Identitas Korporat, apa dan bagaimana?

Nyaris setahun lalu saya pernah membaca penjelasan tentang identitas korporat di blognya Mas, ehem, Firdaus. Penjelasannya cukup menarik, tapi saya ngga setuju dengan beberapa hal, misalnya ini:

….Yang ingin saya bahas ialah perubahan logotype, logogram, dan kemasan (botol) shampo Lifebuoy yang menurut hemat saya agak terburu-buru karena shampo Lifebuoy terbilang produk baru…

Anyway, maafin saya karena ga langsung membuat tulisan bantahan. Karena waktu itu saya belum punya account blog (masih sibuk ngurusin artikel di wikipedia) makanya saya cuma bisa ngasih komentar, hehe.

Di kuliah Desain Komunikasi Visual, identitas korporat dibatasi kepada identitas perusahaan, bukan produknya. Ini berarti bahwa identitas korporat tidak terlalu memikirkan bagaimana logonya bisa “menjual”. Paling jauh hanya memikirkan bagaimana membuat konsumen mengerti maksud logo itu. Silakan membaca artikel tentang Identitas Korporat di Wikipedia Bahasa Inggris. Jika pembahasan mengenai logo suatu produk, maka ia sudah menjadi bahasan Brand. Logo perusahaan bisa dianalogikan dengan bendera suatu negara.

Meskipun kadang corporate identity berbaur dengan brand produk yang dihasilkannya (contohnya Intel dan Sony), namun untuk perusahaan dengan banyak jenis produk seperti Unilever (dengan Lifebuoy, Ades, Blue Band, Knorr) maka logo perusahaan bisa jauh berbeda dengan logo produknya.

Perusahaan ga selalu berarti komersial, ia juga berarti organisasi, pemerintahan, bahkan saya kira kalau nanti falsafah kita berubah, lambang negara pun bisa berubah.

Logo perusahaan adalah salah satu bagian dari usaha membangun Corporate Identity. Usaha lainnya adalah mendesain seragam para pekerja. Usaha-usaha ini digolongkan dalam tiga hal:
1. Desain Korporat
2. Komunikasi Korporat
3. Norma Korporat

Membentuk logo bisa dengan tiga cara, yaitu:
1. Logogram (image saja), misalnya McDonald’s
2. Logotype (berkonsentrasi kepada tipografi saja), misalnya Sony, Panasonic, IBM
3. Gabungan keduanya, misalnya BMW, Wendy’s

Logo yang telah dibuat lalu diatur aplikasinya ke dalam sebuah buku petunjuk penggunaan logo (sering disebut Graphic Standard Manual). Salah satu yang sangat ketat mengaturnya adalah McDonald’s.

Untuk diingat, logo bukan masalah bagus-ga bagus, atau suka-ga suka. Logo Pertamina adalah contoh yang tidak disukai banyak orang bahkan oleh desainer grafis, tapi ia berhasil memperlihatkan bagaimana kultur yang akan diinginkan oleh manajemen perusahaan tersebut: Bersih, modern, dan inovatif, instead of logo lama yang sering dianggap bagus, tapi mencerminkan birokrasi gaya lama.

Dalam hal apa aja logo mungkin muncul?
1. Stationery perusahaan, termasuk di dalamnya alat tulis, kertas, kop surat, memo, dan lain-lain
2. Kampanye perusahaan
3. Iklan layanan masyarakat yang disponsori perusahaan
4. Jika perusahaan memutuskan membaurkan dirinya dengan produk, ia bisa muncul mendampingi brand produk.
5. Name tag karyawan
6. Papan nama perusahaan
7. Semua bentuk komunikasi perusahaan kepada masyarakat dan karyawan, misalnya brosur dan majalah komunitas karyawan

Siapa yang bisa memakai logo perusahaan? Tentunya hanya perusahaan itu sendiri. Namun lebih khususnya, sebaiknya logo hanya diaplikasikan oleh desainer yang dikontrak oleh perusahaan. Banyak contoh logo yang dirusak penampilannya oleh karyawan yang tidak memiliki pemahaman tentang perusahaan, bahkan direkturnya sendiri. Akibatnya citra yang ingin dibentuk menjadi rusak.

Ada pula sedikit keleluasaan yang kadang bisa diberikan kepada perusahaan lain untuk maksud tertentu, misalnya dalam outsourcing.

Iklan

4 Responses to “Identitas Korporat, apa dan bagaimana?”


  1. 1 Double EF 14 Agustus, 2007 pukul 4:38 pm

    terima kasih mas. sebenernya setahu saya ada juga perilaku korporat. nah, perilaku dari produk turunan suatu korporat juga bisa mewakili perilaku korporat. sebenarnya itu yang mau saya tekankan.

  2. 2 matara wisata 16 April, 2008 pukul 10:23 am

    logonya bagus

  3. 3 kangazi 6 November, 2009 pukul 9:08 pm

    mmh cukup membantu..
    salam kenal
    http://ketopraktea.wordpress.com/


  1. 1 Kilas Balik « Hariadhi Lacak balik pada 31 Desember, 2007 pukul 3:55 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Agustus 2007
S S R K J S M
    Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

%d blogger menyukai ini: