Contoh Graphic Standard Manual? Nih…

Tadi iseng lihat statistik blog, saya nemu ada orang nyari “Contoh Graphic Standard Manual” lewat search engine. Dan lagi saya ingat kemarin ada pembaca yang minta saya liatin salah satu contoh karya.

Ya sudah, sekalian, saya pikir. Daripada terus-terusan dicap banyak omong tapi ga punya karya. Hihihih. Tapi ini karya dari semester 3 yah, jangan diketawain kalau cupu. Perusahaannya fiktif, abal-abal. Isinya menjelaskan identitas korporasi (banyak orang memakai istilah logo, walaupun istilah ini agak rancu) yang sudah kita desain.

Jadi isi GSM yang saya buat tuh…

gsm01.png

(Altefnatif lain dalam bentuk pdf silakan download di sini. Saya bagi hanya untuk informasi. Tolong dihormati hak ciptanya, ya?)

… tentu sampulnya dulu. Karena kekuatan corporate identity ini ada di warna, maka saya buat desainnya sederhana saja dengan warna yang sangat eye catching. Supaya tidak terlalu norak, saya imbangi dengan abu-abu. Yang jelas sampulnya harus menjelaskan isi buku yang kita buat. Lalu…
gsm2.png
… di dalamnya menjelaskan proses penemuan desain logo tersebut. Dimulai dari penjelasan tentang perusahaan yang kita wakili, masalahnya apa saja, kekuatan perusahaan ada di mana, dsb. Lalu bagaimana hal tersebut disimbolisasi dalam logo. Termasuk juga jenis tinta apa yang dipakai, bagaimana susunan warnanya dalam format Pantone, CMYK, RGB, HSL, dan segala macamnya.

Karena untuk logo ini saya bikin font sendiri, tidak pakai font windows atau ngebajak CD font, maka saya juga harus ngejelasin tata cara bikin fontnya.

Hal ini meyakinkan klien bahwa di setiap detail logo ada makna, jadi tidak bisa diubah sembarangan. . Terus…

gsm3.png

….Nah berikutnya saya menjelaskan bagaimana cara mengaplikasikan logo tersebut. Kita harus ingat bahwa kadang perusahaan ingin mengaplikasikan logonya sendiri tanpa campur tangan kita. Nah, bagian terpenting dari GSM adalah membantu mereka dengan memberi tahu tata cara bagaimana membuat ulang logo tersebut. Misalnya bagaimana cara memperbesar, memperkecil, atau kalau warnanya bertabrakan dengan warna dasar bahan, apa yang harus diubah.

Lalu di akhir saya berikan contoh produk-produk yang menggunakan corporate identity, misalnya kartu nama, kop surat, memo, badge pegawai, dan lainnya.

Sudah? Sederhana saja kan?

Menurut saya ada tips-tips dalam nyusun GSM, antara lain:

1. Hindari kalimat-kalimat yang ngejelimet. GSM dibuat untuk dipahami, bukan untuk diriset lagi oleh orang lain.

2. Susun hierarki keterbacaan. Jangan sampai orang lihat bagian-bagian detail sebelum melihat garis besarnya dulu

3. GSM itu peraturan, jadi usahakan agar orang tetap merasa bahwa isinya serius dan wajib diikuti. Jangan mengejar ke “trendi” an hanya karena ingin dipuji sebagai desainer kreatif.

4. Hati-hati bermain warna dan font. Warna dan font keren ga ada gunanya kalau ga bisa dibaca orang lain.

Selamat mendesain!

33 Responses to “Contoh Graphic Standard Manual? Nih…”


  1. 1 Hoek Soegirang 10 Januari, 2008 pukul 10:26 pm

    hooo…menarik-menarik……
    ternyata mbikin logo itu lebih njlimedh dari afa yang saia tahu……

  2. 2 bedh 11 Januari, 2008 pukul 7:17 am

    wah ternyata mendisain secara benar itu prosesnya rada rumit juga yah…..
    ternyata disain itu lebih mementingkan isi dari disainnya dari pada gambar atau “trendi” yah mas?
    kewl,
    bisa blajar banyak nih di sini.

  3. 3 hariadhi 11 Januari, 2008 pukul 11:01 am

    @bedh
    Trendi ya boleh, ada juga desainer yang berprinsip “pokoknya desain gw harus inovatif”. Tapi kalau dosen gw bilang ya itu.. “Know the rules before breaking them”. Kalau peraturannya ga tau, apanya yang mau dilanggar?

    @Hoek Soegirang
    Hwuaaaa… lebih susah lagi waktu ngerancangnya. Semester 3 badan gw abis-abisan, suka ga tidur.

  4. 4 erander 11 Januari, 2008 pukul 4:36 pm

    Saya tertarik membikin font. Sampai detik ini, masih penasaran, gimana cara membikinnya. Kalo cuma bikin corat-coret di kertas sih bisa. Tapi kemudian dimasukan dalam komputer dan bisa dipake buat nulis. Emang ada softwarenya ya Dhi??

  5. 5 hariadhi 11 Januari, 2008 pukul 6:41 pm

    Katanya ada Adobe Fontographer. Tapi saya cobain pake coreldraw juga bisa kok, mas. Export aja ke TTF.

  6. 6 Alfie 28 Januari, 2008 pukul 9:55 am

    Hallo mas Hariadhi

  7. 8 ant 28 Januari, 2008 pukul 10:10 am

    Hallo mas Hariadhi
    lam kenal,saya lagi buat logo berupa sapuan brush, kalo manual graphic buat anatomi si logonya giman ya? soalnya brushnya ntu costom alias bikin sendiri, standar manual buat si brushnya itu saya sendiri bingung? gimana ya

  8. 9 hariadhi 28 Januari, 2008 pukul 10:15 am

    Maksudnya grid system?

    Bikin dulu dimensi paling luarnya berapa. Terus ukuran patokannya ada di mana (kalau sapuan kuas mungkin bisa berupa tebel atau panjang garisnya). Nah patokan ini bisa jadi acuan gede kotak-kotak gridnya.

    Tapi sebenarnya bebas kok mau ambil acuan dari mana. Asal ada hubungan sama si logo itu aja.

  9. 10 ant 28 Januari, 2008 pukul 10:56 am

    em…gitu ya,nuhun ya mas, nah kalo bikin font di adobe fontograf ato diCorel bisa ya? tadi saya coba di corel pas di exsport ga da yang formatnya TFF mas,selain ntu formatnya apa ya

  10. 11 hariadhi 28 Januari, 2008 pukul 3:08 pm

    Wah kurang tau yah..Tapi setau gw sejak Corel versi awal memang sudah bisa bikin true type font. Coba lihat screenshot yang ini:

    Format yang lain? hmmm, adobe postcript? hehehehe kurang tahu juga.

  11. 12 hariadhi 28 Januari, 2008 pukul 3:24 pm

    Letak TTF itu di bawah format *.GEM dan *.CMX, di atas *.PFB dan *.CPT kalau di jendela exportnya Coreldraw.

  12. 13 Am I Designer 11 Februari, 2008 pukul 9:07 pm

    @ant
    lah nyarinya TFF sih… ya ga nemu :P
    lain kali nyarinya TTS, bisa bikin font sambil asah otak hehehe… peace.

    @hariadhi
    bro, aye permisi donlot pdf nya buat referensi ya…
    thanks bagi2 ilmunya…

  13. 14 hariadhi 12 Februari, 2008 pukul 1:52 am

    bole silakan. Tapi nda dijamin bener ya. Itu kan tugas kuliah.

  14. 15 Am I Designer 12 Februari, 2008 pukul 2:01 am

    emang gw ga minta jaminan sih…
    gw permisi donlot pdf doang hehehe… :D
    nambah2 leliatan…

    btw oke kok, sumber strukturnya toh dari dosen desain juga begitubukan ?

  15. 16 hariadhi 12 Februari, 2008 pukul 2:20 am

    iyah… beberapa nambah dari contekan gsm lain ala McDonald’s punya. ;)

  16. 17 benaia 21 Februari, 2008 pukul 1:22 am

    wah helping bangettt… makasih mas. salam kenal :)

  17. 19 singgih 30 Juli, 2008 pukul 9:59 pm

    usepul sekali
    ijin donlot ya pdf nya
    berguna bgt nih resource….

  18. 20 magic bubble 10 Oktober, 2008 pukul 11:27 am

    weeeewwwww

    kereeennn

    saia punya gag sejelimet itu lohhh

  19. 22 marieye 22 April, 2009 pukul 2:09 am

    sangat mambantu tipsnya!! trims ya..=]

  20. 23 jerami jagur 29 April, 2009 pukul 3:43 pm

    nah loh….ramai jg ye bwt GSM!!
    mpe kpla ne mo ancur

  21. 24 rena 17 Juli, 2009 pukul 10:10 am

    aku mau nanya?proses dalam bikin logo klo kita presentasi ke client gmn y? dan apa2 aj materi yang kita butuhkan untuk membuatnya

  22. 25 vic 31 Oktober, 2009 pukul 1:57 pm

    hwaaah makasih ya ams aku juga lagi butuh banget nih buat uts, makasi ya mas makasih makasiiih

  23. 26 julius 23 November, 2009 pukul 9:44 am

    terima kasih pak…saya lg bikin tugas kampus tentang GSM nih..sangat membantu untuk guide apa aja yg harus dibuat.thx

  24. 27 r-win 20 Desember, 2009 pukul 6:00 am

    thanx 4 share…

  25. 28 reksa 27 Januari, 2010 pukul 5:52 pm

    wah makasi bnget mas ! gbu !

  26. 29 eekijo 22 Maret, 2010 pukul 2:01 pm

    thx bos … cocok abis bwat gw yg lg mo sidang negh … moga2 diberikan detail yg lebi detail lg bos =)

  27. 30 mbeembee 8 April, 2010 pukul 4:33 am

    hehehee ada yg satu kampus tuh “eekijo”…sip bgt gsmnya mantap..itung2 buat wawasan pak..tengkyu

  28. 31 Fe 18 Mei, 2010 pukul 6:18 am

    Kebetulan tugas akhir semester disuruh bikin Corporate Identity dan GSM, bingung bikin GSMnya. Untung diupload di sini. Makasih ya!

  29. 32 alex-men 5 Juli, 2010 pukul 6:41 am

    Waaw…postingan yg bagus sekali…
    request dong!!gimana caranya dapet warna yg pas, biar nggak saling tabrak…
    trims..

  30. 33 Muzzy 5 November, 2010 pukul 1:59 pm

    keren nih… baru semester3 dah bisa bikin begini… dulu gw semester tiga ngak gitu diajarin ginian… sekarang g yang masih harus belajar… Anda Berbakat……. salam………..


Berikan Balasan

Bumi Magenta!

Arsip

Bebas bertanggung jawab

Tulisan di blog ini ada di bawah lisensi Creative Commons with attribution 2.5. Syarat untuk menyalin blog ini adalah menyertakan url blog ini sebagai sumber.
Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

