekkan orang lain, senang melihat orang menderita.

Karena itu tidak heran jika bangsa kita berubah jadi bangsa kejam. Kita jauh lebih senang memelihara rasa curiga, dendam, dan merasa malu berbuat baik dan mengasihi orang lain.

Tidak usah susah-susah mencari contohnya. Masih ingat kerusahan Mei 98? Kita harus ingat bagaimana pada saat terdesak, bangsa kita memperlihatkan karakter aslinya sebagai bangsa keji. Bukannya saling memperbaiki ekonomi dengan cara damai, kita malah makin beringas hendak merusak apa yang masih tersisa. Nyawa sudah tidak ada harganya. Gedung-gedung dibakar. Penjarahan di mana-mana. Orang-orang yang dianggap etnis luar disiksa dan diperkosa dengan semena-mena.

Tidak heran bangsa kita tidak bisa maju. Memelihara kasih sayang saja tidak bisa, jangankan menjaga harta.

Lho, lalu apa hubungannya sama desain, Har? Ya ada… yang jelas desain itu masalah perasaan. Bahkan sampai ada yang berpendapat “desain adalah cinta”. Nah bayangkan kalau kita-kita yang punya sifat keji ini jadi desainer. Kira-kira desain seperti apa yang akan kita buat?

Tentu mengerikan!

Iklan

0 Responses to “Jadi Brengsek Itu Bagus…”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Oktober 2007
S S R K J S M
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

%d blogger menyukai ini: