Memangnya Desain Penting?

Cerita dari kejadian nyata ini mungkin bisa jadi contoh kasus, seberapa pentingnya peran desain dalam membangun citra usaha.

Ceritanya dua percetakan digital, anggaplah satunya Sukamaju Printing, satunya Sukamundur Printing. Keduanya berdiri bersebelahan, satunya di Jalan Bunga no 9, satunya Jalan Bunga 11. Keduanya memakai papan nama yang biasa-biasa saja, tanpa ada usaha membedakan diri dengan saingannya.

Keduanya juga sama-sama beralasan karena baru mulai usaha, belum terlalu penting untuk mendesain papan nama dengan baik. Toh konsumen cuma menilai hasil cetakan.

Suatu saat datanglah seorang kakek ingin mencetak foto cucunya dalam ukuran poster. Pekerjaan tidak sulit. Ia tergiur dengan harga di Sukamundur yang cuma 1/4 harga Sukamaju. Namun karena di Sukamundur Printing manajemennya payah, si kakek harus mengantri lama. Dia telah menunggu 3 jam, namun berkali-kali gilirannya dipotong orang lain.

Si kakek kesal. Ia pindah ke sebelah. Walaupun lebih mahal, tapi ia mendapat pelayanan prima dan hasil cetakan bagus. Lututnya juga tidak perlu pegal. Karena Sukamaju Printing dimanage dengan baik, dalam 15 menit si Kakek sudah mendapat hasil cetakannya.

Singkatnya citra Sukamundur Printing adalah percetakan murah, sementara Sukamaju adalah percetakan berkualitas.

Ternyata si kakek adalah direktur perusahaan terkenal. Maka suatu hari ia hadir dalam perjamuan antar pengusaha, mereka bergosip soal digital printing. Si kakek yang disegani dan punya pengaruh besar pun bilang,

“Naaahh.. Pak Fulan kalau pengen cetak yang bagus, pergi sajalah ke digital printing, namanya Sukamundur! Letaknya di sebelah Sukamaju. Di sana pelayanannya hebat, tak perlu nunggu lama. Memang mahal sedikit tapi buat orang-orang seperti kita rugi 10 ribu tidak akan terasa banyak.”

Sebaliknya kepada Pak Anu dia berkata,

“Bapak mau cetakan yang murah? Saya tahu tempatnya. Di sebelah Sukamundur Printing ada percetakan murah. Namanya Sukamaju. Memang antriannya lama. Tapi mereka bisa menawarkan harga cuma 1/4nya. Kalau tidak terlalu terdesak waktu, bapak bisa print di sana saja.”

Akibat sulitnya membedakan dua percetakan ini, citranya di mata konsumen jadi tertukar. Sekarang Sukamaju punya citra percetakan murah, sebaliknya Sukamundur adalah percetakan berkualitas.

Apa yang kemudian terjadi? Baik Pak Fulan maupun Pak Anu mengalami kekecewaan. Pak Fulan yang mengharapkan percetakan bagus dengan pelayanan wah malah terdampar di Sukamundur. Sementara Pak Anu yang berharap dapat harga murah malah membayar empat kalinya. Semua orang kecewa, dan kedua toko ini mendapat penilaian buruk dari konsumennya.

Karena itulah peran desain dalam membangun citra usaha penting. Saya percaya, anda bisa mengerti alasannya dengan membaca cerita di atas.

Iklan

0 Responses to “Memangnya Desain Penting?”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Oktober 2007
S S R K J S M
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

%d blogger menyukai ini: